Gerakan Toko Tanpa Jual Rokok

Setelah melalui pemikiran dan pertimbangan muatang, memantapkan niat dan hati serta berani mengambil segala resiko. Selaku pengusaha kecil-kecilan di desa, yang sebenarnya selama ini turut menikmati laba dari kaum hisap.

Akhirnya sejak dua minggu yang lalu, saya memutuskan untuk bergabung dalam “Gerakan Toko tanpa Rokok”. Maksudnya jelas, bagaimana toko, baik besar dan kecil, modern atau tradisional. Tidak lagi memajang dan menjual rokok.

Sebenarnya ini bukan gerakan formal yang ada forum resmi, hanya “rasan-rasan” diantara pengusaha swalayan yang kebetulan tidak merokok, maupun yang sudah berhenti merokok seperti saya. Klo boleh dibilang, pelopornya adalah jaringan Pamella Swalayan di Jogja dan jaringan swalayan LUWES di Solo. yang kemudian diikuti oleh pengusaha-pengusaha baru kelas teri seperti saya.

Baca Juga:   Bikers Honda Peringati HUT RI Ke-73 dengan Convoy Merdeka

Alhamdulillah, setelah sempat goyah dibeberapa hari. Dan sempat ditentang mantan pacar,

“lha wong kamu dulu juga perokok kok nggak mau jualan rokok” kata si mantan.

Akhirnya semua kembali berjalan normal.

Saya percaya pada firman Allah, bahwa:

”Sesungguhnya beruntunglah orang-orang Mukmin. Yaitu, orang-orang yang khusyuk dalam shalatnya. Dan orang-orang yang meninggalkan perbuatan sia-sia.” (QS Almukminun [23]: 1-3).

Dan saya meyakini bahwa menjual rokok itu memang sia-sia, karena sebagai kepala keluarga, sebagaimana yang saya tulis dalam hikmah senin. Bahwa saya juga harus menjaga kemurnian sumber pendapatan yang dimakan anak istri dan mantan pacar.

Note: Saya tidak mengatakan bahwa merokok itu sia-sia lho ya …

roda2blog di sosial media

22 Komentar

  1. kalo saya jelas yakin kalo merokok itu sia-sia, ngebakar uang cuma jadi asap yang dibuang..

    lebih sia-sia lagi main mercon.. nyalain mercon kok malah tutup kuping, bunyinya saja jadi gak kedengaran.. harusnya merconnya dipasang di kuping terus dinyalain.. jadi keras tuh bunyinya..

  2. merokok bisa habis 300rb perbulan ya?. Kalo Aku tak pake 170rb utk langganan matrix+data unlimited di hp android. Bs internetan dan ngeblog sepuasnya. Sisanya utk makan2, utk kopdar dll.

  3. Hmm aku mantan perokok juga.
    Udah 9thn merokok, mulai dari kretek filter halus kasar murah mahal dah penah sy isap.
    Pernah sampai sehari 2 bungkus.
    Apalagi kalo ada bola.
    Berawal dari sakit didada dan kepala sering pusing2 yg akhirnya memancing sy utk minum obat dan (adiksi fisiologi)jika gak minum obat,pusing itu gak ilang2, akhirnya tepat awal tahun 2009 saya putuskan bercerai dgn rokok untuk selama2nya..
    Sekarang udah 2thn tanpa merokok,
    sakit di dada udah gak ada lagi, Pusing2 juga gak ada lagi.

    Terus ,merokok jg dapet menurunkan kualitas sperma lho, ati2 yg masih muda..tau kan maksudnya.
    sayangilah tubuh dan orang2 sekitarmuHmm aku mantan perokok juga.
    Udah 9thn merokok, mulai dari kretek filter halus kasar murah mahal dah penah sy isap.
    Pernah sampai sehari 2 bungkus.
    Apalagi kalo ada bola.
    Berawal dari sakit didada dan kepala sering pusing2 yg akhirnya memancing sy utk minum obat dan (adiksi fisiologi)jika gak minum obat,pusing itu gak ilang2, akhirnya tepat awal tahun 2009 saya putuskan bercerai dgn rokok untuk selama2nya..
    Sekarang udah 2thn tanpa merokok,
    sakit di dada udah gak ada lagi, Pusing2 juga gak ada lagi.

    Terus ,merokok jg dapet menurunkan kualitas sperma lho, ati2 yg masih muda..tau kan maksudnya.
    sayangilah tubuh dan orang2 sekitarmu

  4. ^
    Berarti kalo sperma bisa turun kualitasnya,kemungkinan mandul dan gangguan janin lebih besar ya om nick.
    -bener jg kata peringatan di bungkus itu-

    • saya hanya menjaga sumber pendapatan dari perkara yang bisa membahayakan kesehatan, kanker dan jantung :mrgreen:
      soal halal haram saya nggak tahu?, cuma agak kurang sreg aja 😉

  5. Saya juga gak jual. alasan pertama, kalo di akherat ternyata rokok itu haram, maka penjualnya ikutan dapet dosa. alasan kedua, jika saya jual rokok, gak mungkin kan melarang anak sendiri beli rokok?

Tinggalkan Balasan