Hukum MMM dalam Muamalah Islam

mmm

Setelah sekian lama mempelajari MMM (Manusia Membantu Manusia) saya menyimpulkan ada dua prinsip muamalah syariah  yang dilanggar oleh MMM.

1. MMM adalah riba sebagaimana yg dimaksud dalam ayat 39 surat ar-Ruum.

و ما اتيتم من ربا ليربوا في اموال الناس فانه لا يربو عند الله …
“Dan sesuatu riba yang kamu berikan agar bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah.
Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka itulah orang-orang yang melipatgandakan

Riba yang dimaksud ayat ini bukan riba hutang piutang, karenanya redaksi riba ditulis (الربا) bukan (الربي)

Menurut Ibnu Katsir dalam tafsirnya, yang dimaksud riba dalam ayat ini adalah perbuatan memberi hadiah pada seseorang dengan maksud ingin mendapat balasan yg lebih banyak.

Perbuatan ini jamak dilakukan pada masa jahiliyyah sehingga orang enggan membayar zakat. Nabi sangat membenci perbuatan ini.

Baca Juga:   Erat Bersahabat dalam Festival Motor Laki Yogyakarta

Hal tersebut juga dikuatkan pada firman Allah di ayat 6-7 surat al-Mudassir.

“Dan Janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak. Dan untuk memenuhi perintah Tuhanmu, bersabarlah”

2. MMM menjadikan uang sebagai komoditas, bukan alat tukar.

Dalam prinsip muamalah Islam, Uang hanya sebagai alat tukar bukan komoditas yang diperjualbelikan atau mendatangkan keuntungan tanpa aktifitas.

MMM adalah money game skema ponzi dalam cara gamblang. Arisan berantai. Tidak ada komoditas yang diperjualbelikan tapi nilai uang yang bertransaksi di dalamnya bertambah 30%.

Aktivitas MMM didasarkan pada upaya member get member agar transaksi terus berputar dan member lama mendapat keuntungan posisi.

Member MMM akan memberi bantuan (Give Help) ke member lain yang ditunjuk sistem dengan nominal 1jt misalnya. Setelah transaksi dikonfirmasi, si pemberi bantuan akan berharap pada sistem agar dia juga mendapat bantuan senilai 1jt+30%.

Nagh aktifitas itu dibungkus dalam bahasa sedekah. Sedekah yang dimaksudkan agar mendapat imbalan yg lebih banyak seperti dimaksud dalam poin 1.

Baca Juga:   Kasihan, Sopir TAXI This Is Indonesia Kena Sangsi Dari Blue Bird

Jadi? MMM adalah praktik Jahiliyyah yg dikemas ulang.

roda2blog di sosial media

117 Komentar

  1. wakkwkakwka nyetor uang ke sistem??? haahhaha lucu!! ini orang gak tau sistem malah ngomong sistem di MMM.

  2. Bapak sok tao dan terlalu cepat menyilpul kan sesuatu. Dan tidak memahami benar cara sistem mmm. Saya yakin anda juga makan uang riba yang tidak anda sadari klo anda nabung di bank. Krn saldo dan uang anda menyatu dalam saldo uang anda di rekening.

  3. Anda sok tao dan teralalu cepat menyilpulkan anda pelajari dulu secara dalam sistem mmm ini seperti apa. Jgn sok maen riba. Anda aza makan uang riba kalo anda nabung di bank kran riba menyatu di saldo anda so, hidup jgn sok suci jalani aza yang tidak merugikan orang laen.

