Pilih mana?, Naik Haji lagi atau Umrah di Bulan Ramadhan

Sekedar share dan berbagi kisah saja ๐Ÿ˜‰

Haji adalah satu dari lima rukun Islam. Ibadah yang satu ini menuntut kekuatan fisik dan finansial. alhamdulillah, walau meski jauh jarak Mekkah dan Indonesia, dan biaya-nya mahal, setiap tahun kuota jamaah haji Indonesia selalu yang terbesar.

Yang menjadi masalah di Indonesia adalah penataan keberangkatan. Hal yang selalu dikeluhkan oleh panitia Haji Arab Saudi. Pihak Arab Saudi selalu mengingatkan bahwa Haji yang wajib cuma 1 kali, selebihnya hanya sunnah. Bahkan menurut seorang Ustadz, fadhilah haji ke-dua masih kalah dengan Umrah di Bulan Ramadhan. ๐Ÿ™„

Dengan kuota 200.000 jamaah per-tahun, seharusnya sejak tahun 2000 … seluruh Rakyat Indonesia ini sudah bergelar Haji … Itu klo ada pembatasan seperti di Arab. Orang Saudi, hanya boleh berhaji 7 tahun sekali. Orang Qatar, 3 tahun sekali.

Sedang di Indonesia? …. tidak ada!.

Terjadi semacam pendzoliman, mereka yang ingin menunaikan “Haji Wajib” dihalangi oleh mereka yang mengerjakan “Haji Sunnah”. Semacam orang yang mau sholat Maghrib, tapi masjid dipenuhi oleh orang-orang yang ngotot melaksanakan Sholat Sunnah Bakdiyah sehingga orang yang mau mengerjakan sholat maghrib terhalang. ๐Ÿ˜‰

Artikel ini bil-khusus untuk yang sudah berhaji lho ya? agar lebih bijak menimbang pahala Haji Sunnah (Haji ke-2) dengan Umrah Ramadhan, termasuk biaya. ย bil-umum untuk yang merindu Baitullah dan sedang galau milih mongtor … ya mending untuk umrah dulu lahh ๐Ÿ˜‰

(Soal Ketenangan Batin) Pagi itu dilantai paling atas, selepas sholat subuh … sembari memandang kakbah dan menanti mentari, sembari mengejar target khatam al-Qur’an. Karena di bulan ramadhan, 1 kali khatam al-Qur’an di al-Harram dilipatgandakan 4 juta kali mas bro. ๐Ÿ˜ฏ … cara menghitungnya di bawah, Allah Maha Kaya, jadi matre sama Allah boleh dong ๐Ÿ˜‰

Rehat mengaji, tiba-tiba saya tertarik dengan bapak yang berada disamping saya yang sedang melamun.

Beliau berasal dari Kutai – Kalimantan, sudah berhaji 5 kali, tapi baru kali ini merasakan Umrah Ramadhan. Dan beliau merasa sangat menyesal. Selama berhaji 5 kali (rata-rata 30 hari di Mekkah), beliau lebih banyak di penginapan menunggu hari haji, lalu sesudah hari haji sibuk mencari oleh-oleh di pasar seng.

Hanya beberapa kali saja dia sholat di Masjidil Haram, karena lebih memilih sholat di masjid yang dekat penginapan atau malah kadang di kamar.

Di umrah Ramadhan ini, tak satupun dari 20 raka’at tarawih dia tinggalkan, apalagi sholat wajib, selalu hadir. Bahkan dia berharap, 100 rakaat pun sanggup berdiri. Di 5 musim Haji yang telah dia lalui, paling hanya 10 kali dia mendengar gema ayat al-Qur’an di Masjidil Haram.

Tapi sekarang (umrah Ramadhan) luar biasa, suara al-Qur’an yang dibaca itu menggetarkan dinding Qalbunya, terutama ketika Imam Sudais membaca do’a Qunut di sholat witir. Semua terasa hening, baru kali ini dia merasakan berbicara langsung kepada Allah dalam setiap “amin” yang dia lafalkan.

Baca Juga:   Kenali Silsilah Hape Lenovo Biar Enggak Tertipu

“Semangat beribadah, itu yang tidak saya temukan dalam Haji ke-2 sampai ke-5 saya. Yagh karena merasa sudah pengalaman dan senior, Haji ke-2 sampai ke-5 tak lebih dari sekedar beribadah 5 hari … lalu selebihnya cuma jalan-jalan mengajak kenalan ke sana-sini. Tapi di Umrah ramadhan ini, semuanya nuansa ibadah, saya sampai merasa rugi klo jalan-jalan ke pasar. Rasanya persis seperti Haji pertama kali dulu. Bahkan saya merasa baru pertama kali ini ke Mekkah”

konsep masa depan Baitullah … koyo Manhattan wae ๐Ÿ™„

(Fadhilah Beribadah selama Umrah Ramadhan)

