Catatan 2011: Honda Kuasai Pasar, Yamaha nggak kehilangan identitas

Honda akhirnya sukses menguasai pasar lebih dari separo penjualan sepeda motor di Tanah Air selama 2011. 53% persen coyyy … Good job!. Gelontoran produk membuat konsumen memiliki banyak pilihan sehingga ketika sudah disodorkan, susah untuk berpaling ke yang lain.

Perolehan penjualan AHM pada 2011 tercatat 4.276.136 unit dan itu artinya angka pertumbuhan penjualan di tahun 2011 yaitu sebesar 25,1% dibandingkan dengan total penjualan AHM pada 2010 yang hanya 3.418.632 unit.

Pertumbuhan penjualan sepeda motor Honda ini jauh melampaui pertumbuhan pasar motor nasional. Sepanjang tahun 2011, total penjualan sepeda motor nasional tercatat 8.043.535 unit atau hanya tumbuh 8,7% :8O:

Satu-satunya yang masih mengganjel adalah line-up di lini sport. Kehadiran New Megapro saja nggak cukup untuk menggoyang produk Yamaha di kelas ini., unggul jumlah line-up sehingga konsumen lebih banyak pilihan.

Baca Juga:   Garnier: Pindah Pabrik ke Indonesia, langsung moncerrr

Walau kalah penguasaan share market, Yamaha nggak boleh dibilang gagal. Walaupun faktanya, YMKI (pengecer Yamaha) dilebur ke dalam YIMM (pabrikan) untuk alasan apa, atau latar belakang kenapa belum jelas.

Yang pasti, YMKI selaku pemasar Yamaha adalah penyelamat Yamaha Global, nggak hanya Yamaha Indonesia Motorcycle Manufacturing (YIMM).

Kejeniuasan tim marketing YMKI masih belum bisa ditandingi AHM.

Ambil contoh momentum Casey Stoner yang menjadi juara dunia MOTOGP 2011. Harusnya dijadikan kesempatan oleh AHM untuk menggusur “image” Yamaha sebagai penguasa balapan prototype.

Ambil tema, “The Champions is Back”. Gambarkan di iklan, bahwa setelah menjadi juara bareng Ducati, Stoner kesulitan menaklukan penyakit di motor Ducati. Lalu ketika pindah di Honda, dia bisa langsung “Satu Hati” dengan RCV212 dan kembali juara, sedang motor yang lama, tetap penyakitan walau dipegang the dokter. :mrgreen:

Baca Juga:   Demi Keamanan Helm Arai Menempatkan Double Visor Diluar

Kejam amat bro? … emang selevel ya Honda sama Ducati. Ahhh namanya juga iklan, kan harus menarik. 😉 itu juga kalau AHM berani. Lha mossok Honda jadi juara dunia kok nggak ada gaungnya sama sekali. 😈

roda2blog di sosial media

Tinggalkan Balasan