Perbedaan MLM dan Money Game versi APLI

Berikut ini adalah perbedaan MLM dengan MoneynGame atau Ponzi menurut situs resmi APLI.or.id
Sengaja saya beri NB (Not By Me) sebagai perbandingan dengan VSI yg sedang gencar merekrut anggota via blog/web support agar tulisan ini bisa menjadi kaca pertimbangan sebelum join.

1 .MLM: Sudah dimasyarakatkan dan diterima hampir di seluruh
dunia
>< Money Game: Sudah banyak negara yang melarang dan menindak perusahaan dengan sistem ini, bahkan pengusahanya ditangkap pihak yang berwajib
NB: di Indonesia money game selalu berkedok dengan SIUP/Surat Izin Perdagangan, padahal sepantasnya juga terdaftar di APLI.

2 .MLM: Berhasil meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan para anggotanya dari level atas sampai level bawah.
>< Money Game: Hanya menguntungkan bagi orang-orang yang pertama atau lebih dulu bergabung sebagai anggota, atas kerugian yang mendaftar belakang
NB: Pada MLM terbuka kemungkinan seorang downline menyalip upline diatasnya berdasarkan omset jaringan yg dibinanya. Tapi karena enggak semua orang punya bakat dagang, ya susah mas broo.

3 .MLM: Keuntungan/keberhasilan Mitra Usaha ditentukan dari hasil kerja dalam bentuk penjualan/pembelian produk/
jasa yang bernilai dan berguna untuk konsumen.
>< Money Game: Keuntungan/keberhasilan anggota ditentukan dari seberapa banyak ybs merekrut orang lain yang menyetor sejumlah uang sampai terbentuk satu format Piramida.
NB: Format jaringan M.Game pasti binary dua kaki, 1 kanan 1 Kiri. Lalu menawarkan yg namanya Bonus Pasangan.
Di MLM formatnya bukan binari dua kaki, dan bonus di bayar berdasarkan omset penjualan jaringan secara keseluruhan. Gambar menyusul.

4 .MLM: Setiap orang hanya berhak menjadi Mitra Usaha sebanyak SATU KALI saja.
>< Money Game: Setiap orang boleh menjadi anggota berkali-kali dalam satu waktu tertentu, menjadi anggota disebut dengan membeli KAVLING?, jadi satu orang boleh membeli beberapa kavling.
NB: Di VSI kavling ini disebut loket/Hak usaha/titik. Daftar 275rb cuma dapet 1 titik, daftar 8jt bisa dapet 35 titik.

5 .MLM: Biaya pendaftaran menjadi anggota tidak terlalu mahal, masuk akal dan imbalannya adalah Starter Kit yang
senilai. Biaya pendaftaran tidak dimaksudkan untuk
memaksakan pembelian produk dan bukan untuk
mencari untung dari biaya pendaftaran
>< Money Game: Biaya pendaftaran anggota sangat tinggi, biasanya disertai dengan produk-produk yang jika dihitung
harganya menjadi sangat mahal (tidak sesuai dengan
produk sejenis yang ada di pasaran). Jika seorang
anggota lebih banyak merekrut orang lain, maka
barulah ybs mendapatkan keuntungan, dengan kata
lain keuntungan didapat dengan merekrut lebih banyak
anggota, bukan dengan penjualan yang lebih banyak.
NB: Biaya pendaftaran di Sophie Paris cuma 50rb, bisa dapet tas cantik dan starter kit. Daftar di VSI 275rb cuma dapet sebotol habbatusauda yg jika dibeli di toko cuma seharga 20rb.
image

Baca Juga:   Jalan Sore, Favourit Time

 

6 .MLM: Keuntungan yang didapat Mitra Usaha dihitung
berdasarkan hasil penjualan dari setiap anggota
jaringannya
>< Money Game: Keuntungan yang didapat anggota dihitung berdasarkan sistem rekruting sampai terbentuk format tertentu.
NB: di MLM jumlah bonus ditentukan oleh jumlah omset penjualan jaringan yg dibina, karenanya di MLM harus ada tutup point pada periode tertentu. Di VSI bonusnya dihitung bukan berdasarkan transaksi VPay, tapi rekrutmen member.

