Mongol, Bangsa Penyebar Islam yang terlupa (I)

Selama ini Islam seringkali identik dengan Arab, mulai dari peradaban sampai penyebar Islam pun, nggak afdhol klo nggak melibatkan Arab. Baik orang maupun budaya-nya. Hingga seringkali terjadi penafikan pada sumbangsih bangsa lain terutama dalam penyebaran Islam.

Cukup mengherankan, bahwa dalam konteks kekinian, kita seringkali tertipu dengan hal-hal yang berbau Arab bahkan kemudian menyakralkan seorang tokoh, hanya karena berwajah arab dan meyakini sebagai keturunan penyebar Islam. Padahal jelas dalam sejarah, bahwa pembawa Islam ke Indonesia lebih didominasi orang-orang China (Cheng Ho), India (dibuktikan dengan gelar “maulana”) , Persia (perdagangan) dan Mongol.

Jika membaca sejarah, selama ini Bangsa Mongol sering identik sebagai penghancur kejayaan dinasti Abbasyiah di Baghdad. Padahal sumbangsih Bangsa Mongol terhadap Islam jauh lebih besar dari apa yang pernah mereka hancurkan.

Emang keturunan Genghis Khan muslim? … Yaghh setidaknya bisa kita lihat dari sisa keturunan keluarga Jenghis Khan, seperti Salman Khan, Sharukh Khan, sampai dwi tunggal India Baddash Khan (teman perjuangan Mahatma Gandhi) :mrgreen:

Baca Juga:   Mbah Subagyo, Sang Penjual Jasa Mengerjakan Soal Matematika Pinggir Jalan Kotagede Jogja

Para ahli sejarah mempunyai banyak perbedaan pendapat tentang siapa dari kerajaan Mongol yang lebih dulu masuk Islam, yang pasti bukan Genghis Khan. Ada yang berpendapat Chagatai Khan (putra kedua Genghis, penguasau transoxania), Hulagu Khan (Penakluk Baghdad) atau Karachar Nevian (Panglima Perang Chagatai).

Kita sampingkan saja siapa yang Islam pertama kali dari Dinasti Mongol. Setelah sukses menaklukan Baghdad dan mendirikan kerajaan-kerajaan otonom di wilayah yang ditaklukan. Lha ndilalah para raja kerajaan otonom ((Genghis membagi Kerajaannya bagi tiga putranya) ) tadi banyak yang masuk Islam dan memutuskan hubungan dengan Mongol Pusat. Tokoh yang terkenal jelas si Timur Lenk (Tamerlane).

Ada beberap paradoks tentang silsilah Timurlenk dari Genghis Khan. Tapi teori ini lebih mudah dicerna: bahwa kakeknya (Karachar Nevian) seorang panglima yang juga menantu dari Chagatai Khan penguasa Mongol-Transoxania sekaligus bapak Khan sedunia (yang ini kata wikipedia)

Baca Juga:   Honda CBR250RR: Handle Gas Tidak Boleh Dibongkar

Kekuasaan Chagatai-Khan pemberian dari Genghis Khan

Bersambung (klik disini)

roda2blog di sosial media

17 Komentar

  1. Yup! Betul sekali! Malah dari beberapa literatur yang saya baca, Genghis Khan sendiri pada akhirnya malah memeluk Islam, walaupun sifat kerasnya masih ngga berubah.
    FYI, bahkan Laksamana Cheng Hoo itu sebenernya masih ras Mongol. Sewaktu dinasti Yuan runtuh (dinasti di China yang dipimpin oleh orang Mongol) dan digantikan oleh dinasti Ming, banyak orang2 Mongol yg diburu dan dijadikan tawanan. Salah satunya ya si laksamana Cheng Hoo ini, yang kebetulan karena skill dan kemampuannya yang dirasa bermanfaat bagi dinasti Ming, dapat menduduki jabatan penting CMIIW

  2. awalnya bangsa Mongol ini bukan muslim, karena pada saat bermuamalah mereka ditipu maka berdoalah pemimpin mereka pada saat itu agar Tuhannya muslim saat itu memberi kekuasaan atas dinasti Abbasiyah tersebut, ternyata dikabulkan.. maka semenjak itu Genghis Khan memeluk Islam.. riwayat ini saya dengar dari bayan ulama tentang muamalah.. betapa penting dan hati2nya kita apabila bermuamalah..