    • ini orang kocak… lhah… hidup ya maunya sok suci dong… dibilang suci itu bagus… mosok mau bilang… hidup jangan sok berdosa…. wkwkwkwkkwkwk
      kalo orang berzina… yang ada diem2 keles… masak koar2 ke orang banyak… eh.. gue abis ML sama si anu… malu laah…
      kalo orang abis pinjem duit ya juga diem2 keles… masak koar2 ke orang banyak… eh.. gue abis utang sama si anu… soalnya gue ga ada duit…. malu keles….

      secara logika dan harafiah… manusia akan menutupi keburukannya.. dan menonjolkan kebaikannya… karena manusia itu bersosialisasi… kecuali yang ga punya malu kaya ente bro yang bisa2nya bilang jangan sok suci… 😀

  4. Ada yg salah dalam pemaparan di no. 2
    Tidak ada uang yg disetorkan ke MMM, apalagi kemudian dibagi2 ke upline nya…
    Tidak seperti itu prinsip kerjanya, itu memang terdapat di bisnis lain, tp MMM bukanlah bisnis…

    Jika kita mengharapkan sesuatu setelah kita gabung di MMM, apakah berbeda kita mengharapkan sesuatu ketika kita melamar pekerjaan..?? Prinsipnya sama kok…
    Tidak ada kata2 sedekah di MMM, yg ada adalah membantu…
    Klo mao sedekah di masjid aja, noh deket, ngapain di MMM… Hehe…
    “membantu” ini jgn disamakan dgn sedekah, jika sudah mengenal jauh tentang MMM akan tau sendiri apa makna dibalik kata membantu itu sendiri…

    Jgn jg hanya mencari sebuah pembenaran dengan menyertakan ayat2 suci, tanggung jawabnya besar, maaf bukan bermaksud menggurui…
    Anda berani memasang ayat di artikel anda, apa anda tau anda bertanggung jawab kepada ayat tersebut jika ada orang yg berbuat salah karena membaca artikel anda ini… (misalkan, yg membaca tdk menutup aurat) apa anda tau itu…
    Hal yg disepelekan orang zaman sekarang adalah dengan mudahnya mengambil kesimpulan hukum berdasarkan comot sana-sini, memotong dan mengutip ayat sembarangan… (maaf, sekali lagi tidak bermaksud menggurui, saya hanya mengingatkan diri saya dan saudara saya yg membaca ini…)

    Selama kita berniat baik, membantu orang lain, maka itu tidak ada salahnya…
    Semua kembali lagi, tergantung niatnya…
    Apa yg kita niatkan maka itupula yg akan kita dapatkan…

    Salam perubahan…

    http://goo.gl/QqE4ne

    • memasang ayat untuk peringatan itu lebih baik daripada antum yg nyalahkan penulis.. sya kira antum gak pernah mbaca atau menafsirkan al-qur’an.. secara jelas antum mendefinisikan secara dangkal ayat itu.. untuk apa bertele-tele “maaf menggurui” sapa yang nganggap sampean guru?? 😛
      gak masuk akal banget tanggung jawab orang ini dikaitkan dengan orang yg mbaca sambil berbuat salah?? gak ada yang salah dari membaca sebuah peringatan.

    • klu kita menelaah dari hukum islam, yg nmanya kita membantu itu tidklah boleh mengharapkan lebih, harus Iklas tampa mengharapkan yg lebih, krn hanya Allah lah yang berhak memberi lebih dari setiap apa yg telah kita bantu,… klu kita mengharapkan lebih tetap Riba hukumnya……….. krn di MMM saya yakin siapapun anda pasti anda mengrarapkan ada orang yang akan memberikan lebih 30% kepada anda……
      intinya membantu tapi berharap lebih. proses membantunya ga salah tapi berharap lebihnya yg salah…coba klo sebulan ga dapet tambahan 30% mana mau jalan terus…wkwkw mau aajah dbodohin kaum barat…

      CEPATLAH BERTAUBAT SEBELUM TERLAMBAT……………..

