Berhenti Hobi Kredit, Biar Hidup lebih Berkah.

Ini hanya sekedar share saja, dan semoga bermanfaat tentang pengalaman saya dan beberapa rekan saya, yang sama-sama masih belajar bisnis. πŸ˜‰

Beberapa bulan yang lalu, saya terlibat obrolan asyik dengan seorang kawan lama. Dia sebuah rumah barunya, di daerah Tonatan. Dia bercerita tentang banyaknya kawan-kawan kami, terutama yang pernah ikut Entrepreneur University (kita sebut EU), terjebak dalam lilitan hutang.

EU sendiri adalah semacam Primagama, lembaga bimbingan belajar tapi khusus belajar tentang bisnis, wirausaha, termasuk menu utama-nya, bagaimana cara cepat menjadi β€œbankable”. Orang yang dipercayai Bank.

EU ini emang dimiliki oleh bos primagama sehingga banyak cabangnya di kota-kota seluruh Indonesia.

Back to topic.

Naghh, setelah bankable, bank mengucurkan kredit/pinjaman/hutang … boleh dikata semau kita, bahkan lebih besar dari nilai jaminan. Tapi tetap saja, cara jelek, hasilnya juga jelek.

Si Teman, bercerita, bahkan pemegang lisensi EU-Ponorogo pun sekarang gulung tikar, bangkrut, rugi dan pindah ke luar daerah. Memulai usaha dari nol, dengan niat yg kuat … tak mau ngutang lagii.

Si Teman juga bercerita, bahwa dia baru saja mondok selama sebulan di Jogja. Bersama rekan-rekan yang sedang terlilit utang, membersihkan hati dari niat ngutang, dan menghapus utang … wis pokoke do alergi hutang.

Baca Juga:   Ban Mizzle emang Top Markotop!

Tanpa beliau cerita siapa si pengusaha Jogja itu, saya sudah bisa menebak, karena memang dulu beliau adalah mentor saya.

Memakan Hutang adalah sama dengan Memakan Riba?

Di akhir obrolan, saya teringat ayat al-Qur’an yang mengatakan. Bahwa perumpaan orang yang memakan riba adalah sama seperti orang yang kerasukan setan, yang tidak bisa berjalan tegak, terhuyung-huyung.

Selama ini riba di identikkan dengan bunga deposito atau bunga tabungan pada bank. Padahal membayar bunga dan menikmati fasilitas pinjaman dari bank, itu juga sama dengan riba.

Dan orang-orang yang terlena dengan pinjaman/kredit dari bank ini. Ya seperti itu tadi, seperti orang yang kerasukan. Tidak bisa membedakan mana yang nyata dan tidak nyata. Mana kebutuhan dan mana keinginan. Mana yang asli uang dia dan mana yang uang pinjaman.

Walhasil, fatamorgana. Secara otak-atik angka dari pendapatan/gaji. Cukup untuk membayar cicilan ini/itu. Bisa kredit ini/itu, gesek sana-sini. Tidak rugi, lha wong bisa kebayar … padahal faktanya, pendapatan berkurang seiring banyak-nya cicilan.

Baca Juga:   Kasihani Pengemudi Mobil

Ketika ada kebutuhan mendesak mendadak, lalu disaat bersamaan datanglah tanggal jatuh tempo. Mummet wis.

Hidup Berkah lebih berarti dari Hidup Mewah.

Hidup yang berkah, itu bahagia, sejahtera, nyaman, aman, tentrem. Bila ada rezeki yang sedikit aja, sudah β€œturah-turah”. Apalagi ketika ber-rezeki banyak.

Di satu sisi, kehidupan mewah tidak menjamin suasana di atas. Lihatlah orang-orang yang belibur pada musim panas. Mereka pergi ke Hawai, pengen tentrem, ternyata belum tentrem juga, mengambil segelas whisky sampai mabuk, masih belum tentrem juga.