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงูุจู’ู†ู ุนูŽุจูŽู‘ุง ุณู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุงุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ ู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู…ูŽ ู„ุงูุกูู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉู ู…ูู†ูŽ ุงู’ู„ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑู : ู…ูŽุง ู…ูŽู†ูŽุนูŽูƒูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุญูุฌูู‘ู‰ ู…ูŽุนูŽู†ูŽุงุŸุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ : ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู†ูŽุง ู†ูŽุงุถูุญูŒุŒ ููŽุฑูŽูƒูุจูŽู‡ู ุฃูŽุจููˆู’ ููู„ุงูŽู†ูุŒ ูˆูŽุงุจู’ู†ูŽู‡ูุŒ ู„ูุฒูŽูˆู’ุฌูู‡ูŽุงุŒ ูˆูŽุงุจู’ู†ูู‡ูŽุงุŒ ูˆูŽุชูŽุฑูŽูƒูŽ ู†ูŽุงุถูุญูŽุง ู†ูŽู†ู’ุถูŽุญู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู. ู‚ูŽุงู„ูŽ : ููŽุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ู ุงุนู’ุชูŽู…ูุฑูู‰ ูููŠู’ู‡ูุŒ ููŽุฅูู†ูŽู‘ ุนูู…ู’ุฑูŽุฉู‹ ููู‰ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุญูŽุฌูŽู‘ุฉู‹

โ€œIbnu Abbas Radhiyallahu โ€˜anhuma berkata, โ€˜Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam berkata kepada seorang wanita dari kalangan Anshar, โ€˜Apa yang menghalangimu untuk haji bersama kami?โ€™ Wanita itu menjawab, โ€˜Kami mempunyai onta yang kami pergunakan untuk mengairi. Lalu Abu Fulan menaikinya, begitu pula anak onta itu bagi istrinya dan anaknya, dan dia meninggalkan seekor unta agar dipergunakan untuk mengairiโ€™.

Beliau berkata, โ€˜Apabila datang bulan Ramadhan, maka umrahlah pada bulan itu, karena umrah pada bulan Ramadhan serupa dengan hajiโ€ [1]

Meski berpahala sama dengan Haji, tapi umrah ramadhan tetap tidak menggugurkan kewajiban haji, walau ada yang berpendapat menggugurkan. Maaf saya masih fakir ilmu, mohon koreksinya jika salah ๐Ÿ˜‰

A. 1 Kebaikan akan dilipatgandakan sampai 4.000.000 … luarr biasa ๐Ÿ˜ฏ kok bisa mas bro?ย 

Hitunganya 1 kebaikan x 100.000 (fadhilah masjidil haram) x 40 (fadilah Ramadhan) = 4.000.000 … begitu juga dengan sholat, dan segala amalan ibadah selama bulan Ramadhan selama di Masjidil haram.

B. Ada bonus malam lailatur Qadr … dimana beribadah pada malam itu, sama dengan ibadah selama 1000 bulan

C. Allah dan Rasulnya menjanjikan, yang sukses menjalani bulan ramadhan … ibarat bayi yang terlahir kembali, suci dari segala dosa. Wah, sama ya dengan pahala orang sukses ber-Haji “mabrur” … tapi ingat, hanya Allah yang menilai dan tahu hasil nilainya ๐Ÿ˜‰

Musim Haji 2016 akan jatuh pada musim panas, tapi Insya Allah proyek sudah selesai 2014

(Soal Biaya) Orang pertama yang saya jumpai pertama adalah sepasang suami-istri pensiunan Telkom asli Orang Madiun juga. berumur 60-an, sudah berhaji 2 kali. Dan 4 kali umrah Ramadhan full 35 hari.

Baca Juga:   Sirkuit Madiun, Nasibmu kini ...

Karena sudah berpengalaman, bila membeli paket umrah dari travel … biayanya hampir sama dengan Haji Plus 40jutaan tergantung tipe Hotelnya ๐Ÿ˜‰

Tapi kali yang ini, beliau memilih untuk mencari hotel sendiri. (Visa diuruskan lewat jasa) Dan ternyata total untuk hidup berdua selama 35 hari di Mekkah cuma 25 juta (bekal yang mereka). Bahkan bisa sisa, karena sudah hari ke 21 … uang bekal mereka masih lebih dari separo.

Maklum, selama bulan Ramadhan, ada banyak sekali dermawan yang menyediakan makanan untuk berbuka dan sahur.

(Yang Unik) Copet di lingkungan Mekkah selama Ramadhan nggak sebanyak ketika musim Haji. ๐Ÿ˜ˆ Yang menjadi ancaman justru adalah saat menjelang berbuka puasa atau ba’da Ashar.

