Surat Edaran Kemenag tentang MLM umroh dan Haji PT. Arminareka

Surat edaran ini saya terima akhir tahun kemaren, jadi bila ada revisi dari surat edaran ini mohon untuk diberitahukan via emaik ya.

Sistem penjualan MLM saat ini memang bertransformasi ke arah money game, bukan lagi soal jual beli barang, distribusi produk, tapi bagaimana caranya member get member.

Elu gue injek biar gue cepet dapet bonus, soal nasib situ, ya egp!

Berikut surat edaran kemenag tentang MLM UMROH DAN HAJI PT ARMINAREKA Perdana

image

Baca Juga:   Rossi Ke Ducati, Juara Sejati atau Unperfect Legend?

roda2blog di sosial media

65 Komentar

  1. karena kepincut ane jd member tahun 2011 klo nggak salah,krn ada dewan syariahnya, bgt sdh bayar menyesal dah ane, stlh di renungkan emang bakalan ada yg trzalimi yg di bawah..akhirnya ane nggak kembangkan, yah paling untuk dpt voucer 3,5jt sj klo umroh

  2. Banyak yang mengatakan atau menganggap Solusi Usaha yang diberikan oleh PT Arminareka Perdana adalah sama dengan MLM (Multi Level Marketing) karena di Arminareka juga menggunakan sistem upline downline. Namun, ternyata HAK USAHA ARMINAREKA PERDANA ini sangat jauh berbeda dengan Sistem MLM yang banyak di kenal orang.

    Banyak yang takut untuk bergabung bersama Biro Perjalanan Haji Plus dan Umroh PT Arminareka Perdana karena sistem mencari jemaah tersebut. Takut penipuan, takut penggelapan uang jemaah, bangkrut atau lainnya. Untuk itu, di sini saya akan memberikan penjelasan mengenai perbedaan Program Solusi Arminareka dengan program MLM. Berikut penjelasannya melalui tabel di bawah :

    Berikut Penjelasan Perbedaan Program Solusi Arminareka Perdana Dengan MLM

    MULTI LEVEL MARKETING

    PROGRAM SOLUSI ARMINA
    PRODUK
    MLM
    Produk MLM biasanya spesial atau unik atau tidak di produksi oleh perusahaan lain, sehingga untuk mendapatkan produk tersebut harus melalui perusahaan tidak bisa ke lain.
    ARMINEKA
    Arminareka Perdana produknya perjalanan umroh dan haji plus yg tidak khusus Arminareka Perdana saja yang menyelenggarakan, perusahaan lain juga banyak yang menyelenggarakannya.
    HARGA
    MLM
    Harga biasanya terbagi 2 yaitu ada harga konsumen dan harga distributor ketika menjadi anggota
    ARMINEKA
    Harga cuma SATU yang berlaku sama antara jamaah yang langsung berangkat tanpa menjalankan hak bisnisnya dengan jamaah yang sejak awal memang berniat menjalankan program solusi
    TUTUP POINT
    MLM
    Ada tutup point yaitu kewajiban membeli produk perbulan, kalau tidak mencapai tutup point bonus di bulan yang bersangkutan tidak akan keluar.
    ARMINEKA
    Arminareka Perdana tidak ada tutup point, karena memakai sistem komisi / bagi hasil. Ketika kita mengajak jamaah maka LANGSUNG dapat komisi pada minggu yang bersangkutan.
    Dengan sistem jaringan, bisa juga berharap komisi dari jaringan di bawahnya (karena Arminareka Perdana merancang suatu sistem dimana kita sebagai muslim diharapkan bisa membantu sesama jamaah di groupnya agar lebih mudah ke tanah suci).
    KEPANGKATAN/LEVEL
    MLM
    MLM biasanya ada level kepangkatan berdasarkan syarat-syarat tertentu, misal, agen-distributor-manajer-direktur, dst.
    ARMINEKA
    Di Arminareka Perdana tidak ada, perbedaannya hanya ada yang jadi JAMAAH BIASA dan ada yang jadi AGEN atau PERWAKILAN yang membentu pemberangkatan jamaah.
    JANGKA WAKTU
    MLM
    MLM biasanya produknya ada masa kadarluarsanya
    ARMINEKA
    Arminareka Perdana produknya umroh dan haji plus yang tanpa batas waktu.
    KEBUTUHAN
    MLM
    MLM biasanya produk konsumsi
    ARMINEKA
    Arminareka Perdana memfasilitasi calon jamaah untuk beribadah umroh/haji. Berkaitan dengan dunia akhirat.

    Lantas dari mana untungnya perusahaan jika komisi banyak dikeluarkan untuk calon jamaah? Perusahaan masih mendapatkan untung dari :

    Margin tiket maskapai penerbangan: semakin banyak pesan tiket, perusahaan akan mendapatkan diskon dari maskapai dengan selisih harga yang cukup banyak. Arminareka Perdana kemudian menjual ke jamaah dengan harga normal di pasaran.
    Margin Hotel : semakin banyak yang booking hotel, Arminareka Perdana juga akan mendapatkan diskon dari pihak manajemen hotel di tanah suci dengan selisih harga yang cukup banyak. Arminareka Perdana kemudian menjual ke jamaah dengan harga normal di pasaran.
    Arminareka Perdana juga mendapatkan bonus dari pihak asuransi, supplier koper dan perlengkapan umroh dan haji plus, biaya admin, dan lain lain
    Tahun 2011, Alhamdulillah Arminareka Perdana memberangkatkan 12.300 jamaah umroh dan 525 jamaah haji plus seluruh Indonesia. Nah, silahkan anda coba bayangkan margin keuntungannya.
    

