Jalur Wonogiri-Ponorogo, maknyuss

Share jalur lintas timur-tengah (jawa timur-jawa tengah) bila selama ini mungkin lebih sering menggunakan lintasan sumber bencono melalui Solo-Ngawi-Caruban/jalur pantura untuk meninggalkan Jawa Tengah menuju Jawa Timur.

Naghh monggo silahkan tahun ini mencoba jalur Solo-Wonogiri-Ponorogo, Insya Allah kualitas jalan lebih bersahabat daripada jalur tengkorak Ngawi.Β 

Khusus memasuki kawasan Ponorogo Jawa Timur, jalanan sangat memanjakan motor. Naghh sesudah sampai kota Reog Ponorogo bisa memilih meneruskan ke Madiun dengan jalan yang juga sudah diperlebar dan mulus, atau ke Trenggalek-Tulungagung yang masih tahap perbaikan.

Tips aman saat keluar Wonogiri. Khusus bagi yang riding malam, selepas keluar dari Wonogiri (Kec.Purwantoro) sebaiknya kecepatan konstan 60KpJ, jangan lebih karena jalurnya gelap walau jalanan mullus lebar dan membelah hutan, jangan kurang karena selama 10KM (Biting-Badegan/ Ponorogo) juga termasuk rawan kejahatan.

Baca Juga:   Astra Motor Yogyakarta Gelar Honda CBR Track Day di Boyolali

sahakan selalu ada mobil yang berjalan dibelakang anda.Β Jangan berhenti di rest area Kucur-Badegan Ponorogo. Yang utama selalu baca doa selama melintas malam, karena selain kejahatan yang dilakukan anak Manusia, juga kejahatan usil para mahkluk haluss 😯 … banyak kesaksian korban kecelakaan yang selamat mengatakan, bahwa jalan yang dia tempuh kelihatan lurus … ehh gak tahunya nyungsep ke sungai atau nabrak tebing.

Naghh selepas Badegan menuju Srandil lalu Sumoroto (Ponorogo), silahkan gaspoll klo anda mau … ingat, keluarga menunggu anda untuk silaturrahmi bukan untuk slametan atau yasinan πŸ˜‰

jalur menantang

semoga bermanfaat.

roda2blog di sosial media

28 Komentar

  1. Waw jalurnya ngeri euy.
    Btw lebih aman jalur mana sih?
    Antara:

    solo-ngawi-caruban.
    Sarangan-magetan-tawangmangu
    Wonogiri-ponorogo?

    Soalnya kemaren turing lewat sarangan-magetan-tawangmangu, mau nyoba rute lain kali aja ada yg lebih enak dan aman.
    (trauma hampir di begal di jalur lumajang-jatiroto-tanggul-jember padahal jalan 100kmpj)

  2. ..coba lewat jalur solo sarangan plaosan poncol parang ponorogo…keknya lebih cepat treknya lumayan naik turun….daripada solo wonogiri ponorogo

  3. ponorogo-purwantoro jalure mulus lurus.
    purwantoro-slogohimo-jatisrono agak extrem naik turunnya
    jatisrono-ngadirojo full cornering. (istriku sampe bosen ngitungin tikungannya)
    lewat jam 7malem jalanan sepi buangetsss.silakan kalo mau knee down

  4. numpang testi kang ali
    sy jg plat AE, kuliah di solo,
    alhamdulillah selama ini fine2 aja lewat jalur situ,
    klo masalah lelembut, pastilah ada, tapi yg namanya di dunia, mana si yg bebas dari lelembut,,:D orang di mesjid aja ada.. πŸ˜€
    dg kata lain, normal2 sj kok jalur ini,,,ngga gitu horor ky cerita2 yg ada..
    sudah sering saya pulang dr solo jam 5 sore, jam 6 malem, bahkan yg paling malem pulang jam 9 mlm dr Solo..so far so good kok…

    namun memang jalur ini sangat sedikit penerangan di malam hari, jadi harus hati2nya di situ…apalagi dg tikungan2 yg mulus naik turun, meliuk2 sperti jalur pegunungan Akina :D,.. yg terkadang sering “menjebak” biker yg lewat klo tdk waspada.
    selama ini saya hampir masuk jurang 1 kali,hampir terjun ke sungai 1kali, hampir ndlosor di tikungan 1 kali..semua itu gara2 terlalu nafsu betot gas(maklum darah muda πŸ˜€ hehe)… karena menikmati tikungan2 yg aduhai, permukaan jalan yg halus ,,,dan yg terutama disebabkan minimnya penerangan..sehingga rawan terkecoh..(bukan krn disikep memedi lho :D)

    bagi yg blum pernah riding via wonogiri-jatisrono-ponorogo,
    sebaiknya klo mo lewati jalur ini, usahakan jangan lewat magrhib, krn penerangan minim sekali(klo trpaksa ,lewati dg kecptan santai sj),,, sebulan lalu ada rekan saya yg meninggal di jalur ini tabrakan sesama R2 salah satu penyebabnya diduga gara2 TKP yg minim penerangan.

    sekian testinya kang ali, siapa tau berguna bg rekan bikers yg lain,
    thx

  5. Saya asli dari kec. Badegan Ponorogo yang berbatasan langsung dengan kec. Purwantoro Wonogiri sebenarnya jalur ini adalah jalur yang nyaman. Hanya saja memang lewat jam 12 malam jalur ini memang sepi. Untuk penerangan jalan di Hutan Badegan saat ini sudah dipasang penerangan jalan dan sudah ada pelebaran jalan sehingga jalur ini lebih nyaman untuk pengendara roda 2. Jalur ini adalah jalur utama Ponorogo-Solo.

  6. Dr solo rencana pulang lewat ponorogo tp krn tertipu google smpek purwanto nyoba lewat magetan,masya allah dalane yg paling extrim yg prnh q lalui,,gak ada mobil sm sekali,ktmu cuman truck kecil sm pick up,, klo speda psti ada. Jalanny haduhhh gak bs kebayang.

    • Tanjakan,turunan, smpek q gudu nangis lewat jalan situ. Sbnre q mau nyerah tp berhubung bwh kwlrga banyak,,q kuatin diri. Pokoknya jgn prnh lewat situ. Itu sbnre bukan jalur antar kota tp jalur antar desa ato kecamatan.

1 Trackback / Pingback

  1. Test Ride Suzuki Satria 150 Injeksi, Bukan Lagi Ayam Jago Tapi Jagodzilla | roda dua blog

Tinggalkan Balasan