Padahal disekelilingnya gadis-gadis berbikini, belum tentrem juga. Lalu ngemplok ekstasi, belum tentrem juga. Kokain, sabu, mariyuana lalu dioplos. Alhamdulillah, tentrem juga selamanya. Nggak bangun lagi dan nggak harus mencari-cari lagi, cukup diam dalam tidur panjang di bawah tanah. πŸ˜‰

Soo, mari kita jauhi budaya ngutang, terutama dalam aspek konsumtif. Ekonomi Amerika saat ini diambang kehancuran juga karena hutang. Teringat pesan Kiai saya dulu.

Sederhana, bukan berarti miskin, tapi sesuai kebutuhan, bukan berdasarkan nafsu keinginan.

roda2blog di sosial media

61 Komentar

    • Saya IBU SALMAH ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di ARAB SAUDI jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di ARAB SAUDI,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak AKI atas bantuang nomor togel nya wassalam.

  1. Alhamdulillah
    Saya sudah menjalani dari dulu apa yang disarankan.

    kalau mau membeli sesuatu diluar kebutuhan pokok, belilah diahir bulan jika masih ada dana.
    Tapi dari pada membeli hal yang tidak begitu penting, mending ditabung untuk hal yang lebih penting.
    Begitu seterusnya.

  2. tapi gimana caranya, klo pengen usaha, kan butuh modal awal, trus kita ngutang kebank, bayarnya nyicil dari profit usaha tadi, apa ini salah ..?

    jadi gmn caranya klo mau buka usaha tanpa ngutang, sedangkan gaji hanya habis buat kebutuhan bulanan.

    TQ

  3. Kalo kredit mesti pake dihitung pake otak, jangan pake dengkul, apalagi pake biji pel*r, hitungannya maksimal 20% dari penghasilan buat bayar cicilan bulanan. Kalo penghasilan bulanan cuma 2jt ya maksimal 400rb buat bayar cicilan. Kalo kredit tapi penghasilan ga cukup buat bayar cicilan, berarti nekat atau gambling, ujung2nya stress trus bunuh diri.

  4. Menurut penerawangan saya,amerika kolaps diawali dgn ‘morgan gate’ yaitu kredit perumahan bank yg macet,tak terbayar.kenapa?karena ternyata orang amerika tidaklah terlalu pintar(atau malah kepinteren shg serakah) dalam menerapkan cara bisnis robert t.kiyosaki dalam bukunya rich dad poor dad.alhasil,mereka pun banyak/berbondong-bondong mengambil kredit di bank untuk mengambil properti/perumahan.bukan untuk ditempati sendiri,tp untuk dikomersilkan(disewakan,ato dijual lg),dg pemikiran cara itu bisa membuat ‘rumahnya membayar sendiri’.nah,saking banyaknya yg mengambil cara itu,ternyata pembeli brg properti tidak ada.akhirnya,perputaran uang mandeg.bank pun kolaps,karena kreditnya tak terbayar..ujung2nya pemerintah yg turun tangan,membuat dana talangan buat bayar duitnya bank itu..xixixi..

  5. Dear guys..
    Ingin menginformasikan, jika teman-teman ingin melakukan jual / beli barang apa saja dan dari wilayah mana saja, kalian dapat mengiklankannya di keselip.com.

    Keselip.com merupakan portal untuk kalian bisa menitipkan barang yang akan kalian jual dengan cara mengiklankannya pada web kami secara GRATIS. Di keselip.com kalian juga bisa mencari barang dari berbagai macam kategori yang ada.

    Ditunggu kiriman iklannya ya….

    Thanks & Regards,

  6. Saya jg berusaha anti kredit dan berhutang kecuali kepeped bener, Alhamdulillah sampai sekarang masih aman. Nah sekarang banyak yang beralibi Syariah Pak Guru, termasuk asuransi, nah bagaimana itu, nanti tak sms wae lee.

  7. Saya pribadi lebih memilih menjual tanah (warisan) dibanding menggadaikan sertifikat tanah untuk modal usaha (pengalaman pribadi). Mudah2an keuntungan usaha saya nanti, jika memang berkah, bisa buat beli tanah lagi (buat modal anak saya kalo butuh modal usaha kelak). Amin.