    Bagi hasil yang diberikan jamaah juga berasal dari dana iklan tahunan Arminareka Perdana. Daripada promosi ke majalah, televisi atau membayar artis, lebih baik bonusnya dibagikan untuk calon jamaah atau alumni jamaah yang berjasa memperkenalkan biro travel umrah dan haji plus Arminreka Perdana kepada banyak orang.

    Sebelumnya pemasaran Arminareka Perdana maupun biro travel umroh dan haji lain, lebih fokus menggunakan jasa ustad dan kyai di salah satu KBIH, Yayasan atau Masjid, Jadi jika berhasil mengajak jamaah, ustad dan kyai tersebut akan mendapatkan jatah umroh/haji plus atau bagi hasil diberikan berupa uang tunai. Sehingga banyak ustad dan kyai yang bisa bolak balik ke tanah suci dan banyak yang sejahtera secara materiil.

    Sekarang Arminareka Perdana dengan visi dan misi agar lebih banyak masyarakat Indonesia bisa mampu ke Tanah Suci dan bahkan bisa GRATIS dan bisa mensejakterakan kehidupan keluarganya, Arminareka Perdana merubah strategi pemasarannya dengan memperkenalkan Program Solusi Hak Usaha yang terbuka untuk siapapun mulai dari karyawan, guru, pensiunan bahkan pengangguran yang berkeinginan kuat untuk merubah hidupnya.

    Apakah Program Solusi Hak Usaha ini Halal secara Agama? Di dalam suatu unsur halal haramnya suatu muamallah, ada tiga hal yang penting dalam fiqih.

    Pertama, tak boleh ada ghoror (unsur penipuan).
    Kedua tak boleh ada unsur judi.
    Ketiga tak boleh ada unsur riba (bunga).
    

    Bila salah satu dari tiga ini sudah ada di muamallah berarti HARAM. Kalau ketiga-ketiganya tidak ada, berarti tidak apa-apa. Itu salah satu sebabnya Arminareka Perdana pernah mendapatkan sertifikasi bisnis syariah dari MUI.

    Program Solusi ini sudah berjalan mulai 2008, bila memang terbukti merugikan dan banyak jamaah tidak berangkat, pastinya Kementrian Agama sudah mencabut ijin usaha Arminareka Perdana yang sudah berjalan sejak 1990 dan MUI tidak mungkin mau mengeluarkan sertifikat bisnis halalnya.
    Selain itu, tidak seperti travel haji umrah lainnya, Arminareka Perdana memberikan bukti legalitasnya pada seluruh agen/perwakilan/jamaahnya. Dengan demikian bisa dibuktikan dengan melakukan cross check bahwa Arminareka Perdana adalah Biro Haji Plus dan Umrah Resmi yang terdaftar Di Kementrian Agama dan instansi lain yang terkait dengan usaha Tour Travel.

    Jika ada yang mempertanyakan, Umrah Haji berkaitan dengan urusan akhirat & agama, kenapa dibisniskan? Hal ini sama saja dengan para mahasiswa yang sekolah AGAMA di Kairo, mereka tetap dikenakan biaya SPP dll. Jadi biaya tersebut memang tetap diperlukan karena menyangkut muamalat (Muamalat itu adalah semua hukum syariat yang bersangkutan dengan urusan dunia,dengan memandang aktivitas hidup seseorang seperti jual-beli, tukar-menukar, pinjam-meminjam dan sebagainya. Muamalat juga merupakan tatacara atau peraturan dalam perhubungan manusia sesama manusia untuk memenuhi keperluan masing-masing yang berlandaskan syariat Allah SWT yang melibatkan bidang ekonomi dan sosial Islam). Dimana uang menjadi media agar tujuan dari aktivitas kita baik yang hanya berkaitan dengan dunia maupun terkait dengan akherat bisa tercapai.

  3. SAYA BACA SURAT EDARAN KEMENTERIAN AGAMA RI TGL 26 DESEMBER 2012 DEWAN SYARIAH NASIONAL TELAH MENCABUT REKOMENDASI DEWAN PENGAWAS SYARIAH (DPS) DAN SERTIPIKAT SYARIAH TERHADAP PT. ARMINAREKA PERDANA TENTANG PENJUALAN LANGSUNG BERJENJANG SYARIAH (PLBS) ATAU MLM SEJAHK TANGGAL 13 AGUSTUS 2012, JADI INI MAKSUDNYA GIMANA MOHON PENJELASANNYA, MAKASIH

  4. wah berarti enak banget yak…ente tinggal ngajakin org buat umroh gitu terus ente dapet komisi..cuma ngajakin doang….gitu kan maksudnya program solusi nya…

    • maaf klo boleh sharing..
      Syiar memang tujuannya bukan fulus, tapi syiar dampaknya atau fadhilahnya fulus/rejeki.. contoh klo sy bekerja di sbuah dealer trs klo sy berhasil menjual 1 unit motor saya dpt komisi 100rb klo 2 unit dpt 200rb, itu halal ndak? trs contoh lagi klo saya seorang pengajar agama di sebuah instansi trs sy dapat bayaran itu halal ndak?padahal mengajarkan agama itu merupakan syiar untuk menjaga eksistensi agama islam..
      Sama halnya dengan perusahaan tour n travel umroh dan haji yang memberikan informasi umroh dan haji kepada setiap orang dengan cara yang benar dan tidak memaksa. Karena klo tidak ada perusahaan tersebut kita tidak bisa berangkat umroh/haji karena keterbatasan wewenang di suatu negara.

  5. Informasi menyesatkan.. Format nomor Surat Edaran yang dikeluarkan dari Dirjen PHU tidak seperti itu, dan sudah saya kroscek dengan Ditjen PHU maka Surat Edaran dengan Nomor tersebut tidak ada didata base Ditjen PHU.

