@ TKI ARAB: Arab is Not Islam!

Kalau ngomongin Arab, baik negara, suku dan budaya.. seringkali Arab itu diidentikkan dengan Islam, bahkan Islam itu ya Arab!. Tapi bagi yang pernah hidup di kota-kota metropolitan Arab seperti di Riyadh, Jeddah, Dammam (Arab Saudi), Doha (Qatar), Abu Dhabi, Dubai, Sharjah, Kuwait pasti akan merasakan atmosfir Amerika daripada atmosfir Mekkah dan Medinah.

Apalagi yang pernah main ke Bahrain, hallah wis … atmosfer-nya 100% atmosfer Dolly Surabaya :mrgreen:

Yang saya bahas kali ini lebih spesifik di negara-negara teluk kecuali Arab Saudi. karena apa?. Bahrain, Kuwait, Qatar dan UAE, kelihatanya negara kaya dan makmur, padahal faktanya mereka terus-terus dijangkiti inflasi … klo gak boleh dibilang krisis … Penduduk pribumi yang kaya (keluarga raja) semakin kaya, yang miskin tambah miskin. Yang nggak tahu kondisi ini, pasti heran dan bertanya-tanya, kenapa sampe ada demonstrasi berdarah-darah di Bahrain yang kaya?

“Sewa rumah di saudi setahun cuma 5.000 riyal, klo di kuwait harga segitu cuma dapet sewa kos-kosan untuk sebulan”

Pribumi Qatar yang miskin, ngontrak rumah saja nggak mampu. Rata-rata tingkat pendidikan hanya sampai SMP (i’dadiyah). ย Yang bodoh juga lebih banyak daripada yang pinter (tapi yang pinter emang puinnterrr), makanya sekolah para ekpatriat nggak boleh dicampur dengan sekolah Orang Arab. … lhoo, sampeyan kok tahu?ย Lha jelas tahu, lha wong tugas saya juga mengoreksi tata bahasa Berkas Perkara sebelum dikirim ke Kejaksaan.

Baca Juga:   Mazhab Para Pemilik Motor

Negara Arab, Negara Kebalik?

100% setuju, terutama menyangkut pornograpfy. Internet diblokir ketat, tapi itu sama sekali nggak ngaruh. Lha wong siaran TV Porno lewat kabel TV jalan terus nonstop 24 jam. Bahkan di Mekkah dan Medinah sendiri (Justru Hotel Berbintang yang menyensor)… asal punya receiver, siaran TV Porno bisa ditangkap gratiss tiss tiss, tanpa sensor!ย 

Soal keislaman? … ouhh jauh men dari suasana Islam di Indonesia. Indonesia lebih kerasa Islam dari negara-negara teluk.

Lihat saja musholla di Mall-mall, plaza, pusat perbelanjaan dll. Saat waktu sholat, laki-laki atau perempuan pada ngantri sholat. Ada yg pake pakaian sport, casual, sarungan … tank top, berjilbab, u can see … every body come to sholat.

Naghh, di Arab beda bro… yg memenuhi musholla di Mall-mall, adalah wajah-wajah Asia. India, Pakistan, Malaysia, Indonesia, China, Srilanka. Naghh orang Arab sendiri jarang banget sumpahh, apalagi perempuan Arab!.ย Karena emang pikiran mereka pada kebalik sama pikiran kita.

Disini orang sering bilang begini: “ahh meski belum berjilbab, yang penting hati sudah berjilbab dan mengerjakan kewajiban” …. naghh klo moto orang Arab: Klo sudah nggak berjenggot, ya nggak pantes sholat. Apalagi klo sudah melepas cadar, nggak berjilbab … ya sia-sia mengerjakan sholat, mending gak usah sholat sekalian!.