  8. ijin share mas, klo mo usaha lebih baik kumpulin modal dulu atau klo mo pinjem bagi hasil saja…. itu lebih berkah, jangan lupa zakat 2,5 %

  9. untuk kebutuhan pokok kredit masih masuk akal, tapi kalau kredit card buat gaya hidup alamat kelaut .
    ane juga masih ngridit btn neh. . . . :mrgreen: kalau gak ngridit gak kebeli gimana lagi :palu:

    keep brotherhood,

    salam,

      • ndak papa sekali2 pak guru
        Gesek soale dapet promo bayar cuman 50 persen pake kartu tertentu *misalnya*
        Poin nambah bisa di tuker hadiahnya payung cantik di akhir bulan heheheuehheue
        Tapi jangan lupa sebelum tanggal jatuh tempo lgsung lunasin πŸ˜€
        Saya aman2 aja kartu utang bnyk tapi ya itu jarang dipake kalo ndak ada promo… Lha ndak ngeply di kasih piye jal xixixixi proses mbalikin ke bank ruwet ya wes di simpen aja tapi satu aja kadang yg di pake…

        Tips: segera lunsai sebelum jatuh tempo perbulan,.. Pasti aman terkendali, kuncinya pengendalian diri dan disiplin
        Imo

  10. hihihi, ngakak aq baca artikel ini, secara sekilas bisa dipastikan itu hanya diambil dari satu sudut pandang, dan jelas bukan dari sudut pandang seorang pengusaha.

    kalo ditanya, pengen hutang? jawabnya TIDAK.

    tapi perlu diketahui, bahwa yg namanya hutang tidak ada yg cita2, tapi ketika butuh modal, ga ada yg dijual, bisa dipastikan, akan berhutang, itu lah pengusaha yg mau maju.

  11. Betul itu, lebih baik hidup tanpa hutang, tapi malah bisa memberi orang yang perlu ditolong….lebih baik memberi dari pada membayar hutang.. sama-sama memberi tapi beda….

  12. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Heather Firm Loan memberikan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%.
    Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini di heatherwhiteloanfirm@gmail.com

  13. Halo,

    Ini adalah kesempatan keuangan di depan pintu Anda langkah, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman Anda pada tingkat bunga 3%. Ada banyak di luar sana mencari peluang keuangan atau bantuan seluruh tempat dan masih belum mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan di depan pintu Anda langkah dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini. Layanan ini membuat untuk kedua individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita. Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari setiap jumlah pilihan Anda Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email: jerrythompson189@gmail.com

    INFORMASI PERTAMA YANG DIPERLUKAN

    Nama Lengkap:
    Personal Nomor Telepon:
    Negara:
    negara:
    Umur:
    Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya ?:
    Status Pernikahan:
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan sebagai pinjaman:
    Jangka waktu pinjaman:
    Pekerjaan:
    Penghasilan Bulanan:

    Saya dengan senang hati menunggu respon cepat Anda,

    Salam hangat,
    Mr Jerry Thompson

  14. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan, yang Anda butuhkan pinjaman bisnis untuk mengembangkan bisnis Anda? Terapkan untuk pinjaman sekarang dan mendapatkan disetujui. kami menawarkan semua jenis pinjaman pada tingkat bunga yang lebih rendah dari 3%. (Kredit Usaha, Kredit Tanpa Agunan, Kredit Konsolidasi, Kredit Mobil, investasi Loan, dll) kami telah menyewakan pinjaman kepada mereka yang tekanan keuangan dan juga untuk ekspansi bisnis . hubungi kami hari ini dan mendapatkan persetujuan. email: meritsfinancecompany@gmail.com

  15. Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan atau pinjaman mendesak? dan Anda telah kecewa dengan bank. Kami dapat menyediakan dana langsung hingga 50 juta euro di tingkat bunga yang sesuai Untuk informasi lebih lanjut dan persyaratan formulir pendaftaran, hubungi kami melalui email loanservices111.7@gmail.com
    nama:
    Jumlah pinjaman Diminta:
    durasi:
    negara:
    Salam.
    Mrs Jennifer John.