    • Muamalah apa maksudnya..? Dari dulu bangsa mongol bukan bangsa Islam… Bahkan sampai sekarang pun tetap aja bukan bangsa Islam…

  3. betul bang terutama di Indonesia nih, banyak banget umat yang ga ngerti apa2 meng khultus kan seseorang yang notabene katanya keturunan Nabi SAW, miris liatnya bang, seharusnya ajaran Islamnya yang di khultuskan bukan “orangnya”…sejak baca bahasan darsem saya jadi suka baca tulisan abang nih…tetep nulis bang aku dukung lho…

  4. kalo Cheng Ho, kebetulan memang seorang suku Hui, yang dari awalnya sudah beragama Islam (dari lahir)

    berbeda dengan suku Han yang memiliki kepercayaan lokal, yang kita kenal dengan nama Konghucu ataupun Taoisme

  5. Islam dibw ke indnesia olh pedagang India mumbai…yg mrk itu dipimpin olh para turunan nabi..tapi beda dg kaum awaliyyin/sayyid..mereka ini pd umumnya kawin dg wanita biasa…lihat silsilah walisongo selengkapnya…kawin dg wanita setempat adlh strategi dakwah agar lbh cpt dtrm…..betul:jgn mengkultuskan seseorang dr darahnya…..

  6. negara negara di asia tengah serta sebagian eropa dan rusia bagian selatan banyak di islamkan oleh para tentara mongol { pasukan tar tar }…

  7. Halaaaah… Nggedebus,… Artikel apaan ini… Sudah jelas mongol itu penghancur peradaban Islam kok malah di sanjung2… Sumbangsih apaan..? Apa hanya karena beberapa orang mongol masuk Islam terus bisa dikatakan berjasa untuk Islam..? Apa yg bisa di banggakan dengan Salman Khan, Sakhruk Khan dan khan-khan yg lain bagi Islam..? Islam tidak mengajarkan umbar aurat pamer wudel seperti artis India.. Justru Khan-khan (artis India) itulah kelanjutan perusak Islam. Mengaku Islam, tapi perilakunya tidak beda dengan kaum kufar…
    Saya sarankan, lebih baik sampeyan belajar Islam lebih dalam lagi ya gan… Jangan asal jeplak soal Islam…

  8. @Abu Zubair: Saya bukannya membela penulis artikel ini. Rasanya Anda tll meremehkan orang lain dan seolah Andalah yg paling tahu ttg sejarah Islam, pdhl bg saya justru Anda yg msh dangkal pengetahuannya ttg sejarah Islam. Tahukah Anda bahwa Kesultanan Ottoman (Raja Turki Usman I) adalah berasal dari bangsa Mongol yg beasal dari Asia Tengah ? Merekalah yg melanjutkan kejayaan Turki stlh berakhirnya Kerajaan Turki Saljuk (yg juga Muslim). Anda penasaran silakan pelajari lg ttg sejarah Islam dan jgn sekali-kali meremehkan pendapat org lain apalagi itu fakta. Dan satu lg yg mgkn Anda lupa bhw tdk semua org Islam itu beriman kuat, ada yg kuat dan ada yg imannya lemah itupun kadang berfluktuasi (ingat tulisan Anda di atas: “Apa yg bisa di banggakan dengan Salman Khan, Sakhruk Khan dan khan-khan yg lain bagi Islam..? Islam tidak mengajarkan umbar aurat pamer wudel seperti artis India.. Justru Khan-khan (artis India) itulah kelanjutan perusak Islam. Mengaku Islam, tapi perilakunya tidak beda dengan kaum kufar…”). Itulah tugas org Islam yg beriman kuat spt para Ullama dllnya utk mengingatkan sesama Muslim yg menyimpang agar kembali ke jln yg benar dan bukan malah dicibir, dihina dan dijauhi apalagi dibilang sbg kafir. Org yg dikatakan pintar adalah org yg merasa dirinya bodoh dan mau belajar terus, demikian sebaliknya. Sory jgn tersinggung apalagi emosi krn org emosi lbh gampang jd temannya syaitan, hehehe. Wallahu’alam !

  9. Setahu sy para wali songo itu semua ahlul bait nasabnya langsung ke sayyidina husein notebene cucu dari rasulullah Coba di pelajari lg sejarah wali songo bukan berarti orang di luar ahlul bait itu tidak ada kontribusinya dalam penyebaran Islam klo kalian umatnya nabi Muhammad saw kalian pasti ahlussunnah wal jamaah karena ulama itu ada pewaris nabi bukan beratri di luar banga Arab itu tidak bisa menyebarkan Islam tp kami lebih menghormati dan menghargai keturunan langsung dari rasulullah dan ajarannya yg langsung dari rasulullah dan para sahabatnya

1 Trackback / Pingback

  1. Mongol, Pasukan Kiriman Tuhan (II) « RODA 2 BLOG

Tinggalkan Balasan