  6. Kementerian Agama tidak mempunyai satker yang namanya Kepala KAU.. jadi ini informasi yang tidak mempunyai dasar.. menyesatkan

  7. Sedikit cerita.
    Sempat pula lho sy diprospek orng arminareka…dia bilang “kamu adlh tentaranya allah bersyiar baitullah”. Kita seperti nabi ibrahim yg syiar baitullah.
    Kita bahas yuk.
    1. Jk syiar maka tdk ada tujuan fulus. Udah jng munafik. Anda gabung di arminareka krn anda tertarik dng bonus yg banyak dng moto kaya berkah. Ketahuilah anda telah menjual ayat2 allah dan hadist demi uang. Masih gak percaya? Sy kasih logika. Seorng ustadz berceramah ” shodaqohlah kalian membantu dakwah nabi, salah satunya sodaqoh pd kyai spt sy, insya allah anda akan kaya”. Maka bnyk orng sodaqoh ke dia. Masib blum kebuka juga hatinya? …baiklah sy jabarkan..
    Anda kan bilang ke jamaah yg target dikibulin dng DP 3.5jt menunjukkan anda niat umroh dan akan menjadi tamu allah dab dosanya diampuni. Eh…..anda pasti pengen mereka daftar di anda..anda dpt bonus..
    Bedakan jk anda syiar, “marilah umroh. Anda bisa daftar di travel mana saja”. Anda datang dng tanpa embel2 perusahaan penipu arminareka maka orng akan memilih sendiri travelnya.
    Jd ini bisnis menjual agama…masih mau beralasan…
    Knp anda tdk terbuka hatinya? Krn anda sdh bnyk makan makanan haram shg buta mata hatinya tdk bisa melihat yg bener2..perlu anda ketahui..sy jg mantan pesyiar arminareka lho bos…tp sadar…masak anda semua gak sadar2…gak ada pekerjaan lain ta bro.
    Wslm

  8. Contoh MLM yang mana obyek akadnya adalah jasa pemberangkatan haji atau umroh, meskipun ini merupakan jasa haji atau umroh harus diwaspadai. Alasanya adalah

    terjadi kasus penipuan money game dengan kedok MLM Haji yang kasusunya telah ditangani oleh Polda Jatim, kasus ini melibatkan Yayasan amal Muslim Indonesia (YAMI) yang berkantor di Hotel brantas Jalan kayun no 76-88 Surabaya. dan GoldQuest dan telah menipu dana masyarakat 4.5 M lebih.
    MLM yang menjual jasa akan sangat sulit memenuhi akadnya secara syar’I, karena MLM dalam bidang jasa akan cenderung menggunakan system binary, system pyramid/ skema ponzi yang sebenarnya adalah sebuah money game yg dalam fiqh disebut dengan maysir (judi).
    System binary akan mengalami perkembangan sangat cepat karena setiap member didorong untuk memiliki keanggotaan lebh dari satu, biasanya mrk didorng untuk memiliki membership 1, 3, 7 atau 15 dan system yang mereka miliki akan selalu gagal karena perkembangan yg sangat cepat diluar kemampuan para programmer dan perusahaan.

    4.MLM dalam bidang jasa, haji misalnya, akan kesulitan memberikan jasa kepada member yang telah mendaftar atau membayar, karena setiap jasa yg diberikan harus melibatkan adanya sejumlah downline tertentu. Misalnya untuk memberangkatkan haji 1 member harus ada 10 downline, utk memberangatkan 10 member harus ada100 downline, …. Utk memberangkatkan 1 juta member harus ada 10 juta downline, hal ini pasti akan mengalami titik jenuh, dan para member yang paling belakangan tidak akan dapat berangkat haji, dan perusahaan tidak akan mampu mengembalikan uang yg telah mereka bayarkan kepada perusahaan.

    Artinya apa? Artinya produk riil di sini adalah produk jelas, bukan produk tidak jelas atau jasa tidak jelas.

  9. Yg membela ini cari2 donline lagi biar bisa berangkat umroh kali yaaaa. Tak rasional tetap tak rasional. Harganya lebih dimahalin pulaaaaa. Uang 3.5 juta nya dibagi2 sama up line nya penipuan dan merugikan lah namanyaaaa kasihan donline yg paling bawah laaah. Kl ga berangkat bisakah uangnya diminta lagi?????

  10. Orang yang tidak niat ke baitullah macam2 comennya padahal dia tidak tau. Yang gak tau arminareka jangan komen.. Negatif tingking jangan kebangetanlah. Telusuri dulu kebenarannya

  11. Wah seru nee…nyimaak ajalah.

    Barusam td ikut seminar arminereka d hotel d pku, setelah pulang saya ceritakan ke orang awam sambil duduk minum. Komentarnya, wah itu bisnis berbaju agama…niatnya baik, caranya salah. Sudahhh pusing pusing mau umrah nabung di bank aja..sama saja kan?’ bedanya disana pakai Dp di bank tidak
    Dibank uang bisa kembali disana tidak kan? Ayo kemana uangnya?’ jika ragu maka tinggalkan..

    Itu kutipan di lapau goreng oleh seorang mantan preman pasar dan pns yang tampak sangat makan garam dengam prinsip cari uang

      • setiap pekerjaan pasti ada tantangan..diarminarika perdana setiap yang daftar memang uang nya tidak di kembalikan…tetapi kalau yang mendaftar tidak jadi pergi…kan dafat asuransinya…kalau yang bersangkutan meninggal bisa klaim asuransi ke PT.ARMINARIKA PERDANA..blh di buktikan…kalau travel lain kan tidak…semua itu tergantung pennyampai…

  12. Perlu diketahui, yg dicabut adalah surat sertifikasi halal nya dr MUI. Mengenai surat ijin biro nya memang masih ada. Pemerintah tdk mengecek mengenai sistem MLM atau PLBS (penjualan langsung berjenjang sesat) nya.

