Astra emang rajanya Spare Part

Rame-rame nyalahin YMKI yang membadrol koyo seharga hampir setengah juta hanya untuk nyembuhin leher komstir yang oblak.

Buat suhu kaum Homosek, Mr.James Bons kayaknya … yaghh harus dimaklumi laah. Perakit V-ixion kan bukan Astra, tapi pabrikan Kencana. opo bedane?

Dulu waktu di Qatar, saat milih-milih mobil bekas buat jalan. kaget saat melihat fakta bahwa mobil second Honda Accord  ternyata lebih murah dari Toyota Corolla padahal tahunnya sama. Accord tahun 1995 diharga cuma 5000-6000 riyal (12-13juta) 🙄 tapi klo Toyota Corolla yang cc-nya lebih kecil tahun sama diharga sampe 8000 riyal (17 jtaan) … murah yo 🙄

Toyota Tercel (aka.Soluna di Indonesia)

Naghh usut punya usut, ternyata sebabnya adalah “spare part”. di Qatar spart part Honda yang non pabrikan blas nggak ada … adanya yang Original pabrikan dan harganya selangit, padahal setahun sekali mobil harus di”kir” … diuji ulang, mulai dari pake Dyno digeber pol-polan lalu diangkat pake crane digoyang-goyang patah-patah n the last … hasil print out akan menginformasikan spare part apa saja yang harus diganti.

Setelah spare part diganti, baru deh keluar No-Pol yang baru … biaya uji kir-nya murah kok, cuma 25riyal doang, tapi biaya penggantian spare part-nya itu lohh yang bikin jebol kantong … klo mobilnya Honda.

Baca Juga:   Gadis Hutan Yang Cantik Jelita Ini Bikin Banyak Orang Terperangah

Naghh beda klo mobilnya Toyota, karena ane pernah dengar sendiri nasehat kawan India-he, kurang lebih begini

he said “You buy Toyota car, is smart choice … there is many Spare part n cheap n good quality, n the best one come by Astra”

Me “What?”

He told “yes, Astra spare part, made in Indonesia, so good n very cheap … very suitable for poor face like you, banggali!”

Ini yang paling saya benci, karena orang Indonesia dulu masih minim di Qatar, dimana-mana saya selalu dikira orang Bangladesh …Asyem

Naghh, hal sama kurang lebih berlaku juga di Indonesia. Makelar/Showroom mobil bekas yang udah berpengalaman, biasanya enggan menjual/menyimpan terlalu lama mobil yang non Astra. Karena di pasaran emang  jualnya agak susah, apalagi klo pembeli juga pengalaman.

Naghh kasus yang sama terjadi juga di brand Honda. Andai Honda Mobil juga diproduksi Astra, yaghh mungkin setidaknya penjualanya agak moncer dikit laghh macam motor Honda.

Tapi apa mau dikata, brand image mobil “Honda” sudah kadung lekat dengan produk gagal yang minta recall. Coz kasus recall mobil Honda nggak hanya terjadi di tahun ini saja, tapi awal tahun 1990-an kayakna juga ppernah tapi lupa jenis mobilnya apa.

Opps, yang paling ane nggak suka dari kasus recall terakhir adalah pihak Honda Mobil coba mengaburkan masalah. Katanya yang bermasalah adalah airbagnya, padahal faktanya, problem itu terjadi dibagian “per spring” yang bisa berakibat fatal (seperti nyemplung di kolam Bundaran HI) :mrgreen:

Baca Juga:   Honda BeAT Street Sekarang Tersedia Warna Putih

Naghh terus opo hubungane karo laker “Koyo” oblak V-ixion yang muahal 400ribu itu. Naghh jelas kemampuan produksi spare part YMKI nggak bisa dibandingin dengan Astra yang emang punya divisi khusus spare part dan telah mendunia…

makanya wajar klo bearing komstir Tiger cuma seharga 90ribuan, lha wong itu asli made in Astra sendiri.

 

Naghh klo yang punya V-ixion kan berlabel “koyo” yang emang sudah pabrikan diluar YMKI dan itu masih impor dari Jepang sono langsung. yaa wajar too klo mahal … apalagi itu di bagian leher yang emang sangat-sangat fatal.

 

Naghh kalau mau murah silahkan pake Koyo yang lain, macam Koyo cabe yang puannass atau koyo salonpas yang angetnya passs :mrgreen:  mantab untuk meredakan leher yang oblak .. yo ra mbak

NB: Setahu saya, berdasarkan harga jual dan kulakan di toko diesel Bokap saya. Bearing yang paling mahal itu yang mereknya NTN, bukan Koyo … itu klo didunia per diesel an, gak tahu klo per-motor-an mungkin beda.

 

 

 

roda2blog di sosial media

17 Komentar

  1. Wow… baru tahu bearing vixie semahal itu. OK, trims, musti lebih waspada n hati-hati sama lubang jalanan dan pol-dur… 🙂

  2. Lha kalo bearing tiger merknya pa? Astra? Koyo? Atau ntn? Atau merk lain, atau aspira?

    Saya pake aspira juga kuat..tahun 2006 (gila, masih ingat saya) ganti bearing roda depan..sampai sekarang belum oblak..padahal sering menerjang banjir, polisi tidur..sampai telah mengalami 3 kali musim banjir yg memaksa setengah roda berenang..

    Soal toyota, sukucadangx memang murah bener..lampu aja harga ratusan ribu..

    Lha kalo honda, jutaan…
    Tapi wajar sih..karena impor itu tadi

  3. tul, astra memang moncer, cuman kata orang yang bikin mumet oblaknya itulo, macem harga rante tigor yang sekitar 1,5 jeti toh nggak bikin berang karena memang awet, ya contoh kasus tigorku yang sudah 4 tahun dan sekitar 40.000an km rantenya masih asoy walau memang suaranya kemrosok.
    maski mhal kalau awet tak kira nggak terlalu bermasalah.
    keep brotherhood salam
    sabdo mode

  4. klo mo bandingin harga spare part Honda sama Yamaha ada lagi yg fatal,yaitu kampas rem.contoh depan (disk).Honda paling dibanderol 30 ribuan.coba Yamaha…paling murah cma 5TL (mio lama) Rp 58 ribuan.klo yg lainnya sampe 75 ribu.”saya orang spare part Yamaha selama 2 tahun dan udah mengantungi sertifikat silver dari YMKI”.

  5. Gampang .bw contoh bearing yg oblak trus cb cari ke toko alat teknik.kl di surabaya macem asean bearing ato didaerah raden saleh.ntr pasti dpt meski beda merk.tp pasti lebih murah.
    Slmt berburu.

  6. Yg buat artikel otak nya koplak alias pake bearing ntn ci jd rada oleng tu otaknya,mbok yao luasin dikit wawasanya,KoYo itu bearing terkenal standart industry kualitasy jg sdh diakui dunia coy,makaya pake bearing koyo biar otak lu ga oleng…..

Tinggalkan Balasan