2014: OS Symbian akhirnya resmi punah selamanya.

symbian 01sumber: gsmarena.com

Seiring selesainya proses akuisisi total microsoft pada Nokia. Per 1 Januari 2014 akhirnya resmi Symbian disuntik mati. Proses registrasi untuk program baru bagi developer dihentikan. Itu artinya tak ada lagi update maupun konten baru untuk semua aplikasi berbasis Symbian.

Selamat jalan pelopor OS Smartphone massal yang murah meriah dan bersahabat.

Dulu yang bikin ponsel nokia laris manis itu adalah si Symbian ini, jika akhirnya sekarang berganti W.Phone? bakal semakin suram.

Apalagi dari rilis resmi symbiansigned diketahui bahwa Nokia kedepanya hanya akan mengandalkan Wphone untuk segmen smarthphon dan Asha untuk feature phone. Trully bad!, bener-bener mikocok sesat.

Harusnya untuk ponsel kelas menengah pake Symbian dibanding Asha. Apalagi pesaing (terutama vendor) direntang harga yg sama menawarkan android yg sudah ready BBM dan whatsapp!, dengan kualitas hardware yg setara Asha.

Baca Juga:   Bocoran Spesifikasi Infinix Hot 3

Padahal jika featurephone seri Asha dibekali Symbian v5, yang membutuhkan hardware spek ringan. Pasti bisa bersaing dengan android yang semakin baru, semakin butuh hardware kelas kakap.

Andrid-Symbian

roda2blog di sosial media

21 Komentar

  1. itu menurut kita kang, tapi menurut mikocok sebagai yg mengakuisisi nokia rasanya mustahil untuk mempertahankan symbian. masalah brand equity kata juragan rondo triatmono. bayangini aja, mikocok punya produk OS sendiri, dia beli nokia bukan untuk memajukan symbian tapi justru untuk mengedepankan produknya yang namanya “jendela” ya sekalian aja bunuh tuh eks kompetitor. urusan laku atau tidaknya, atau booming atau tidaknya biarkan departmen Business Development yang bekerja.

  2. Waduuh Nokia 5800 xm s60v5_ku akhirnya RIP….
    Wah perlu update firmware v 60 yg terakhir nih nanti jam 03.00 pagi.
    Asem nokia gak tanggung jawab sama sekali..pantesan bangkrut payah..

  3. Saya tidak setuju symbian bunah karena symbian lebi baik dari pada android kalau symbian di tambah ram nya jadi 2GB pasti android gak ada apa’apa nya..

    Nich gue cerita saya baru saja beli android udha 3 hari rusak karena gak tahan ..

    Kalau pake symbian bisa internetan gratis dan awet batterainya ..

    Symbian adala os paling baik.

  4. Padahal bukan symbian nya yg telmi siNOKIANYA yg tulalit kudet lelet,yg lg trend android malah ngambil windows yg udah mblenger netbook,laptop.samsung jaya cepat responsif ambil android ninggalin OS BADA milik sendiri

  5. android itu keberatan icon. Iconnya terlalu tinggi resolusinya.di pandang memang indah,tapi ukuran software jadi tambah besar,itu salah satu yang bikin berat android.beda dengan symbian yang iconnya beresolusi rendah,agak buram dan tidak 3D. Otomatis tidak butuh procie kencang dan ringan. Yah hampir sama aja lah sama blog,kalo blog ini di sisipkan gambar icon png pasti berat di buka tapi iconnya 3D.coba kalo icon jpg,pasti ringan tapi tidak 3D.kalo soal tampilan android lebih baik,kalo masalah nge lag,android juaranya.apalagi android tidak mendukung java. Masa online pake paket murah di google crhome.bisa sakit jantung saya,kelama’an loading. Kalo nokia symbian kan enak,ada javanya.

  6. android menang di batre.batrenya lebih awet dari hape senter nokia.saking awetnya kita mesti rela gotong aki pesawat kemana mana.saya punya android tablet,tak punya symbian.saya gak berani online dari android,rakus data.soalnya browsernya beda. Operamini JAR tidak di dukung pula.

Tinggalkan Balasan