    • tolong fikirkan kembali bahwa MMM itu adalah alat membawa kita dalam lautan dosa. MMM dengan dalih membantu manusia membantu manusia dengan mengharapkan reward 30 % , itu bukan namanya membantu akan tetapi mencari keuntungan dan saya yakin tidak ada seorang pun yang mau masuk ke MMM hanya sekedar untuk membantu ,ditambah uang yangnya disetor ke system yang g jelas .para member di MMM dengan tujuan membantu sesama saya yakin juga membantunya adalah mengharapkan keuntungan dan tidak lah ikhlas. logika aja yah masih banyak saudara-saudara kita yang ada disekitar rumah kita atau dilingkungan kita membutuhkan bantuan kita ,ini malah membantu orang tidak jelas . pakai dong logika kalau ingin membantu.

      • Ana stuju banget pemaparan antum akhi,,pada intinya mereka yg ikut Mmm hanya untuk perbanyak uang,uang bertambah jadi 30% jelas ini riba,hanya prosesnya dibungkus dengan membantu,supaya tdk keliatan ribanya,berhenti dan bertaubatlah kalian,masih banyak cara kita untuk dapatkan uang

    • kayanya situ ngerti Islam bro…. baiklah saya kasih ilmunya biar cepet kaya menurut Islam. Yaitu dengan Sedekah… prospek untung nya bisa 10 x lipat atau 1000% atau menurut Surat QS Al Anam 6:160 dan kalau ente beriman dan disayang Tuhan, prospek untungnya bisa 700x lipat (QS Al Baqara 2:261) .. 700x lipat berapa digit ya persenannya….

      ketimbang ente pake jalan sesat, nipu sana sini cuma dapet hasil 30% doang… mending sedekah aja …. udah halal, berkah lagi… ga percaya kan? buktikan… kalo udah terbukti… di MLM kan ya sama orang lain.. biar orang lain ketularan 1000% nya juga… jangan dimakan sendiri, inget zakatnya… cuma 2,5% dari 1000%+Pokok… murah bro maharnya…

  5. Terlepas dr hukum, jika anda telah membaca buku monyet pasti akan tercengang mengetahui bagaimana dan dimana anda sekarang sebenarnya…
    Bagi yang ingin membacanya bs inbox saya di sriboneka@gmail.com
    Sungguh bacaan yg membuka wawasan…
    Hidup di dunia penuh riba..
    Kenapa..? Temukan jawabannya….

  6. tujuan MMM memang menghidupkan kembali praktek jahiliyah dan kemusyrikan .Percaya sistem buatan manusia lebih baik dari sistem buatan Alloh… Na’udzu billahi min dzalik…

    • di sistem ini lah keadilan terciptakan,,,bukan tidak percaya sama sistem allah bung, tpi di dunia ini berjuta manusia hidup sikap nya ada yang baik dan jahat dan ada yang jujur dan bohong,,,,, makanya hdir sistem ini untuk sling jujur

      • Sekarang tahun 2016 apa masih terdengar triple M? ALLOHUAKBAR trimakasihnya alloh tdak tambsh bnysk saudara saudara saya terjerat praktek jahiliyah ini amin amin ya robballallamin

      • Allah menciptakan manusia dengan Kehendak Bebas bro…. makanya ada yang jujur ada yang bohong…. itu sudah jadi system – Nya… nah.. apakah sistem-Nya salah? tidak bro…. karena bila Allah mau…. maka Kun Fayakun… Dia bisa bikin semua orang didunia ini Jujur dan semua masuk Surga. Kenapa ga gitu sih? karena manusia diciptakan dengan memiliki kehendak bebas, yang artinya kita bebas apakah mau milih jujur atau milih bohong…. nah kalau manusia diciptakan hanya untuk kebaikan , selalu jujuuuuur aja… maka dimana letak kehendak bebasnya?

      • Bila ente mengharapkan suatu sistem yang 100% isinya orang2 yang benar, jujur, maka anggotanya malaikat semua bro…. karena kalau anggotanya manusia…. siapa yang tahu orang ini 100% jujur dari bayi sampai dewasa? hanya Allah yang tau itung2annya

    • Kalau ngga ikut sistem MMM yang dikatakan “jahiliyah”, toh anda sendiri juga ikut sistem “jahiliyah” dengan menggunakan mata uang kertas, bukannya menggunakan emas sebagai alat tukar ..