  13. Tinggal kan bisnis arminareka ini. Carilah rejeki lain. Ini bener2 bisnis haram berkedok agama. Yg dicari adlag uang. Mencari downline yg diperhalus dng jamaah. Keharaman yg dibungkus dng nuansa islami..tinggalkan. knp masih ngeyel wae. Ini bisnis haram…haram.

  14. Jadi bingung…selama di dunia yah emang UUD ( Ujung2nya Uang ) semua hnyalah suatu Lantaran hanya ALLAH yg bisa memudahkan dan melancarkan segala niat umatnya, bagaimana dan gimana selama umatnya masih mau ikhtiar dgn ketulusan hati pasti dibukakan Jalan yg terbaik oleh ALLAH sy juga rencana ingin bergabung dgn ARMINAREKA makanya lg posting dlu kebenarannya …

  15. menurut saya…..kita niatkan adalah kita ingin berumroh atau haji dan kalau ingin menjalankan hak usahanya jangan berniat mencari jamaah untuk gabung supaya kita dapat komisi….tapi niatkan bahwa kita niat mengajak orang untuk brkt umroh atau Haji karena memenuhi panggilanNYA…juga jangan dibumbu bumbui dengan hal hal manis…..yakinlah bahwa niat kita baik maka kalaupun ada rejeki itu datang nya dari Allah SWT…aamiin….

    • Mas cahyo…niat haji dan umroh adlh niat yg baik…tp perlu diketahui niat akan menjdi ibadah jk kita melaksanakan ditempat yg baik. Sdng anda tau bhw orng masuk arminareka adlh krn komisi yg ingin di dpt, bkn murni ibadah.

      Orng masuk arminareka kbnykan krn tekanan ekonomi. Anda lihat mottonya :kaya berkah.
      Kekayaan g akan berkah jk mengambil hak orng&bgmn mencari jamaah agar ikut dia kalau perlu mengambil paket kemitraan. Ini murni bisnis dng bungkus agama.
      Lihatlah dr sisi hati anda. Brp bnyk orng yg bayar DP di arminareka lalu DP itu tdk bisa kembali. Pdhl orng ini blum brngkat dan gak pasti berngkat. Inikah syiar? Syiar utk uang.
      Coba anda perhatikan ustadz2 yg masuk2 daerah2 terpencil atau jg di kota2, mrk mensyiarkan baitullah tp gak sdktpun di bayar dan minta bayaran.
      Nabi ibrohim pun tdk ada bayaran utk syiar baitullah. Arminareka melakukan syiar adlh supaya orng daftar di biro nya dan dpt uang. Anda cek sendiri jk tdk percaya.

      Sdng anda yg udah daftar adlh korban penipuan nya. Mahal umroh di arminareka mas.

      Kita bandingkan ya. Di tempat sy 12 hari 32jt dng pesawat saudi airlines. Hotel bintang 5.

      Anda di arminareka harga segitu cuman dpt bintang 4 dan 9 hari.. pesawatnya garuda airlines.

      Knp mahal? Krn adnya pemasaran komisi ke atas2nya (leader2 nya)…

  16. Kalau alasan nya masuk arminareka adlh bersyiar, maka syiarlah tanpa mengharap apa2. Spt kumpulan dai2 yg bersyiar ke baitullah. Sdngkan niat ornv masuk krn tergiur komisi dan reward2. Mhn jng menyangkal ya, krn sy udah ampun2 di prospek orng arminareka. Tp alhamdulillah allah memberi hidayah.

    Kalau kalian di pameri “ini lho harta sy atau ini lho ada kyai dan se ustadz2 nya ikut kita, bisnis dng allah”. Maka ingatlah bhw mrk2 yg sebutan kyai dan ustadz2 ini adlh ulama yang su’. Rosulullah telah mengabarkan akan fitnah yg lebih kejam dr dajjal yaitu adnya ulama su'(ulama buruk). Mrk tlah menjual syiar2 allah demi mendptkan uang. Krn posisi nya di masyarakat dihormati. Maka hati2 sobat krn dlm kitab bidayah hidayah imam ghozaly di sebutkan : rosulullah bersabda:” manusia yg paling pedih siksanya di hari kiamat adlh orng alim yg tdk bermanfaat ilmunya”

    Telah bnyk sob..ulama2 yg sholeh yg hati2 yg telah mengharam kan bisnis macam seperti ini. Sngt bnyk sekali. Mrk mengambil dalil2 allah dan rosulullah utk menyelamatkan umat islam dan mrk tdk mengharap apapun.

    Ketauhilah sobat, menjual agama berupa syiar2 allah adlh sangat pedih siksaan nya.

    Tp hidayah memang dr allah. Anda pula akan mengeluarkan beribu2 alasan agar ttp eksis di bisnis ini. Kami hny memberikan arahan2 agar mengikuti jejak2 orng terdahulu yg sholeh dr segi amal dan ilmu yg sangat menjaga dr setiap makanan yg masuk ke dlm perutnya.

    Smg kalian semua mau berfikir dan merenungkan ini. Tinggalkan bisnis ini dan carilah yg lebih berkah…carilah….krn allah telah menjamin rizki kita…

  17. Akadnya apa ya?
    Trus uang yg sdh disetor,bisa diambil lg gak kl tdk jd brangkat umroh?
    Komisi yg didpt dg mengajak org lain,apakah bisa diambil atau diuangkan?
    Seharusnya bisa semua ya..tp kl gak bisa artinya meragukan,tinggalkanlah hal2 yg meragukan (syubhat)..
    Krn setan itu menggoda menjerumuskan manusia melalui syahwat dan syubhat..

  18. Untuk uang yang sudah disetorkan bila tidak jadi berangkat maka tidakbisa diambil. Bisa diambilpun tidak 100%. DP 3,5 juta pun susah untukdiminta lagi.

