NO PECEL No Happy!

Ada begitu banyak makanan khas dari daerah di seluruh pelosok Indonesia. Jogja dengan gudegnya, Klaten dengan gudanganya, Nasi tim dari solo, gado-gado jakarta, rujak congor Surabaya, rendang padang, de-el-el

Tapi belum pernah saya menemui makanan se-sakral “Pecel” bagi warganya, terutama warga Madiun dan Magetan. Bagi warga didua daerah tersebut, pecel lebih dari sekedar makanan khas, tapi makanan wajib.

Gudeg di Jogja tidak dimasak setiap hari, Gado-gado juga nggak harus dimakan setiap sarapan, Nasi Rendang bagi orang padang juga nggak harus tersedia dimeja tiap hari. Tapi pecel? … OMG

Bagi orang plat-AE, nggak sarapan klo nggak makan pecel walau sudah menyantap soto 2 mangkok. Terutama di bulan Ramadhan, menu pecel adalah menu wajib saat buka dan sahur. Bahkan ada banyak keluarga yang selama 30 hari Ramadhan, menu buka dan sahur yoo pecel.

Baca Juga:   Ini Lho Manfaatnya ABS

Pecel memang bukan mutlak milik orang-orang yang plat-AE, karena hampir merata ada disemua pulau jawa, walau ada sedikit modifikasi macam Nasi Lengko atau lotek.

Tapi fanatisme pecel-isme orang plat AE (Terutama Madiun-Magetan) itu sungguh keterlaluan. Bagi pendatang yang menetap di dua kota itu, terutama Magetan, agak susah untuk menemukan menu sarapan dan warung non-pecel  di pagi hari.

Saat masih Sekolah dulu, saya harus bangun-bangun pagi-pagi untuk menumbuk kacang menjadi sambel pecel, kalau tidak bahaya! … hanya sarapan sego jlantah berlauk krupuk dan garam 😳

 

 

 

roda2blog di sosial media

18 Komentar

  1. Sego pecel jadi kangen sama mertua nih…………..
    Soalnya menunya kalo gak sayur bobor ya pecel iku+kripik tempe…….
    Emm……..sayang lebaran ini gak mudik,jadi gak ngasain sego pecel neh……….
    Buat mas Ali lam knl dan salam hangat ae,aku lare Ponorogo………

  2. saya keturunan madiun mas, suka banget sama yang namanya pecel, walopun ga setiap hari sih.
    seringnya bikin sendiri, tapi yang bikin sambel eyang putri yang asli madiun. mantab surantab!!
    terus kalo lagi maen ke madiun, kalo sarapan pasti pecel.
    oh yo, kalo makan oges lecep paling enak pake tempe goreng 😀

Tinggalkan Balasan