Baca Juga:   Astra Motor Yogyakarta Helat Kontes Layanan Honda Regional 2018

Sooo, klo kompas.com pernah merilis bahwa banyak TKW dilarang Sholat, yooo wajar, lha wong banyak orang Arab nggak bisa Sholat dan nggak bisa baca al-Qur’an… soo Islam is not Arab, not all Arab is moslem even their religion Islam ๐Ÿ™„

Naghh, soal kehidupa berumah tangga. Rata-rata lebih kacau lagi. Terutamaย Orang-orang Arab miskin yang nggak mampu beli rumah, pendidikan pas-pasan, pegawai negeri, bukan keluarga raja. mereka biasanya menghuni sebuah rumah yang sudah berisi 5 keluarga. ๐Ÿ˜ณ dengan komposisi sebagai berikut:

Kakek-Nenek, Bapak dengan 4 istri, 3 Paman dengan @ 2 istri, lalu 4 cucu dengan rata-rata 2istri per-cucu. naghh hitung sendiri berapa yang tinggal dirumah tersebut :mrgreen: naghh jika ternyata si TKW dapet rumah yg berisi tersebut … 100% haqqul yaqqin si TKW bakal merasakan Neraka Dunia. Karena-nya Embassy Philipines sangat ketat dalam menyeleksi calon majikan, karena untuk menghindari hal ini. klo KBRI? … ra urruss! 8)

Pekerjaan saya di QatarPekerjaan saya dulu di Qatar adalah memeriksa tata bahasa dan kelengkapan berkas perkara sebelum dikirim ke kejaksaan dan pengadilan.

 

Artikel Terkait:
ARAB IS NOT ISLAM #2 : Kisah kebiadaban pada buruh di Arab

roda2blog di sosial media

86 Komentar

  1. Waduh… makasih banyak, Mas, sudah menambah wawasan saya…. ๐Ÿ˜
    Ternyata oh ternyata…. negeri sendiri memang lebih baik…. ๐Ÿ˜

  2. bener mas, yang dah tinggal disini lama baru kerasa damainya hidup di indonesia, yang memprihatinkan tu yang pada melihara jenggot tapi kelakuanya kok preman pasar juga kalah, ato kalo dah berjenggot biar smua orang pada segen gt ato gmn?

  3. Wah,diriku belum pernah ke arab.tapi bukankah wanita muslim itu mesjidnya adalah utamanya di rumah to um?
    -saya sih takutnya artikel ini bisa menambah fitnah bagi umat islam lagi deh.mungkin benar kata temen saya dulu,mending nggak tau sama sekali daripada tahu tapi malah bikin miris-

    • Justru tulisan ini saya maksudkan agar tidak menyangkut pautkan penyiksaan TKW dengan Islam.
      Karena kehidupan orang Arab sendiri juga banyak yg jauh dari Islam… bahkan lebih “hedonis”
      Benar masjid muslimah itu adalah rumah,tapi musholla bagi muslimah dimana saja tetap tempat sholat yg harus didatangi ketika mendengar azan ketika diluar rumah

      • arab itu negara. islam itu adalah agama.
        y qlo orang arab itu y orang berstatus negara arab.
        qlo muslim itu y orang yang berstatus beragama islam..

        dan jangan menilai seseorang dengan penampilan atau status sosial.
        yang tau iman seseorang itu cuma allah.. jangan perna menilai orang tanpa mengetahuinya.. bukan kah lebih baik berdamai aja?? islam itu mengajarkan perdamaian.

    • bener kang… sangking bobroknya (jaman jahiliyah) makanya banyak nabi diturunkan. dan arab bukan asal satu agama… ada yahudi, nasrani, pagan, majusi, islam, dan beberapa lagi. toh kelakuan org india tidak serta merta identik dengan hindu… kenapa islam = arab ? mungkin kurangnya pemahaman dan masalah politik

  4. lho…memang….makanya saya heran kok masih banyak yang ngiyik pengen ke arab???
    kalo dinalar…neraka itu selalu dianalogikan dengan panas…gersang…haus…siksa..sedangkan surga sebaliknya…teduh…segar…hijau…segar…air yang mengalir…

    masa masih belum ngehh juga???xixixixixixi

  5. Jaman ane masih bocah…. bu’lik saya pernah jadi TKW di saudi… kalo lagi senggang kerjaannya ngajarin ngaji (Qur’an) ama ngajarin sholat anak majikannya..

    sekarang2 ane baru ngeh… kalo orang ra’ab banyak juga nyang bahlulllll…!!!