    • Uang DP 3.5 juta tdk bisa diambil lagi..knp? Krn telah dibagi2 ke leader2 dan perusahaan…
      Anda tdk sadar kalau ini money game…knp? Krn orng yg DP tdk ada jaminan akan umroh. Bs jd ditengah jalan dia butuh uang shg mnj tdk sunnah lagi umroh.
      Selain money game secara syariat adlh tdk boleh. Ini disebut jual beli DP/panjer/ uang jaminan. Jual beli semacam ini dilarang oleh rosulullah…pendpt yg kuat dlm madzab syafii adlh haram krn alasan nya memakan harta orang lain. Mana ada orng yg daftar blum brngkat umroh lalu diambil laba nya.

      Sy pernah tanyakan ke salah 1 ustadz MUI. “Bknkah MUI sdh membuat aturan dlm bisnis jaringan yg syariah ya”..maka ustadz itu menjawab “iya benar”. “Apakah itu artinya tdk ada bisnis jaringan di indonesia ini yg mampu memenuhi fatwa MUI ini ya ustadz” (tanya sy)…maka ustadz td menjawab “bhw tidaj ada bisnis jaringan di indonesia ini yg sesuai dng fatwa MUI”.

      Wahai orang arminareka anda mau berkilah bgmn lagi. Sadarlah anda telah menjual baitullah ini dng bisnis ala anda…allah tdk akan melepaskan anda semua. Takutlah kepada allah..

  19. Surat edaram diatas adlh tidak palsu…untuk memastikan, silahkan anda menghubungi kementrian agama.
    Krn dikota sy sendiri kementrian agama telah meneliti arminareka dan akhirnya membuat artikel agar dihindari umroh ala arminareka ini. Knp anda masih ngotot mencari2 alasan, ini palsy lah, nomor suratnya gak bener lah, surat kaleng lah, yg tanda tangan orang gak dikenal lah, suratnya ketikan nya gak bagus lah dan beribu alasan lain…anda beralasan seperti ini adalah karena perut? Kenpa krn perut…Tanyakan pd diri anda sendiri dan teman2 seperjuangan anda…”kawan anda masuk arminareka knp ya?”…suruh jawab jujur..maka jawaban nya adlah agar dpt reward, bisa kaya cepat…ini krn perut.
    Ada gak temen anda syiar yg gak dibayar arminareka…kalau ada coba mana tunjukkan…

  20. Diantara program arminareka adlh PROGRAM SOLUSI..apa maksud nya? Yaitu program buat mrk yg cukup bermodal niat dan jalankan usaha maka akan bisa brangkat umroh bahkan gratis.. sepintas kata2 ini menarik ya…tp kita akan teliti.
    PROGRAM SOLUSI=PROGRAM NGAJARI UMROH NGUTANG PADA JAMAAH.
    Program ini cukup ambil paket 13 dng harga 19.5jt atau daftar aja sbg DP dng 3.5 jt maka bisa menjalankan usaha.
    Maksudnya gini lho sobat…anda cukup cari 11 orng (tiap orng DP 3.5 jt)lalu dpt komisi 1.5juta…dan jk berpasangan dpt 500rb lagi. Brarti anda akan bisa dpt 1 tiket umroh gratis. Kok bisa ??? Ya bisa krn anda dpt komisi dr orang2 yg DP 3.5 juta tadi. Padahal orang 11 ini blum pasti berangkat. Ini artinya anda mengambil komisi dulu dan brngkatnya kapan2 aja biar dipikir sendiri ama yg daftar. Lha ini adalah sama artinya anda menghutang 1.5 juta plus komisi pasangan kpd orang2 yg daftar. Komisi= uang hutang… (kan blum brngkat, mana bisa dikatakan laba)..
    Kalau sewaktu2 orng 11 td mau membatalkan DP nya maka gak bisa. Bisa nya voucher dijual atau di alihkan. Yg repot siapa? Ya orang yg daftar ini lagi bung.. knp gak bisa diambil uang nya?? Krn udah dipake but umroh dan dah dibagi2 ke semua leader2 dan perusahaan…

    Kesimpulan nya PROGRAM SOLUSI =PROGRAM HUTANG

  21. Mas ibra…sy bantu mas..

    Arminareka cari alasan2.

    :Jika ada yang mempertanyakan, Umrah Haji berkaitan dengan urusan akhirat & agama, kenapa dibisniskan? Hal ini sama saja dengan para mahasiswa yang sekolah AGAMA di Kairo, mereka tetap dikenakan biaya SPP dll. Jadi biaya tersebut memang tetap diperlukan karena menyangkut muamalat (Muamalat itu adalah semua hukum syariat yang bersangkutan dengan urusan dunia,dengan memandang aktivitas hidup seseorang seperti jual-beli, tukar-menukar, pinjam-meminjam dan sebagainya. Muamalat juga merupakan tatacara atau peraturan dalam perhubungan manusia sesama manusia untuk memenuhi keperluan masing-masing yang berlandaskan syariat Allah SWT yang melibatkan bidang ekonomi dan sosial Islam). Dimana uang menjadi media agar tujuan dari aktivitas kita baik yang hanya berkaitan dengan dunia maupun terkait dengan akherat bisa tercapai.

    Jawab:
    Kalian beralasan seperti itu adalah
    1. Kalian anggap orng yg kuliah di kairo adlh bisnis. Kalian samakan orng menuntut ilmu dng bisnis umroh.
    Kita lihat dalil nya aja 2 perkara ini.
    -menuntut ilmu adlh hkm nya wajib bagi umat islam. (Tholabul ilmi faridhotun ala kulli muslimin dan muslimat).
    – umroh adlh hukumnya sunnah bagi yg mampu.