  16. salam teman, saya punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia. Aku baru saja pinjaman dari organisasi internasional pinjaman islamic sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian dari salah satu Mrs mimosa Wijayanti dari Indonesia pada forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberikan email mereka kepada semua orang (frb228815@gmail.com) Jadi saya segera email mereka dan mereka menanggapi email saya. Mereka meminta saya untuk mendapatkan ikatan asuransi PPI karena saya meminta untuk tidak agunan pinjaman tanpa jaminan. Jadi saya mengikuti saran dari mimosa Wijayanti dan diasuransikan pinjaman saya. Jujur, awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya untuk scam sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 48 jam setelah, pinjaman dari $ 65.000 dolar amerika serikat i diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. Tidak ada biaya tersembunyi. Tidak ada jaminan yang diperlukan dari saya. sampai saat ini, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya dipenuhi dengan sukacita. Saran saya yang sederhana untuk semua orang yang mencari tempat yang tulus untuk mendapatkan pinjaman mendesak yang sah untuk memulai sebuah bisnis atau mendanai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda juga akan mengejutkan cara saya terkejut. Saya ingin terutama terima mimosa Wijayanti untuk menyediakan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda menghubungi mereka dan juga mendapatkan pinjaman dari mereka, silakan menyebarkan kabar baik ini sehingga orang lain juga bisa mendapatkan keuntungan. Terima kasih.

  17. BERLAKU UNTUK KREDIT ANDA
    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda stres keuangan? Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, MichelleN Haward Kantor Pinjaman adalah jawaban untuk menawarkan semua jenis pinjaman kepada masyarakat atau siapa pun yang membutuhkan bantuan keuangan untuk mendanai proyek apapun. Kami memberikan pinjaman sebesar 2% suku bunga untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah kondisi yang jelas dan mudah. hubungi kami hari ini via e-mail di michellenhawardloans@gmail.com

    Catatan: Semua pemohon harus di atas 18 tahun

  18. organisasi Citi Financial sini lagi dengan tawaran pinjaman berair kami
    Tujuan kami adalah untuk memperkuat basis ekonomi secara signifikan dari semua hukum
    dan orang senam alami dari kegiatan yang menghasilkan pendapatan melalui
    pemberian kredit dan pembiayaan mikro. Kami adalah organisasi keuangan
    berkomitmen dalam membantu individu dan perusahaan memecahkan masalah keuangan dan kesulitan yang tersedia bahwa Anda serius dan dapat diandalkan. Kirimkan saya aplikasi Anda untuk kredit. Kami sepenuhnya di pembuangan Anda. Tingkat bunga kami 2% sampai 15% tergantung
    pada jumlah pinjaman. Kami memiliki modal sebesar $ 1.000.000 kami ingin menawarkan Anda.
    Anda yang juga ditolak oleh bank karena catatan Anda tidak cocok
    status, atas keprihatinan untuk saat ini karena kondisi pasokan pinjaman saya
    sangat sederhana dan dapat diakses oleh semua orang.
    Hubungi kami sekarang email kami;

    Citigroup@qualityservice.com
    Telepon: +447087690378
    Citigr.wordpress.com

  19. Iya gan… usaha dengan hutang riba itu cuma awalnya seneng, usahanya keliatan. Tapi, di tengah jalan pasti stress mikir utang dimana-mana dan harus segera mendapatkan profit untuk membayar hutangnya. Dan yang gak kuat tahu lah…. pasti menghilangkan dirinya dari dunia ini. Memang setelah dirinya hilang hutang langsung lunas? Tentu enggak… kalo punya keluarga, tentu keluarganya yang dikejar-kejar. Nah lho… malah ngrepotin orang lain kan? πŸ™

    http://honbookstore.com

  20. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah kamu berhutang Inilah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha dan pinjaman korporasi dan semua jenis pinjaman dengan 2% bunga untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui e-mail (FERNANTINALOAN@GMAIL.COM)

1 Trackback / Pingback

  1. Berhenti Hobi Kredit, Biar Hidup Berkah | Bebas Hutang Riba

Tinggalkan Balasan