  6. Knp Allah menurunkan para Nabi dan Rosul itu semua d arab?
    Ga ada riwayat ato sejarah menyatakan salah satu nabi diutus ke org melayu? ga ada khan !!!
    nabi dan rosul di utus itu untuk m’perbaiki akhlaq” jd wajar diutus semua disana_ Indonesia ahlaq x bagus_

  7. Yoooo Yooo…
    Ya Gak HERAN LAgi La Jeng, Bang.. Tuan …
    Sudah Jelas Sejarah Nya.. KAUM Yang PALING JAHILIYAH Ya Bangsa ARAB Juga YANG PALING MULIA Ya BANGSA ARAB JUGA… Itulah MAKANYA Sebab Nya Mengapa ISLAM ITU TURUNYA DI TANAH ARAB…..: SANGKIN KERASNYA ZAMAN Zahiliyah Pada WAktu Itu….Referensi Nya Banyak Di Pelajaran (BUKU) Tentang SEJARAH ISLAM Di TANAH ARAB.

  8. “Karena-nya Embassy Philipines
    sangat ketat dalam menyeleksi calon
    majikan, karena untuk menghindari hal ini.
    klo KBRI? โ€ฆ ra urruss! 8)”
    klo Indonesia pasti dah bilang, takdir… ๐Ÿ™‚

  9. Sialan..pantesan Arab-Arab Indonesia yang diwakili para Habib rame-rame bikin FPI untuk nunjukin ulahnya yang “Islam”, tapi celakanya ga’ ngilangin kebodohan Arabnya, yaitu kecabulan berfikir… perempuan diidentikkan dengan maksiat, pornografi…dasar Onta sialan…ke laut aja dah…!!!

  10. Lho yg bnr aja mas, sy py tmn yg srg ke arab ceritanya sana pd makmur kok. Klo bnr spt anda cerita miskin dan kontrak rmh buat bbrp keluarga, ga mgkn pake pembantu gmn mo byr gaji tki.

    • ngutang mas bro. ngajuin kredit ke bank pake slip gaji salah 1 anggota keluarga. lalu setwlah tkw datang tidak perlu digaji sampai biaya/kredit dari bank lunas.

      Biaya mendatangkan 1 tkw bisa mencapai 7000riyal

  11. Hati-hati kalo menghibah internasional, kata ustad yg pernah sy ikuti kajiannya: anda menghibah orang arab, itu kena imbas nya dari jaman nabi muhammad sampe skrg orang2 arab nya akan meminta pertanggung jawaban kepada orang yg ngatain2/memfitnah. Nabi besar kita adalah orang arab. Kalo mau berbicara yg “BODOH” soal agama. Jgn kan keluarga di arab, wong keluarga2 di indonesia pun masih byk yg ga pernah solat ngaji / mengajarkan akhlakul karimah kpd anak2nya. Sama aja. Jgn anda menunjuk ke satu kaum sedangkan 4 jari lain mengarah kpd anda, memang kalo sudah mengenai gibah, kita akan merasa paling benar. Wallahu alam bishowaf

    Nb : baca juga ya link ini biar wawasan kita tambah terbuka
    http://aslibumiayu.wordpress.com/2012/06/17/ada-apa-dengan-tkw-di-arab-jangan-hanya-membaca-berita-mereka-diperkosa-tapi-baca-juga-dong-faktanya/

    • halo tante, komennya cerdas banget, jadi kalo kita ngebahas kejahatan abu jahal, abu lahab, orang arab kan pastinya dan semua quraisy yang berbuat buruk pada Nabi, kita bakal diminta pertanggungjawaban pula? wow supeeeeerrrrrr ๐Ÿ˜†

  12. maksud mas ngebikin thread ini apa? wawasan oke. saya islam. saya belum pernah ke arab. tapi minimal ga usah mengubris gitu lah. disana ada mekah loh ๐Ÿ™‚
    kalo misa orang arab tau thread anda gimana?