    Maka perkara menuntut ilmu itu adlh ibadah yg wajib yg setiap saat harus di tuntut. Sdng perkara umroh tdk harus dilaksanakan bagi yg gak mampu…walaupun mampu tp tdk melaksanakan maka hukumnya tetep sunnah tdk berdosa. Beda dng menuntut ilmu hukumnya wajib dan dosa bila tdk melaksanakan
    2. Anda memandang bhw bisnis umroh ini adlh bagian ibadah.
    Ketahuilah bhw bisnis ibadah itu diharamkan. Bedakan dng seorang yg melayani oranf umroh lalu dia berkata seperti ini ” biaya umroh anda 15 juta tp sy jg butuh uang buat nguruskan anda dan gaji pegawai2 saya sekitar 8juta”. Disini terdpt akad yg jelas. Uang 8juta td adlh jasa pengurusan yg saling ridho dr ke2 belah pihak. Bedakan dng anda yg cari laba dr ibadah umroh ini dan tdk ada kejelasan akad? Knp?
    Krn anda pakai sistem MLM yg harus di bagi2 komisi nya.

    3. Kalian anggap bahwa status hukum nya oranf menuntut ilmu sama seperti orang umroh jd harus dibayar layaknya SPP.
    Hukum belajar =wajib
    Hukum umroh =sunnah

    Maka uang SPP selama buat keperluan mendukung hal2 yg wajib maka menjadi wajiblah bayat SPP itu. Kaidah fiqh : Laa ya timu wajib illa fahuwa wajib (tdk sempurna kewajiban kecuali hal tersebut menjadi wajib). Maksudnya kewajiban menuntut ilmu tdk akan sempurna kecuali dengan membayar SPP sehingga membayar SPP adlh wajib…
    Kok bisa perkara umroh disandingkan dengan perkara menuntut ilmu..justru anda ini telah menjual agama inu dng sesuatu yg hina. Anda jual baitullah lewat MLM dng dalih menolong orang utk berumroh…

    Sadar2….cari pekerjaab lain

  22. Ketika orng arminareka berkata mengenai pecabutan sertifikasi halal oleh MUI “sertifikasi halal nya dicabut krn bnyk travel lain yg iri shg dicabutlag sertifikasi nya”.

    Maka jwb?
    1. Sumber nya dr mana perkataan itu? Apakah dr pemilik arminareka atau dr ketua MUI waktu itu (K.H. ma’ruf amin)
    2. Kalau dicabut kok tidak dikeluarkan sertifikat kehalalan semua travel oleh MUI?…tapi gak ada itu…parahnya dlm setiap seminar2 arminareka sertifikasi yg dipake adlh sertifikasi halal tahun 2012 yg udah dicabut. Kok gak pakai yg baru? Mana?? Hehehe…
    3. Bener ta travel2 lain iri? Bukan nya usaha travel adlh usaha membantu orng ibadah.kok bisa ada travel iri. Brarti travel lain memandang arminareka dlm menangani umroh adlah tujuan bisnis…bkn lagi menolong.

    Sobat2..kalian jng tertipu dng alasan2 mrk…yang halal dan haram itu jelas…ini bisnis umroh yg jelas keharaman nya…shg dicabut sertifikasi halal nya…

  23. Tapi kenapa pt. Arminareka malah jadi rowmodel/ percontohan bagi travel2 lain yg pingin cepat besar dan bisa rekrut banyak jamaah.

  24. Systemnya banyak ditiru oleh travel lain. Membangun sebuah system bagaimana agar supaya usaha banyak dikenal dan cepat berkembang. Dengan cara mengajak orang lain terlibat langsung dalam bisnisnya. Kalo cara konvensional system beli putus dimana orang mereferensikan orang lain dapet komisi habis itu ya sudah. Gak ada kelanjutannya. Logikanya begini kalo ibarat orang habis makan dari restoran enak setiap dia kasih referensi ke orang lain dia akan dapat komisi berkelanjutan. Makanya dengan system di PT. Arminareka orang akan dengan senang hati melakukan syiar. Tanpw paksaan. Kalo gak mau ya sudah nabungnya dilanjutin sampai bisa umroh.

    • Perlu sy luruskan. Tdk semua travel yg mencontoh sytem ala arminareka yg jelas2 haram..memang ada bbrp yg mencontoh krn tdk tau menahu bgmn fiqh jual beli dan bgmn memanajemen secara syar’i sistem pelayanan2 dlm umroh. Saudara kita di atas sdh menjelaskan bhw bisnis dlm ibadah adlah haram kecuali di situ ada akad yg jelas brp komisi diambil dr jamaah dan brp biaya buat berangkat.

      Ketahuilah bahwa agama ini bukan logika seperti hal nya orang makan tempe di restorran ternama lalu diberi komisi. Anda menyamakan umroh dng orang beli makanan di restoran. Otak anda otak bisnis…umroh itu ibadah gak sama dng orng jual beli tempe…ini bagian dr syariat islam.

      Mengenai mengajak orng terlibat langsung dlm arminareka ini sy istilah kan makelar. Makelar itu diperbolehkan jika:
      1, tdk ada biaya yg dikeluarkan ketika mjd makelar. Kalian kan utk bisa ikut jd jamaah plus biar dpt komisi berkelanjutan,harus DP 3,5 juta atau ambil paket 13 dng nilai 19,5jt.
      Contoh: sy punya tanah. Lalu sy umumkan ke seseorang . “wahai penduduk kampung,kalian bisa menjualkan tanah sy dng DP atau daftar 3,5 jt baru kalian bisa memasarkan tanah sy”…ini gak boleh akad sprt ini
      2. Tdk boleh makelar memakelari makelar lain. Bukan nya kalian memakelari dng buka agen kemitraan sampai puluhan..lalu leader2 anda akhirnya tdk tau siapa aja agen2 kemitraan dibawahnya..krn saking banyak nya. Jual beli semacam ini dilarang. Ini sama seperti MLM..atau Penjualan langsunh berjenjang syetan.