Begitu usai sholat Ashar, “makelar” berbuka puasa akan menyelinapkan “sufrah/alas makan” dibawah karpet lalu mengawasi sembari bersandar dari tiang. Hebatnya, mereka ini bisa hafal wajah calon konsumenya. :mrgreen:

Naghh, berhubung banyak yang tidak beranjak dari tempatnya selepas ashar. Bila ada kepentingan mendesak seperti kekamar mandi, usahakan untuk menengok ke kanan atau kiri klo anda ingin meninggalkan sajadah (sebaiknya sajadah biarkan disitu, klo tidak … nanti dapet tempatnya di luar)

Ketika mau memasuki masjid lagi usahakan cari pintu yang terdekat dengan tempat tadi, anda akan menjadi barang rebutan para makelar. Bahkan tak jarang ada yang gendong :mrgreen: memaksa duduk ditempat yang dia sediakan. Insya Allah makelar buka puasa kita sudah hafal dengan wajah kita … akan segera datang menyelamatkan. ๐Ÿ˜‰

Meneladani Rasulullah, memberi kesempatan untuk yang lainya. Selama hayatnya, Rasulullah SAW hanya sekali menunaikan Ibadah Haji. Tapi Rasulullah empat kali melaksanakan Umrah.

#Tulisan ini hanya sekedar berbagi, bukan fatwa. ๐Ÿ˜‰

roda2blog di sosial media

43 Komentar

    • Sama seperti kenapa kok beli motorsport sedang masih ada orang miskin?

      Jawabnya, keseimbangan akan kebutuhan Rohani / Psikis
      Islam sudah mewajibkan zakat/sedekah sesuai proporsi di atas Haji. Haji No.5 dan Zakat No.4
      Orang yang naik haji/umrah juga belum tentu kaya kok ๐Ÿ˜‰

  1. milih mensodaqohkan uang untuk haji kedua/umrah kepada fakir miskin …

    satu lagi yg bikin resah saya, minta tolong mas barangkali punya channel di depag:

    yg menuh2in nomor urut kuota haji dengan biaya kredit bank (skema: bayar dp tabungan, bank yg akan melunasi biaya minimal untuk dapat nomor urut, selanjutnya biaya dicicil) . Mereka sebenernya belum wajib karena belum mampu.Tapi telah ada kezaliman terhadap orang yg sebenernya mampu penuh tanpa utang kredit bank. Mereka mampu untuk yg reguler tapi dapat indent 8 tahun, terhalang urutannya oleh orang yg sebenernya belum wajib (masih ngutang). Mau yg ONH plus biaya belum nyampe.

  2. Nabi Muhammad tinggal gak jauh dari tanah suci dan sangat kangen sama ka’bah. Tapi kehajinya cuma sekali seumur hidup. Umrah lima kali kalo gak salah !!! Orang Indonesia jaraknya ribuan kilometer. Kehajinya berkali-kali dan Umrah setahun bisa 2-3 kali ! Ck ck ck ck ….. orang Islam Indonesia niru ‘sunnah’ siapa seh?

  3. Boleh saja ke haji atau umrah berkali-kali, tapi coba perhatikan hadits qudsy (ini menyangkut shalat, tapi bisa ditarik ke ibadah ritual yang lain).
    “AKU HANYA MENERIMA SHALAT ORANG-ORANG YANG (KARENA SHALATNYA) : 1) MERENDAHKAN DIRI DI HADAPAN KEAGUNGANKU, 2) TIDAK SOMBONG KEPADA MAKHLUK-MAKHLUKKU, 3) TIDAK MENGULANG-ULANG MAKSIAT KEPADAKU, 4) MENYEMPATKAN ZIKIR DI SIANG HARI KEPADAKU, DAN 5) KASIH MEMBANTU ORANG-ORANG MISKIN, IBNU SABIL, PARA JANDA MISKIN DAN ORANG-ORANG YANG TERKENA MUSIBAH. (Islamuna, Sayyid Sabiq).

    Jika haji atau shalat kita tidak menumbuhkan 5 sikap di atas, sia-sia kita shalat jungkir balik, atau ke haji puluhan kali! Shalat atau ibadah kita kelak (dalam hadits yang lain disebutkan) akan dilipat-lipat oleh Allah seperti melipat kain yang kotor, kemudian dilemparkan ke wajah kita! Naudzubillah !!!

    Rasulullah ingin mengajarkan umatnya supaya tidak terjebak pada dimensi RITUAL dari ibadah. Tapi lebih menekankan SPIRIT dibalik RITUAL. Hindarkan egoisme spiritual, apapun alasannya !!!