    • Mas Mandella, terlihat jelas bahwa thread ini untuk membuka pemikiran sempit orang Indonesia yang menganggap Arab=Islam=Arab. Karena kenyataannya Orang Arab banyak yang tidak Islami.

      Pengalaman saya ketika bekerja dengan orang Arab yang beragama Islam, ketika mereka saya traktir minum pasca dedline, saya menjadi satu-satunya orang yang minum jus diantara orang-orang yang minum whiskey dan bir. Ketika mau difoto, mereka bertanya, “is it going to be in facebook?” saya jawab “ya”, serta-merta mereka menurunkan gelas whiskey & botol2 Bir, lalu meminjam kaleng cocacola dari meja sebelah sebagai foreground foto kami… setelah foto sesion selesai, barang-barang tersebut naek lagi ke atas meja…

      Di sana ada Mekah, emang kenapa kalo ada Mekkah? Apa dengan ada Mekkah semua jadi suci? Semua harus dianggap baik? tolol sekali pemikiran anda!

  13. setuju dengan statement “arab bukan islam”.
    Islam adalah agama, bukan ranah negara. Negara arab, “mencoba” mempraktekan hukum ISLAM yg sempurna, dengan tidak sempurna. Penyelewengannya dimana-mana.

      • mas sampeyan ngerti boso Jowo Kromo Inggil .. nah Quran ibarat bahasa Jawa Kromo ini yang halus dan indah, smtra bhs arab sehari2 ibarat boso Jowo ngoko yang kasar
        apakah orang Jawa ngerti bhs Jawa Kromo Inggil? tidak semua..
        analoginya spt utk orang arab yg gak ngerti Quran

  14. Salah satu tanda kiamat, Islam datang dalam keadaan asing dan akhir zaman akan tiba ketika Islam dalam keadaan asing pula. Terbukti. Di arab Islam sudah menjadi sesuatu yang asing. Bukti lainnya pakaian orang arab yang menjuntai sampai ujung kaki itu tidak sesuai dengan Islam. Bangunan yang menjulang tinggi di dekat Ka’bah dan di Dubai adalah salah satu tanda akhir zaman juga. “Manusia berlomba membuat bangunan bangunan yang tinggi”

  15. Saya juga sangat berpikir keras, kenapa putri-putri kerajaan arab gak ada yang pake cadar ya? padahal agama mereka Islam dan harusnya bisa jadi panutan rakyatnya sebagai public figur, jilbab aja enggak…herang banget saya ๐Ÿ™‚

  16. iya-iya saya paham itu kang.
    Ehm, jadi kalau kita mau ngajak perempuan sholat di masjid itu gak baik ya kang ?
    Kan, masjid seorang muslimah adalah rumahnya.

    Tolong di jawab kang. matur nuhun

  17. Tinggal dimana bos diarab…kalau saya tinggal dijeddah…kantor saya diqabil street samping mahmal…saya ada yang sependapat ama tulisannya…ada juga yang kurang sependapat…kalau dibilang bangsa arab bangsa yang agak susah diatur…mangkanya nabi MUHAMMAD SAW diturunkan disana untuk mengajari dan menunjukkan kebenaran…kalau dibilang bangsa arab tidak rajin shalat…setahu saya kalau diarab…apabila mendengar azan…seluruh aktifitas berhenti…semua toko harus tutup…bukan hanya toko…perkantoran, rumah makan dan sebagainya…harus ditutup…semua umat muslim harus shalat kemesjid…kalau tidak…jangan harap toko atau usaha anda akan dapat izin kembali dari pemerintah arab saudi…kalau kedapatan orang muslim keluyuran saat waktu shalat…sekali tertangkap diberika wejangan…dua kali tertangkap kena kurungan…ketiga kali dideportasi dan diblaclist…kalau bangsa arab dibilang melecehkan perempuan Indonesia…jangan salah bos…itu dikarenakan bangsa kita sendiri yang meminta dilecehkan…tahun 80 an…banyak orang arab yang mau menikah dengan wanita Indonesia…walaupun dengan mahar 3x lipat lebih mahal dari mahar wanita saudi…seiring berjalannya waktu…bangsa kita sendiri yang membuat orang arab memandang perempuan Indonesia sebelah mata…salah satu contoh sudah bos sebutkan…pihak KBRI dijeddah tidak memeriksa asal usul pekerja yang ingin ditempatkan dan juga majikannya…untuk mencari kesalahan sangat gampang bos…untuk intropeksi diri yang agak susah…Indonesia memang negara demokrasi…tapi jangan demokrasi yang kebablasan…salam satulawankebanyakanseribukawanmasihkurang…

