Sejarah SH (1): Setia Hati Panti, Istiqomah mengolah hati

eyang suro 1

SETIA HATI. Sudah, itu saja nama asli perguruan asli Madiun ini. Tanpa embel-embel nama lain di belakangnya. Hanya SH.

Setia Hati bisa disebut sebagai organisasi yang lengkap. Mengajarkan bagaimana cara keluar dari permasalahan hidup, dengan menggabungkan kebutuhan jasmani dan rohani. Dua kebutuhan itu lalu dilebur dalam gerak indah untuk pertahanan diri, yang akhirnya diberi nama pencak silat. Pencak silat dalam arti untuk pertahanan lahir batin, bukan untuk gubrak-gabruk adu fisik.

Adalah Ki Ngabehi Surodiwiryo yang punya inisiatif untuk melahirkan ajaran Setia Hati. Di Jl Gajah Mada No 41, Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, ajaran ini mulai diperkenalkan oleh pria flamboyan yang akrab disapa Eyang Suro itu pada khalayak pada tahun 1903.

Baca Juga:   Apa sih Bee Pollen itu?

Artikel selengkapnya pindah ke babmusabab.blogspot.com

22 Komentar

  1. 1. “Dan hanya SH Panti yang mengaku masih menjalankan pakem ajaran asli Ki Ngabehi Surodiwiryo……” > lha yg lainnya menjalankan ajaran siapa mas..?
    2. “SH Terate, Organisasi, dan Tunas Muda memisahkan diri dari SH Panti. Tak ada hubungan organisasi atau keilmuan, kendati pada dasarnya berasal dari fondasi yang sama….” > kalo tidak ada hubungan keilmuan, yg lain ilmunya dapat dr mana mas..?

    trimsss mas

  2. Kalo Melihat kondisi sekarang, kenapa para anggota muda SHT & SH Tunas Muda saling serang satu sama lain…??

    Sebenarnya apa yang mereka perebutkan…??

    Dan kenapa SH Tunas Muda Menggunakan tahun 1903 bukan 1966…???

    Mohon di klarifikasi biar jelas…..

    Thanks…

  3. Asalamualaikum..sedikit mau meluruskan ,antara sh winongo dan panti itu beda, mereka sdh berdiri sendiri-sendiri,sdh tdk ada hubnganya sm skali,sh panti punya misi sendiri,sh winongo pun jg demikian, mengenai tingkatn keilmuan di sh winongo yakni A-A 1,2,3 ini setara dng warga 1,2,3 pd sh terate, sedangkan pengkeceran orang yg baru masuk di sh winongo pdsaat pendaftaran mereka disebut saudara ,kalo di sh terate setara dngan sebutan siswa, jdi sh winongo tidak mengenal istilah WARGA, skian trimakasih.

    • sayasedikit meluruskan …istilah SH panti itu tidak ada SH ..ya SH ..dulu SH pada saat berdiriny 1903 karena bertempat di desa winongo sehingga disebut sebagai SH winongo….sedangkan rumah KI ngabehi Suro Diwiryo sepeninggal beliau sekarang ini di jadikan panti SH untuk berlatih yng sam,pai sekarang disebut dengan Kasepuhan

  4. aku tak tahu mengenai sh teratai tapi aku ikut sh
    yang hanya bisa di masuki oleh 2 orang itu benar adanya.
    aku mungkin sh panti. aku tak kenal siswa ataupun warga seperti di psht atau winongo.
    selama hampir 14 thun lebih aku mengenal sh. kenapa semua orang bertengkar karena ini

  5. Kalo orang awam,trus ikut ke 3 SH tersebut bagaimana?
    Misal,prtama dia ikut SH tunas muda tingkat A1,kmudian ikut SHT lulus tingkt 1,kmudian trakhir ikut SH panti boleh ga? Dgn catatan dia hanya mencari ilmu bukan membandingkan ilmu… Krna dri yg sya baca sejarah eyang suro berguru di mana2…

    Trima ksih…

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Mengenal Setia Hati, Aliran Pencak Silat yang Paling Disegani di Indonesia - iKocak
  2. Mengenal Setia Hati, Aliran Pencak Silat yang Paling Disegani di Indonesia – ANJIIR VIRAL
  3. Mengenal Setia Hati, Aliran Pencak Silat yang Paling Disegani di Indonesia - NegaraIslam

Tinggalkan Balasan