      Maka dr itu saudaraku,sadarlah kalian. Kalian terjebak dlm sitem jual beli yg sangat dilarang dlm agama kita. Kalian memakan hasil jerih payah orng dibawah2 kalian atau memakan uang calon jamaah yg belum pasti berangkat. Kalau kalian menyalahkan orang tdk jd berangkat krn malas bersyiar atau krn gak mau melanjutkan cicilan nya maka kalian telah telah menyalahi takdir allah. Krn yg membuat kita bisa berangkat atay tdk adlh krn panggilan allah. Bukan lantas daftar di arminareka pasti berangkat.

      Kalian bilang bhw kalian no.1 di indonesia. Stlh sy pelajari ,bhw itu gak bener. Krn yg berangkat2 umroh ya leader2 kalian aja bolak2. Kalian gak memikirkan nasib orng yg men DP lalu gak jd brngkat krn gak bisa cari orng lg sbnyk 11 orng (Orng yg DP 3,5jt). Lalu kalian brngkat dr hasil 1,5juta DP jamaah kalian. Dimana letak kehalalan nya?dimana?
      Ktk kalian sampai di indonesia lg maka sikap kalian tetep dan suka nyebut2kan telah umroh sekian2 kali. Ketahuilah para ulama zaman dahulu sngt merahasiakan ibadah yg dia jalani. Inilah keberkahan dlm ibadah….

      Ketahuilah dan jangan sombong dan jng merasa benar. Kalian lihat para koruptor atau para orng2 yg bekerja di sistem riba, setahun bisa umroh 5 kali dan gratis. Apa kalian gak lihat bgmn sikap mrk stlh pulang? Apa ya sprt ini kita?

      Sadarlah kalian. Sdh jng ngeyel terus

  25. Assalamu alaikum wr .wb

    Menyikapi dr berbagai komentar yg masuk,..
    Sy sbagai Hamba Allah SWT yg awam akan isi smua itu, hanya ingin menggaris bawahi…bahwasanya sudah jelas2 kita ketahui bersama…Allah akan memberi ganjaran pahala kpd hambanya yg menjalankan perintahNYA (dlm hal ini, melakukan kebaikan), contoh : Allah akan memberi pahala 27x lipat ktika hambanya menunaikan sholat di masjid, ketimbang sholat di rumah.

    Jadi, menurut Sy…itu artinya ktika melakukan suatu kebaikan berupa dlm hal ini mensyiarkan Baitullah mlalui media Armina…Allah selain memberi ganjaran pahala, juga memberi rejeki uang melalui Armina yg sdh dibantu promo travelnya…lantas knapa melebar kmana2 pembahasannya..?heheheehe,..

    Banyak yg bilang…agama kok dibisnisin..?!

    Sy telaah dr sudut pandang Sy, Armina nda membisniskan agama lho (ini yg mungkin hrs Sy luruskan ya).

    Armina itu bisnis travel yg menangani pemberangkatan Umrah…ibadah Umrahnya sih gratis, cuma warga negara Indonesia utk bs nyampe Baitullah, kan perlu biaya akomodasi..
    Apakah pesawatnya ksana gratis..?
    Apakah hotelnya di sana gratis..?
    Apakah makannya di sana gratis..?

    Emang nenek moyangMU opo sing ndue..?ihihihii…

    Wis ah,…pahami masing2 baelah…
    Aja komentar kang macem2…intie,slama itu utk kebaikan, dan membantu byk Umat…jalani ajah.!
    Jgn terpengaruh inputan negatif….Orang2 yg berfikir negatif tentang Armina, smentara Kamu yg sdh bergabung di Armina dgn niat utk kebaikan…maka lanjutkanlah.!!

    • Kalau dasarnya adlah selama itu masih kebaikan dan membantu umat maka sah2 saja…gitu ya kata joko pranoto ngentutan ini…wkwkw.
      Orang jd PSK itu juga membantu kebaikan lho..dan membantu umat dalam mengeluarkan nafsu biologisnya..

      Berarti kalau joko ngentutan ini dasarnya karena kebaikan ya PSK adalah pekerjaan halal…

      Pake otak lho joko..ini masalah agama kok penilaian nya dari kebaikan dan bermanfaat untuk umat…tolol lho…

  26. Nambahin sdikit,…
    Klo Armina di kecam bisnisin agama…Para tokoh agama (Ustad/Ustadzah) yg ceramah ngisi acara di televisi..pasti di bayar donk.?kan ada kontrak siar tuh….lha itu gmna.?
    Kok nda di hentikan.?
    Itu kan udah jelas, dakwah nya ada imbalan materi dr stasiun televisi yg bersangkutan.?

    • Wih….gue ikutan numbrung donk…
      Mas joko pranoto…akang gak jawab secara mendalam..tdk memeberikan dalil yg pasti ttg kebolehan
      ..mengingat agama ini bukan logika seperti yg akang ungkapkan maka perlu dalil…

      Beda lho ustadz sama arminareka yg tampak ibadah tp sebenarnya menjadikan bisnis jaringan nan sesat…wkwkwkw…

      Ustadz dibayar tanpa ada berapa jumlah uang nya..seikhlasnya dan ustadz itu bukan bisnis kayak kalian2 ini bung..wkwkwk..

      Jng mencari pembenaran dng mengambil perkara yg beda lalu disamakan…orang shalat jamaah dpt pahala 27 rakaat ya disamakan dng syiar fulus arminareka…nyambungnya dimana?????

      Sudah jng diteruskan…kalau gua baca postingan2 sebelum kang joko kan udah jelas secara fiqh bisnis ini gak boleh.