7 .MLM: Jumlah orang yang direkrut anggota tidak dibatasi, tetapi dianjurkan sesuai dengan kapasitas dan
kemampuan masing-masing.
>< Money Game: Jumlah anggota yang direkrut dibatasi. Jika ingin
merekrut lebih banyak lagi, ybs harus menjadi anggota
(membeli kavling) lagi.
NB: Kasus VSI, Pendaftar paket basic tidak akan mendapatkan iming-iming bonus sebesar pendaftar paket platinum

8 .MLM: Setiap Mitra Usaha sangat tidak dianjurkan bahkan dilarang menumpuk barang (Inventory Loading) karena di dalam jualan langsung yang terpenting adalah
produk yang dibeli bisa dipakai dan dirasakan khasiat/
kegunaannya oleh konsumen
>< Money Game: Setiap anggota dianjurkan untuk menjadi anggota berkali-kali dimana setiap kali menjadi anggota harus membeli produk dengan harga yang tidak masuk akal. Hal ini menyebabkan banyak sekali anggota yang menimbun barang dan tidak dipakai.
NB: di VSI barang daganganya VPay atau Hobbats atau Buku?

9 .MLM: Program pembinaan Mitra Usaha sangat diperlukan
agar didapat anggota yang berkualitas tinggi.
>< Money Game: Tidak ada program pembinaan apapun juga, karena yang diperlukan hanya rekruting saja.
NB: Money Game saat ini menggunakan website support dengan gencar, coba aja search VSI. Akan muncul banyak web yg intinya mengajak anda untuk daftar bergabung. Itu sangat berbahaya karena bisa saja ada web VSI yg palsu.

Baca Juga:   Yamaha India Luncurkan All New FZ25, Penerus Scorpio Nihh

10 .MLM: Pelatihan produk menjadi hal yang sangat penting, karena produk harus dijual sampai ke tangan
konsumen.
>< Money Game: Tidak ada pelatihan produk, sebab komoditas hanyalah rekrut keanggotaan. Produk dalam sistem ini hanyalah suatu kedok saja.
NB: di VSI juga ada kuliah bisnis kok, tapi bagaimana caranya merekrut member baru dan membeli Indonesia lagi, bukan bagaimana cara menjual produk.

11 .MLM: Setiap up line sangat berkepentingan dengan meningkatnya kualitas dari para downlinenya, kesuksesan seorang Mitra Usaha dapat terjadi jika downlinenya sukses. Keberhasilan upline ikut ditentukan dari keberhasilan down line.
>< Money Game: Para up line hanya mementingkan rekruting orang baru saja. Apakah downline berhasil atau tidak, bukanlah merupakan perhatian dari upline.
NB: setelah daftar join VSI via web, saya gak yakin upline pemilik web tsb akan intens menjalin hubungan dengan anda sebagai tanggung jawab.

12 .MLM: Merupakan salah satu peluang berusaha yang baik dimana setiap Mitra Usaha harus terus melakukan
pembinaannya untuk jaringannya. Tidak bisa hanya
menunggu
>< Money Game: Bukan merupakan suatu peluang usaha, karena yang dilakukan lebih menyerupai untung-untungan , dimana yang perlu dilakukan hanyalah membeli kavling? dan selanjutnya hanyalah menunggu.
NB: di MLM pasti ada tutup point untuk mempertahankan posisi yg sudah dicapai, jika tidak berhasil tutup poin ya tidak dapat bonus. Ini penting untuk mempertahankan omset perusahaan.

Contoh MLM: Sophie Martin, Tupperware, Avail, Herbalife
Money Game: Profindo2U, Bowo Jenggot, DBS, Intermediaworld, VSI Yusuf Mansur.