      • Sudah lah MMM lah bangkrut bnyak yg rugi dan tertipu gmna loe gak usah banyak bicara mau apa sekrg udah bngkrut taubat lah udah salah ngeyel bego loe di nasehati yg bner mlah ngeyel terus

      • Kenapa Emas? karena emas itu alat tukar yang terbaik… lhah kalo alat tukar nya jadi uang ya juga ga jadi masalah….
        Al Quran itu ngasih solusi bro… bukan doktrin… alat tukar harus emas… no… anda salah mengerti…
        seperti halnya bila saya bilang, ente kalau naik motor bagusnya pake sepatu ya… tapi ente pake sandal …. apa dilarang? ya kaga… boleh aja…. tapi alas sepatu terbaik ya tetep sepatu, karena melindungi dari terciprat kotoran, luka bila terjadi kecelakaan, dan terlidungi dari hawa dingin…

      • btw, semisal saya setuju pada situ bahwa emas sebagai alat tukar biar tidak menjadi jahiliyah… maka…pada dasarnya alat tukar memang bukan uang bro… tapi emas…. karena emas sebagai penentu nilai uang…. Nilai emas tetap tapi uang kertas menurun, contohnya… 1 gram emas pada tahun 1980 an bisa buat beli nasi bungkus 50 biji, maka di 2016 ini… 1 gram emas ya cuman dapat buat beli nasi bungkus 50 biji…. sedangkan 10.000 ditahun 1980an setara gaji GM, sedangkan tahun 2016 hanya cukup buat makan 1 x. Disini terlihat bahwa alat tukar sebenarnya adalah emas… sedangkan uang kertas hanya turunannya agar tukar menukar lebih mudah dibandingkan emas.

        contoh lagi… anda berada di negara antah berantah… yang ga kenal mata uang rupiah… bisa buat beli makan ga di negara tersebut? kalau emas pasti bisa….

        Nah ini uniknya Al Quran, entah saya pakai pendekatan yang meng counter anda atau setuju dengan anda… apa yang dikata Al Quran tetaplah selalu yang benar.

  7. Segala sesuatu yg didapatkan dari hasil yg baik maka akan bermanfaat, sebaliknya klo mendapatkan dengan cara yg tidak baik maka tidak akan bermanfaat didunia dan akhirat. Semua pasti ada jawabannya karena hidup tidak hanya didunia.

  8. Nauzubillahhh… dunia sdh rusak, zaman makin edan,, mnghalalkan segala cara dg meyakini sebuah sistem tanpa peduli lg dg aturan islam dan menyepelekan firman Allah.. astagfirullahalazim.. thanks yg buat blok..

    • Udah bngkrut tuh MMM dan di thun 2015 udah ada yg baru…. Heran nya bnyk ulama ustadz tau agma ikutan pula bisnis semacam ginian…..ini ponzi ayo hukum negara OJK MUI bersinergi plajari klo blum ada payung hukum tentang praktek ini segera di bikin ini klo di Amerika ini udah pelanggran hukum…ini pembodohan aqidah. MUI tugas anda menyikapi ini. Ini bahaya bgi yg org awam praktek ini udah gak bner krna ujung ujung nya sceame..tegakan kbenaran ayo negara ku indonesia raya allohuakbar

  9. saya udah liat cara kerja sistemnya. PH n GH.
    jadi ini cara kerja Sistem Muterin Duit, kalo kita PH itu juga ditentuin “bantuan” kita itu di transfer kmana ndan dipecah2
    umpama 500rb ;
    -100rb ditransfer ke si X,
    -200rb ke si Y,
    -100rb ke si Z,
    -100 ribu ke si B
    trus pas transfer dana juga diberi waktu, misal 24 jam
    kita harus aktif “menolong” dan “menerima” kalo gak dikeluarin dari sistem,
    Kita udah mau ngasih “bantuan” tp belum transfer2 atau
    kita diminta bantuan tp gak ngasih “I refuse to gift help” (tulisannya) maka dikeluarin dr sistem karena dianggap mengganggu ekosistem. ahahaha