    • saya dulu di doha-Qatar dan sempat main di bahrain dan dubai.

      kan tulisan diatas saya kasih pengecualian Arab Saudi. Klo di saudi emang masih kuat.

      Coba ke Dubai, suara adzan langka dan nyari masjid juga susah.

      Klo Qatar juga masih mirip saudi suasana beragamanya.

  18. top banget infonya, kalo boleh minta, diulas juga dong sisi lain arab yang menyangkut masalah sosial, pergaulan remaja dll yang tadi nyrempet tentang dolly surabaya, pasti seru.

  19. tdk semua artikel diatas bnr perlu kita sikapi dengan bijak.negara arab negara yg bercorak islam,bilamana terdapat hal yg menyimpang terhadap ajaran islam dinegara tsbt itu hanya sebatas individu perorangan,bukan secara umum.

  20. Tulisan ini ada benarnya, tapi banyak juga ngawurnya. lama-lama kok jadi baca tulisan orang2 Iran yang dikit-dikit jelekin Arab ya.

    ” Arab itu Arab. Islam itu Islam ”
    setuju. banyak yang tidak bisa membedakan sehingga kejahatan orang arab dianggap kejahatan orang islam.
    ” Tenaga kerja Philipine lebih diproteksi daripada TKI kita ”
    setuju. BNPTKI , imigrasi dan depnaker itu banyak tikus nya. mereka ini lah penjahat sesungguhnya.yang merampok bangsa sendiri.
    ” Bahrain itu 100 persen atmosfer Dolly ”
    Lebay lu bro. ketahuan elo di Bahrain mainnya di tempat begituan doang.
    ” kenapa sampe ada demonstrasi berdarah-darah di Bahrain yang kaya? ”
    itu konflik sektarian. Lagu lama, Sunni vs Syiah. lebih ke motif politik daripada kesenjangan sosial. mau keluarga raja atau bukan, penduduk lokal di negara Arab umumnya dapat jaminan hidup. itu yang bikin mereka malas. jadi kalo soal malas, saya setuju. emang bener.
    “Internet diblokir ketat, tapi itu sama sekali nggak ngaruh. Lha wong siaran TV Porno lewat kabel TV jalan terus nonstop 24 jam. ”
    ini lebay. kalo disuruh milih, Orang Arab mending masang saluran TV Bola daripada TV Porno. mereka gila bola bukan gila bokep. kalau mau nonton bokep mereka bisa2 aja, tapi bukan berarti hobi kayak yang elo gambarkan.
    nonton bokep itu cuma kerjaan orang Asia yang jauh dari keluarga. makanya saya curiga yang elo tulis ini pengalaman pribadi elo aja semuanya ๐Ÿ˜€
    “Soal keislaman? โ€ฆ ouhh jauh men dari suasana Islam di Indonesia. Indonesia lebih kerasa Islam dari negara-negara teluk.dst.. dst…”
    bagian ini kerasa banget ngawurnya. apalagi bagian “ngga bisa baca alqur’an” itu bikin ngakak. gue jadi bingung. elo tinggal di Arab berapa tahun sih ? perempuan di Arab sholatnya di rumah. mana ada mesjid isinya perempuan di sana wkwkwk.

    di Arab bukan berarti nggak ada orang miskin. ada juga. tapi tunjangan pemerintah sudah cukup membuat orang miskin di sana lebih kaya dari kita sehingga sanggup menerbangkan pembantu ke Arab.

