Indonesia, negeri sejuta profesi kenapa masih bingung cari kerja?

10 percent Pengangguran ada di Indonesia

Banyak yang bilang sekarang ini susah mencari lowongan kerja. Itu sudah jelas, lha wong yang dicari lowongan atau kekosongan, lha klo yang dicari pekerjaan pasti nemu, banyak. :mrgreen:

Sejak hobi burung berkicau, saya jadi benar-benar menyadari betapa di negeri Indonesia ini melimpah ruah profesi atau kesempatan bekerja, pokoke asal mau kerja pasti dapat rejeki.

Sebut saja pak udin, pencari kroto yang dalam sehari bisa ngantongi uang 50.000, itu diatas UMR Kab.Ponorogo klo dikumpulin selama sebulan.

Atau mari kita tengok ke buruh tani (tetangga samping rumah saya) di sawah ketika musim tanam, sehari bisa dapat 100ribu, minimal bisa bawa pulang 50rb laghh kalau cuma setengah hari kerja. Wow tenann.

Baca Juga:   Marquez Beri Coaching Clinic Buat Para Pembalap Muda

Atau tukang batu yang sekarang tarifnya rata-rata 70rb/hari di desa. Lalu asistenya (kuli) yg cuma bertugas ngaduk adonan semen dan pasir bisa ngantongi 50rb/hari. 8)

selamatan

Gengsi dengan dua profesi di atas? ya bisnis saja, walau cuma dagang cilok atau ceker kremes atau basreng atau penthol goreng.

Di kampung saya ada pemuda yang biasa dipanggil Om Dar, dulu bekerja di Jakarta lalu mudik ke kampung. Cuma berjualan penthol (cilok) tapi sekarang juga punya warung Bakso sendiri. Dalam sehari omset dia berkeliling menjajakan penthol hanya 300.000 maksimal tapi laba bersihnya bisa 50% dari omset mas broo 😯

Atau teman saya semasa SD, berbisnis cakar ayam tulang lunak yang dibacem lalu digoreng dengan tepung ala basreng/penthol goreng. Dalam semalam bisa ngantongi laba bersih 90ribu. Hebatnya lagi, walau cuma berjualan di atas motor dia bisa punya 1 karyawan.

Baca Juga:   Bus Sugeng Mira, Sang Pahlawan Jalanan

Atau kalau pengen mudah ya jualan teh Poci saja seperti rekan saya ini. :mrgreen: Modal 7 juta sekali seumur hidupmu bisa dapet laba 30% dari omset. Lha padahal dia punya 4 outlet yang sehari total omsetnya 2.000.000 lha pora nggeblakkk :mrgreen: ongkang-ongkang kaki berpenghasilan setara PNS Gol. 8

teh poci

Naghh yang jadi masalah adalah gaya kata hukum fisika, semakin tinggi gaya lo, ya sekamin mahal biaya gaya itu.

roda2blog di sosial media

21 Komentar

  1. karena orang kita masih berkutat dijawasentris (kotasentris) mereka gak pernah memikirkan potensi luar jawa yang lapangan kerjanya masih belum terolah dg baik.buruh bangunan terampil ditempatku perharinya sudah sampe 70 ribuan,buruh tanam 100 ribuan perhari,dan terakhir didaerah mamuju seorang teman kabarnya tiap bulan hasil panen sawitnya sudah 10 jutaan

  2. bner sih om…jujur aja dlu saya ngawas proyek.. di riau asstn kuli aja 1 hari 100rb.lah saya yg ngontrol mreka…cuma dkasih separonya

  3. Beralih jd tukang sawit aja kang. Modal tanah terlantar aja. Masalah bibit udah disediain sama pemerintah. Ane juga gitu… Awalnya midal tanah doang. Di daerah transmigran malah disediain tanah+bibit. Lumayan, sawit masih baru udah ngeraup 25 jetia_an sbulan. Mayan buat modal nikah. Hehe

  4. s1 fres greduet bondong2 ngantor paling ya 2 jutaan.
    lah ane aja yg di lapang dapet 100rb/hr bersih.belum ceperane. tapi memang orang wirausaha kudu siap tekor dan ngutang 🙂 ini yg banyak org gak mau . enaknya kalo banjir job bisa buat ongkang2

1 Trackback / Pingback

  1. Selalu Gagal Saat Melamar kerja? Mungkin Ini Penyebabnya! | Ehloo.Com

Tinggalkan Balasan