Tips Memilih Durian …

Pasar Durian di Pagotan-Madiun

Musim Durian tiba, Alhamdulillah. serumah cuma saya doang yang doyan durian. Istri dan anak pertama saya blass nggak doyan :mrgreen: klo anak kedua, emang masih belum boleh makan (9bulan.rek) … semoga nanti doyan seperti bapaknya. πŸ˜‰

Sebagai pecinta sekaligus pemburu durian, berikut saya bagi tipsnya memilih durian dengan benar.

1. Pertamax … Perhatikan kulit buah durian, jangan ada yang berlubang. ini biasanya ulah lalat buah. Dijamin durian yang begini walau buahnya mateng, baunya sedaappp …. tapi “seppo” atau hambar atau nggak ada rasa blass.

tapi biasanya malah busuk dalemnya, istilahnya … Duren ngemposs

2. Ujung buah … pastikan mbuthell tidak ada bekas benda tajam, atau bekas pemerkosaan paksaan, artinya bahwa duren benar-benar jatuh dari pohonya, bukan karena dipetik!.

Contoh Durian yang dipaksa disunat πŸ˜‰ sumber: hadiyanta.com

Baca Juga:   Motor 250cc paling Menyebalkan

3. Naghh baru dicium baunya … Penjual yang pintar biasanya akan menyuruh anda untuk langsung mencium baunya, dan menghalangi anda untuk meneliti secara detil kulit durianya. πŸ˜‰

Durian mentah tidak akan mengeluarkan bau harum angklek. Nagh sukur2 klo penjual membolehkan untuk mencicipi πŸ˜‰

4. ini Tips paling brutall, tapi Palingg enakk dan harganya murahhh … Pilih durian yang sudah dimakan codot (kelelawar), tapi yang satu bilik aja … ini adalah buruan kesukaan saya, harganya murah, tapi rasanya nampoll puolll. Karena codot hanya memakan buah durian yang benar-benar masak sehingga nggak ada efek ngemposs seperti ulah lalat buah.

cuma Rp.3000 doang, tapi rasa nggak kalah sama yang montong πŸ˜‰

naghh sebelum si codot selesai makan, buahnya Β pasti sudah keburu jatuhh ke tanah. Harganya pun juga ikut jatuhhh, padahal dengan indera telepatinya … Codot seperti luwak, bisa memilih buah terbaik. tapi tetap sterill, karena rusah hanya satu bilik saja. πŸ˜‰

Baca Juga:   Brigadir Teguh Riyanto, Dalang Sambil Mengimbau Tertib Lalu Lintas

Untuk anda yang berada diwilayah madiun selatan, klo mo berburu durian jangan di Pasar Dolopo. Tapi di Pasar Pagotan, tepatnya di area rel sepur pabrik gula, dijamin lebih unyu-unyu.

Karena Durian di pasar Dolopo kebanyakan hanya durian afkiran, sedang yang kualitas grade-A dijual di wilayah wisata ngebel/Ponorogo.

Have a nice huntingg πŸ˜‰

Tapi jangan sampai kesiangan (maks.jam8) dan siapkan uang minimal 50ribu … dengan uang segitu biasanya saya bisa dapet 12 buah Durian πŸ˜‰ maklum modelnya harus borongan, tapi masih boleh memilih kok

roda2blog di sosial media

59 Komentar

  1. Perhatian-perhatian :
    Buat yg baru makan duren, untuk sementara dilarang berkendaraan dengan mobil, baik bersama keluarga ataupun teman2. Apalagi yang doyan kentut & sendawa. Kalo anda masih memaksa, itu berarti anda……dzalim! :mrgreen:

  2. enyak..enyak…enyak..

    ada lagi tips biar tahu durian itu manis ato ga, dengan mengiris tangkai durian (yg di ujung atas) bekas potongan/sisiran kalo kita jilat manis kemungkinan besar daging duriannya juga manis πŸ˜‰

  3. muarah bgt 50 ribu dapet 12 ea..:), kirim ke bekasi bos..100rb dapet berapa..:))

    sesama penggemar duren…:), klo ane pulang ke sumatra, lagi musim begini, sekerenjang bisa 50rb – 100rb tergantung besar, isi bisa 15bijian

    klo lokasi duren2 pilihan itu dimana mas, kyk duren petruk apa gitu

    • Klo duren petruk yang terkenal daerah Jepara, terutama perbatasan Pati-Jepara.
      Purworejo juga ada yang petruk tapi sangat jarang

      beda dengan montong, durian petruk bentuknya lonjong memanjang ramping
      bijinya kecil, dagingnya kuning dan sangat manis tidak eneghh

      oke selamat berburu … belum bisa melayani jual online πŸ˜‰

      50ribu dapet 12 biasanya campur dengan durian codot … tapi uenakkk

  4. ada lagi om:
    – ketebalan daging buah, identik dengan ketebalan tangkai buah. makin tebal tangkainya, makin tebal daging buah.
    – kalo sudah dibuka, buah yang manis lebih kuning daripada yang gak manis. tip ini bisa dipake di supermarket, yang buahnya sudah dikemas plastik. tapi liatnya dilampu warna putih ya.

  5. ak ga mudeng blas. untung wis langganan ma 1 penjual ng demak. sblm beli diincipi dl. klo ga manis kadang srh makan gratis. tp sopo sing doyan durej anyep??? salam kenal masbro

  6. kalo ndak ada pertanda seperti diatas,…dan semuanya nampak baik2 saja… aq masih ada tips nih…
    Durian yang pasti paling mantaf rasanya adalah durian yang jumlah durinya ganjil….
    jadi jangan pilih Durian yang durinya genap…

    #ngacir…

  7. tapi penjual yang ngebolehin dirasain duriannya juga ga kalah pinter kok om, di pisau nya kan uda ada semacam ekstrak pemanis…
    pernah muncul di tv juga cara2 macam gni…

    • oleh karena itu masbroo…pilih durian jgn dibuka dan dicium aromanya…
      tinggal itung durinya aja kok…pilih yang ganjil yaaa….

      selamat berburu durian…

Tinggalkan Balasan