    overall, tulisan ini 40 persen benar, 60 persennya subyektif dan tendensius. mari kita netral. katakan betul jika betul, katakan salah jika salah. jangan dibumbui.

    kita sama-sama TKI bro. alhamdulillah gue hepi. teman-teman gue bertebaran di qatar, bahrain, dubai, saudi dan kuwait. mereka semua hepi dan jadi malas pulang kampung. sayang sekali yang lo liat yang buruk-buruknya aja. coba sekali-sekali lo bahas sebaliknya, coba bahas pelacur2 Indonesia atau perampok dan maling2 indonesia yang bikin kacau di negara lain. biar imbang.

    • wak kaji, kalo lu emang tki di arab sono tolong dong share tulisan lu yang bisa nggambarin suasana di arab..

      jangan pake alasan kagak bisa nulis yee.. nah itu buktinye lu bisa nulis panjang kali lebar.. hehheeh

      ini gw share link tulisan dari Vabyo yang pernah jadi budak alias tki di tanah arab yang udah dibukukan

      http://www.goodreads.com/book/show/11330060-kedai-1001-mimpi

      jadi sekali lagi maksud thread ini adalah arab tidak sama dengan Islam dan Islam tidak sama dengan arab biar orang2 kita bisa terbuka matanya bahwa yang berjenggot dan berjubah itu tidak selalu lebih Islami dari kita

      Gw juga Islam dan bukan syiah ya biar lu kagak salah tafsir komen gw ini…

      piss bro….

  21. kayaknya tulisan kamu terbalik 360 derajat dari kenyataan! waktu saya pergi ke saudi, di mall ketika adzan semua toko tutup dan akan tutup selama waktu sholat bahkan 20mnt sblm waktu sholat maka toko akan siap2 untuk tutup dan semua laki2 pergi ke masjid untuk sholat berjamaah. bahkan ketika saya sedang di airport saya lihat sekelompok anak2 muda arab sholat di ruang tunggu airport berjamaah dan orang2 sekitar biasa saja karena itu memang pemandangan yang biasa bagi mereka, sholat di mana saja, di pinggir jalan, di mall, di airport selama tmpt itu bersih dan sudah masuk waktu sholat maka di situ mereka tegakkan sholat, jangan karena kebencian kamu trhdp etnis arab jadi kamu selalu mencari kesalahan mereka tnp mencari fakta atau tidaknya. memang arab itu bukan islam dan islam itu juga bukan arab tp kita harus tau bahwa tauhid akan terus ditegakkan di jazirah arab itu fakta sabda Nabi Muhammad Shalallu ‘alaihi wa sallam, dan siaran tv kabel, pemerintah telah memblokir situs porno mau di internet atau di tv, bahkan di tmpt umum tdk ada patung bergambar manusia atau foto wanita di pajang, betapa islaminya negara ini. memang di setiap negara ada baik dan buruknya tp klo selalu keburukan yg di cari, sebaik apapun negara itu ttp saja buruk di mata orng yg mencari keburukan!

  22. @Najma: Kamu gak baca ya? Mbok baca lagi! Itu khan udah ditulis ‘selain Saudi Arabia’

    “Yang saya bahas kali ini lebih spesifik di negara-negara
    teluk kecuali Arab Saudi”.

  23. klau ane sih tau nya arab is not islam udah dari kecil taun 90an, pertama sih liat video clip musik arab di TV,,wah ternyata banyak ga pake jilbab & seksi2 cewe nya..bahkan ada yg bawa anjing..hadehh..stelah tanya2 emang bener negara2di arab ga sepenuhnya pake aturan islam, hanya Arab Saudi yg full islam…
    oh iya liat deh artis haifa wehbe,,sexy..

1 Trackback / Pingback

  1. @TKI ARAB: Arab is NOT ISLAM… fakta yg berbicara (via RODA 2 BLOG) « Laporan Ono kepada Dunia

Tinggalkan Balasan