Sekian semoga bermanfaat dan mendapat pencerahan soal sistem ini.

roda2blog di sosial media

44 Komentar

    • setau saya K-Link MLM murni (bukan MG). Dlm MLM ada bbrp jenis sistem. Breakaway, Unilevel, Binary,… entah apalagi. Sejauh ini MLM dg sistem breakaway terbukti paling kuat bertahan lama (cth: Amway, CNI, K-Link, dll). Penghasilan berbanding lurus dg omset penjualan produk dlm grup/jaringan.
      Sedangkan MG rata2 pakai binary, sumber penghasilannya dr rekrutmen. produk cuma kedok. Hati2 kalo ada yg nawarin bisnis dg sistem ini. Umumnya ga bertahan lama. 1 sampe 2 thn sdh terhitung hebat, tp ujung2nya ngilang jg.

  1. Semua mlm sama aja, ttp hrs ngajakin orang. Malahan ada yg hrs beli brng setiap blnnya, cuma untk mempertahankan point. Bnyk brng mubazir yg hrs dibeli. Jadi … mending ga usah ikut mlm, dr pd saling menjelekkan satu sama lain

    • dibaca woi, maen langsung nyablak aj. hadeuh…. ga da bedanya sama cewe yang suka bilang ” semua laki2 sama aja ga ada yang setia”. prettt

  2. baru tau, thank berat infonya….untung gak jadi gabung di salah satu money game ! tapi apa mungkin vsi money game yah..secara ust yusuf mansur gitu founder nya…?? bingung

  3. trims infonya, Alhamdulillah sy sdh bergabung dgn Herbalife yg memberikan manfaat kesehatan dan kebugaran juga penghasilan yang menjanjikan. infonya sangat berguna agar kita tidak terjebak dgn moneygame dan bisa membedakannya dgn MLM. intinya disebut Mg jika kita mendapatkan uang dari perekrutan anggota.

  4. money game ini percis di lakukan oleh perusahaan yg mengatas namakan tiens.dan sekarang menyasar para TKI karena mereka minim informasi tentang apa itu MLM dan ga pendaftarn pertama membeli produk obat dari tiens berikut member 4,8 jta.malah ane juga sempet di tawarin sama tki juga.

    • Tiens sudah mendapat sertifikat SYARIAH dari MUI mas dan bukan money game.. Hehe

      Untuk gabung ga harus dgn 4,8jt.. Itu promo di tahun ini, jika ingin langsung menjadi *4.. Klo mau jalanin dr *1 juga bisa cuma bayar biaya member 99rb aja.. Dan mas jalanin bisnis dari 0 belum dpt bonus dr setiap omset penjualan dibulan berikutnya.. Mas jualan sampai omset 10jt baru *4 dgn tanpa merekrut org.. Klo mau rekrut juga bisa dan ga harus 2 kaki kaya binary, tapi bisa melebar dan tak terbatas.

      Itu sih member yg ngajak mas nya aja yg sedang dalam “fase gila” biar dpt bonus.. Padahal ada pilihan join tergantung mau yg mana.. Justru klo saya sih, klo ada yg mau gabung cukup bayar 99rb dan saya bantu langsung jadi *4 dr omset penjualan saya pribadi… Hehehe

      Sy sudah gabung tiens 2th dan cuma bayar biaya member 99rb.. Dgn sedikit pengetahuan sy tentang SEO 100% sy jalanin bisnis ini nyaris tanpa rekrut orang, tapi cuma jualan online dan membangun kaki dari omset pribadi aja…

  5. Astagfirullah… Keluarga ane ada yg ikutan Isgnix dan kalo dari penjelasan di atas itu termasuk ke dalam Money Game, bukan MLM.. Gimana cara nyadarinnya yaaa, padahal ane udah wanti2 untuk jgn gabung 🙁

  6. Thanks pencerahannya ya… sangat bermanfaat… bener banget….. yang namanya berdagang ya dpt untung kalau omsetnya banyak… MLM kan cara memasarkannnya… kalau money game mah bukan jualan… cari duit tp maaf tdk halal yaa.. makanya saya juga cari perusahaan MLM yg produknya dan sistemnya halal & thoyib.. insya Allah
    087855970707

1 Trackback / Pingback

  1. Waspada! Banyak Mantan Member MMM yang bikin Arisan/Investasi Bodong Untuk Menutupi Kerugianya | roda dua blog

Tinggalkan Balasan