Khasiat Buah Manggis dan Tips Memilih Buah Manggis

Habis musim durian, terbitlah musim manggis. Buah yang lagi naik daun untuk pengobatan ini emang lagi sedang puncak musim berbuah.

Akhir-akhir ini, Buah Manggis emang sedang ngetren untuk pengobatan baik kulit maupun buahnya. Katanya sih, terutama bagian kulit mengandung senyawaย Xanthones yang merupakan sekumpulan molekul biologi yang sangat aktif di dalam kulit (pericarp) buah manggis yang berwarna ungu.

Struktur berbentuk cincin segi enam dengan ikatan karbon kembar untuk memberi kestabilan kepadanya. Lebih 200 terdapat di alam, dimana 40 terdapat dalam buah manggis, terutama dibagian kulit (pericarp) buah manggis.

Fungsi xanthones adalah menjelajah seluruh tubuh, menetralkan radikal bebas, sehingga tubuh kita menjadi lebih bersih dan lebih sehat daripada sebelumnya. Xanthones yang terdapat dalam kulit manggis mempunyai sifat sebagai anti kanker, anti inflammatory, anti mikroba, menurunkan cholesterol dan lain-lain (sumber dari mbah google)

Baca Juga:   Astra Motor Yogyakarta Helat Kontes Layanan Honda Regional 2018

PERCAYA atau TIDAK? … Waktu kecil, klo R2B sakit selalu dicekoki sama si Mbah Putri dengan buah ini. Lalu Kulitnya di kasih air terus dikorek-korek lalu diminum sampai habis. Alhamdulillah bisa sembuh juga. ๐Ÿ˜‰

Nagh yang terbaru, tetangga R2B … Dua bulan yang lalu, dokter sudah angkat tangan menangani penyakit kankernya (tenggorokan dan batang otak). Alhamdulillah setelah di terapi pake manggis sekarang sudah berangsur membaik. ๐Ÿ˜‰

TIPS MEMILIH

Buah manggis klo dilihat dari kulit ada 2 macam. Yang 1 berwarna cerah dan 1 berwarna kusam.ย 

Dari penduduk desa, pengepul buah tidak membedakan, pokok’e manggis sekilo Rp.4200. Naghh, oleh pengepul baru dipilah mana yang warna cerah dan kusam.

Lalu dijual ke pengecer/grosir 7000/kg untuk warna cerah dan 6000/kg untuk yg kusam. Lalu pengecer buah mencampur yg kusam dan cerah terus dibanderol 8.000-10.000/kg nggak peduli kusam atau cerah. :mrgreen: Tapi klo beli langsung di pasar Sempu / Ngebel – Ponorogo, ย cuma 4800 / kg … milih sendiri lagi ๐Ÿ˜‰

Baca Juga:   Duh, Ngilu Lihat Honda Sonic Dilindas Truk Pasir

Naghh, lalu mana buah manggis yang enak. Yang warna kusam atau warna cerah?

Dont judge the book by its cover, jangan terkecoh dengan kemasan. Karena Buah Manggis yang paling enak, manis dan kulitnya tipissszz adalah yang warna kusam.

Nihh buktinya … Klo yang warna cerah, kulitnya lebih tebal dan kadang belum matang.

R2B sendiri sebenare nggak terlalu maniak sama ini buah, Nggak doyan-doyan amat, mungkin trauma masa kecil dulu sering dicekoki sama eyang putri. Yang paling doyan ya si anak lanang, weleh jiannn tenann nggak bisa dipenging.

roda2blog di sosial media

23 Komentar

    • Untuk Kulitnya bisa dibikin jus
      klo atau dikasih air terus dikerok pake sendok kulitnya tipis-tipis saja … pahit emang tapi banyak khasiatnya
      Klo buahnya ya dimakan saja, tapi awas yaang besar bijinya jangan ditelan ๐Ÿ˜‰

  1. Susah juga kadang yang mulus kulit tebal daging tebal yang warna kusam kadang kulit tipis daging juga tipis karena bijinya segede tangki bison..yang biasa paling cuma pake feeling sambil pencet buahnya,kalo yang ga tau sama persis seperti main judi ato undian berhadiah daging buah xixixi…kalo kebanyakan bisa mencret lho…pengalaman waktu kecil

  2. rasa segernya bikin stamina ikut seger..
    maknyuss.. hampir tak ada buah yg ga bermanfaat bagi makhluk hidup..

    syg g mudah nyarinya klo g ke daerah penghasilnya..

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Khasiat Buah Manggis dan Tips Memilih Buah Manggis « ayoborong
  2. Khasiat Buah Manggis dan Tips Memilih Buah Manggis | BukanPenipu Blog

Tinggalkan Balasan