      Ya dijalankan aja terus ntar kan yg dosa kan situ sendiri…menjual agama lho…dosa kan lho tanggung sendiri…yah enakan gue bisnis jualan barang meski laba seadanya…nerima ama hidup kang…muluk2 ntar jd masuk neraka…

      Agama di bisniskan

      Salam fulus….salam makelar ka’bah

      Gedubrak…wkwkwk

  27. Orang yg menyamakan program umroh Arminareka dg MLM,itu berarti sama dg org yg berpendapat jual beli itu sama dengan riba…padahal ALLAH telah menghalakan jual beli dan mengharamkan riba…hati2 dg ucapan anda!!!

  28. Waw… sy br baca nih seru jg.. kebetulan td siang sy ditawarin temen br utknikut bisnis travel umroh gratis di sbl.. awalnya sy tertarik dengan bonus” yg menggiurkan. Tp ada keraguandlm hati sy (takut tertipu dan sy jg tdk mau ikut jd penipu)dan malam ini sy browsing tanya mbah google apa bisnis ini benar/tidak.. dan sy terkejut setelah sy sampai di blog ini. Untung sj td siang sy tdk lgs daftar member.. dgn alasan nanti sj sy pikirkan dl d rmh. Dan ternyata oh ternyata… ini haram toh.

  29. aswrwbkth Yuk umat muslim berjamaah jadi bisniswoman bisnismen umroh haji jadi juragan. jadi pensyiar baitulloh. in sya allah amanah. dg ibu hj aya, Dra. MSI. februari 2017 kami sewa pesawat untuk umroh. dengan DP 3,5 juta saudara2 muslim bisa berjamaah jadi pengusaha umroh haji. kita dampingi. pelatihan. motivasi. potensi rewaard milyaran. agen umroh terbesar no.1 di indonesia. amanah ,. yuk berjamaah dalam kebaikan.allahu akbar999x. sistem sudah baku. sudah berjalan 26 tahun. tim mitra seluruh indonesia bisa belajar sharing berjamaah. email nur_setyahayati@yahoo.com

    • Aduh2…ngajak ke neraka kok sampe nyawa pesawat….
      Jangan memandang itu sebuah ibadah ya bu… Krn setan amat pintar dlm menipu manusia, sebuah maksiat tp di tampak an seperti ibadah..

      Wah asyik ya dpt 1 M… Tp sayang nya kok anda sendiri yang dapat… Kok gak semua jamaah anda gak dapat 1M…katanya berusaha bersama, motivasi bersama… Printer banget anda ngikutin orang2 dibawah anda dng janji2 reward2 dan umroh gratis… Padahal gak semua jamaah anda dapat lho…

      • Wah2 bisnis haram nih…. Tp di kemas ibadah…. Asyik tuh…. Biar cepet kaya… Hehehe

        Pas kebetulan idul fitri silaturahmi ke paman… Yg punya travel umroh juga…
        Sy tanya soal arminareka, kok bisa tetep eksis ya meski udah dilarang…
        Paman menjawab… Bhw mereka arminareka sudah dilarang.. Hanya saja jika mereka ditutup maka jamaah yg mencicil yg belum selesai akan susah dan arminareka akan mengganti biaya melarang jamaah nya… Dan inilah yg ditakuti orang arminareka… Sehingga membuat alasan2 bagaiamanapun agar usaha ini tampak bonafit padahal sangat biasa aja… Kalau saudaraku takut ama allah maka tinggalkan…
        Mau kerja lain bisa…
        Penjual es jus disini lho bisa dapat 60jt per bulan… Drpd ente cari jamaah untuk dirimu dengan janji2 umroh gratis dan reward melarang… Hehehe

  30. Pihak arminareka pada komen diatas mengatakan bahwa syarat halal suatu transaksi adalah:
    1. tidak mengandung ghoror
    2. tidak ada unsur judi, dan
    3. tidak mengandung riba

    Saya koreksi sedikit, poin 1 dan 2 adalah sama pada hakikatnya. Karena setiap transaksi ghoror pasti ada judi didalamnya (untung2an). Maka satu poin yang dihilangkan dari syarat di atas adalah bahwa transaksi tersebut tidak menzholimi salah satu pihak.

    Sistem MLM sangat jelas dilarang dalam islam karena adanya kezholiman. Orang2 yang ada pada level atas akan mendapatkan reward yang banyak yang pasti tidak akan bisa didapatkan oleh orang2 pada level bawah. Karena sistem bisnis dengan jaringan kesamping/kebawah, suatu saat akan memasuki masa jenuh dimana tidak ada lagi orang yg bisa direkrut untuk dijadikan downline. Disinilah kezholiman itu nampak jelas.

    Satu hal lagi yang menyebabkan haramnya sistem MLM adalah bahwa objek yang ditawarkan bukanlah barang atau jasa, namun PELUANG. Anda bisa tanya langsung kepada orang2 yang ikut sistem arminareka, apakah mereka mau bergabung untuk mendapatkan keuntungann atas jasa travel umroh ataukah PELUANG untuk mendapatkan reward. Jelas jawaban mereka adalah untuk PELUANG karena memang itulah yang ditawarkan arminareka ketika merekrut downlinenya.

    Mengapa menjual PELUANG menjadi haram? Karena ketika menjual PELUANG, maka akan masuk pada kategori ghoror. PELUANG bisa jadi untung, bisa jadi rugi. Berbeda halnya dengan menjual produk atau jasa yang juga memiliki peluang untung dan rugi. Maka benang merahnya adalah pada objek yang dijual. Akan menjadi halal jika yang dijual adalah barang atau jasa walaupun berpeluang untung dan rugi. Dan akan menjadi haram jika yang dijual bukanlah barang ataupun jasa akan tetapi PELUANG.

    wallohua’lam

1 Trackback / Pingback

  1. Awas!, MyMart adalah MLM-Money Game berkedok Investasi Swalayan. Akan berujung seperti Bowo Jenggot dan VSI Yusuf Mansur. | roda dua blog

Tinggalkan Balasan