  4. setuju jika haji harus cash, untuk memberi kesempatan kepada yang lebih berhak.
    Haji pun harusnya jangan berulang kali, biar bisa gantian dengan yang lain.
    Bagi yang berkeinginan berhaji ke sekian kali, mending dana haji digunakan untuk mengaplikasikan kehajiannya di masyarakat.

    Jika ada yang berhaji berulang kali namun terasa hambar, ada baiknya introspeksi diri, dan mohon ampun.

  5. selamat ulang tahun yang kang…. semoga dengan usia yang terus bertambah dan berkurangnya hidup dunia ini bisa menjadi hamba yang selalu taat kepada sang Pencipta…

    ๐Ÿ™‚

  6. orang Indo memang unik. ada yg sudah mampu haji, tapi masih ogah2an naik haji. tapi ada yg belum mampu malah kadang2 memaksakan diri naik haji. ada lagi yg kecanduan naik haji. tapi unt urusan korupsi kita memang jagonya. yg perlu kita ketahui adalah haji tdk ada hubungannya dg korupsi.
    salam..

    • Justru di kepanitiaan Haji itu yang banyak korupsinya
      Diantaranya:
      Bunga dana abadi
      Jatah peninjau Haji
      Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (Sekarang harus ikut!)
      Pendamping Haji
      Katering
      Travel bus

    • @amama ali: trims koreksinya. urusan perhajian pun ternyata tdk bersih dari masalah korupsi. ataukah malah lebih parah? ckckck…

  7. belum punya ongkosnya jadi ngak bisa milih, siapa tahu ada yg sudah Haji 7 kali mau ngasih dananya ke kami…. Sangat bijak bagi yg suda haji ngasih kesempatan bagi belum (ada saudara yang sudah pensiun nunggu sampai 7 tahun), tapi lihat berita banyak orang yang dengan mudahnya berangkat haji berkali kali. Kesannya malah seperti pamer… Bagi orang yg kaya mendingan dananya untuk bemberangkatkan ustad / kyai yang belum mampu naik haji… IMHO

  8. konsep masa depan Baitullah โ€ฆ koyo Manhattan wae
    modern banget mas
    itu kan konsep baitullah 2020
    sebenarnya kalau digali lebih dalam bentuk bangunan itu ada pesan tersendiri, kalau dilihat dari atas konsep bangunannya seperti telapak kaki, dan mengarah ke kota madinah.

  9. Haji Bambang Palasara mengomentari tautan.
    6 Juni
    Bambang Palasara
    8 September 2012.
    SYAFAR KE NEGERI PARA NABI.

    Selayang pandang serasa tunai sejenak bila hari ini jazad ini di syafarkan nan jauh ke negeri para Nabi & Bumi kehanifan.
    Detak nafas dan Ruh ini tlah bernaung rindu di ujung kemarau penantian untuk sujudkan dahi keangkuhan diamana pernah orang – orang mulia ciumkan keharuman hajar aswad.
    Taman – taman surga haparkan keharuman tiap langkah dia panduan malaikat penuntun di sela malaikat penyaksi.
    Luluh lantak rasanya syafar kedua di hari dunia dengan penggebiraan atas hiburan jiwa di mana pernah pasir putih terhampar sebagai syahid para sabiqun Al Islam.
    Sejenak rasanya tak ingin tertinggal ketika jendela jannah lambaikan daun nya di keharuman Raodhah.
    Betapa fakirnya insan hamba yang penuh dengan kelemahan di kefakiran akan hikmah Musdalifah.
    Bila hari ini mesti berpisah sejenak atau selamanya dengan kecintaan nmaun namun kerinduan dan keCintaan yang sesungguhnya tlah menanti di bumi dimana serambi surga terhamparkan di hamparan bumi Arafah.
    “Ya Rabby ijinkan hamba penuhi panggilanMu di Bait-Mu yang tersucikan dimana para utusanmu telah menjadi saksi akan tegaknya kalimahMu…..
    ” Ya Rabby ijinkan Ziarah Ruh & jazad ini senatiasa dalam naungan taufik-Mu.
    “Dengan kefakiran hamba mabrurkan tiap segala arkan dengan inayah Mu.
    ” LABAIKALLOH HUMA LABAIK LASYARIKALA KALABAIK INNALAHAMDA WANI’MATA LAKA WAL MUD LA SYRIKALA KALABAIK…. bila tahun ini hambamu kau ijinkan tempat di RumahMu ijinkan Ziarah lagi suatu saat bersama matahari di tangan kananku sang bidadari istriku… amin

  10. ya alloh,,,,,aq kerja di saudi 5 th belum pernah naik haji/umroh sekalipun,,,,aku tunggu panggilanmu wahai robku,,,,amiiin

Tinggalkan Balasan