Busi kok pada basa-basi sih

Perkara part yg satu ini emang cukup vital untuk masalah pembakaran motor. Tapi sering juga disepelakan, klo nggak modar, ngapain juga diganti. Padahal klo selalu rutin ganti baru, harganya juga nggak mahal-mahal amat kok. berkisar antara 11-15ribu.

Umur pemakaian normal cuma 4000KM 😯

Yaghhh soal kapan harus diganti emang banyak perbedaan pendapat. Klo Honda sendiri jelas tertulis dikemasannya bahwa umur pemakaian normal hanya sampai 4.000 KM

Naghh, klo Yamaha jelas-jelas terpampang didepan papan kasir. Busi harus diganti setiap 6,000KM. klo enggak, ntar efeknya bla-bla-bla … gambar ngembat punyane PBNJ

Apa karena Yamaha pake NGK jadi lebih lama umurnya? 😈

Naghh, dibuku panduan (bukan buku servis) Mio, NMP dan Vario Techno tertulis. Klo busi cukup dicek saja tiap servis rutin dan klo emang masih bisa dipake, dipake lagi aja … no problem, kecuali klo emang ada gejala mencurigakan dari proses pembakaran.

Baca Juga:   5 Pasal Enaknya Jadi Pelajar di Indonesja

Naghhh, silahkan pilih sendiri klo soal busi membusi … klo saya, khusus untuk NMP emang harus rutin ganti tiap 9.000an KM, berhubung ini motor selalu diajak jalan jauh.  Tapi klo yang vario techno dan almarhum Mio, klo nggak mati yaa ngapain diganti :mrgreen:

roda2blog di sosial media

9 Komentar

  1. Ngk emg oyee…cs1 gw klo nyari busi denso u24esr gak dapet di ahass…akhirnya baca artikel klo cs1 bisa ngk cr8e nya 3c11 vixi…lbh top pake ngk…oia trnyata pjg drat busi cs1=vixi namun tdk sama dengan mx…

  2. Mongtor saya dari 2007 bulan september belum pernah ganti busi…jarang servis juga…he…he…gak tau udah berapa KM spedonya aja matek…

  3. Vega ZR saya juga pake NGK. Kalo menurut buku panduan sih, diganti tiap 7000 km, barengan sama filter oli & filter udara. Btw, saya baru tau kalo gear ama rantai harus diganti tiap 15ribu km. Kirain tiap 25ribu km. Makasih infonya mas. Numpang copy gambarnya ke harddisk ya 😀

  4. Saya dulu py motor.dari baru sampai dijual lagi, (umur pemakaian 1,5 thn) busi nggak diganti. Lha nggak disuruh sama mekanik.

    Skrg rantai motor dah dipakai dari thn 2004,. Tiap minggu dikasih beberapa tetes castrol ep 90. Mantep bro.gak meleber olinya.rantaix udah dipotong sih 2 mata, tp gir msh bagus, jd blm ganti.

    Yg lebih sadis, mobilnya temen 10 thn aki blm ganti. Tiap kali ada timbunan perak oksida berwarna putih di aki, selalu dia kerok..awet deh..

  5. Jaman masih 2tak, busi motorku pernah mati, nggak punya cadangan busi, ketok aja keramiknya sampai pecah dan lenyap, trus pasang lagi eh nyala , lumayan buat jalan nyampe penjual busi.

Tinggalkan Balasan