    • Uang yang disetor katanya untuk membuat usaha baru klo org tdk teliti terdengar investasi tapi nyetornya kok bukan ke manajemen perusahaan tersebut,, malah setornya ke antar sesama membernya saja.. Ke rek a , b, c, d, dll.. Klo dikatakan uang yg kita setor itu untuk membuat usaha baru seharusnya uang itu kita setorkan ke 1 rek saja atas nama perusahaan tersebut.. Sistem kaya gini sama aja menjadikan pemberian orang sebagai sumber pendapatan…

  10. JALANI MMM NYA DULU BARU KOMENTAR, JANGAN NGAK TAU SOK TAU , AYAT D POTONG POTONG , LETAK RIBANYA D MANA, DI KAJI DULU, SEBELUM JOIN SAYA SUDAH PELAJARI JUGA, INSYALLAH HALAL, TANPA HARUS GET MEMBER, KALAU ADA YG MINAT YA JOIN AJA ! SEMUA ADA RESIKO KITA YANG KENDALIKAN, BANK SENDIRI SAAT KENA LIKUIDASI YA HANCUR JUGA, INTIYA TIDAK ADA YANG KEKAL , ALLAH SWT YANG MAHA KEKAL

    • Udah jelas cuma muter uang aja kok, jgn menutup mata atas kenyataan, tanyakan ke hati nurani Anda. Kalo Anda Muslim, maka Anda akan berfikir, Bisnis Investasi seperti MMM ini dari mana dapat uang utk membayar komisi 30%, kalo tidak dr uang di member baru, artinya Anda dan member MMM lainnya memakan uang orang lain, dgn mengatasnamakan “membantu”…

      Jgn malas utk bekerja lebih keras demi mendapatkan uang yg HALAL. Masih byk bisnis lain yg Halal dan bisa Anda kerjakan.

      Maaf kalo ada kata2 yg menyinggung, hanya mengingatkan sesama sodara muslim. Itu pun kalo sodara sy ini masih bisa diingatkan.

  11. yang pasti , YANG KAYA TETAP MAKIN KAYA.. . Bayangin kalo semua orang ikut di MMM dan gak mau bisnis. Bagaimana ekonomi bisa jalan??? Kayaknya kok bikin orang malas. Gak mau repot…….
    Tiap hari liatin laptop PH, GH PH, GH, dst udah dpt duit lumayan……
    Akhirnya, SPBU gak ada yg jaga, restoran gak ada pelayan, mekanik pada minta berhenti, pedagang takut rugi dagang, buruh tani gak mau kepanasan, tukang jahit pada berhenti; semua ikut2an bosnya di MMM. Apa jadinya dunia ini???????

    • Ehmm.. emangnya salah kalo tujuan nya saling mmbantu..kalo org itu dulu nya ekonomi nya susah..sering kali tak punya uang..mau mnjam ksana kemari dk ad yg mnjami krna mrka takut uangnya gk kembali..n jln singkatnya yg ekonomi rendah itu mnjamnya sma rentenir yg bunga nya besar.. tiba nya dia bergabung d mmm ekonominya yg dulu nya rendah bsa meningkat n stabil perlahan lahan…n org itu pun bsa mmbayar hutang nya k rentenir..salahnya dmn?? Bukan kah jika qt meminjam uang dng rentenir pun trmasuk makan uang riba ?? Emang nya bpk or ibu yg tidak bergabung d mmm.. bsa mmbantu melunasi hutang org laen yg gk kalian kenal.. tpi hanya d mmm yg sistem nya tidak saling kenal pun saling membantu..bkn umat muslim sja tetapi berbagai suku pun jg…smua org pasti ingin untung.. ayoo cba sya tanya ad mau rugi gk nih.. misalnya anda seorang pedagang kue modal anda 100rb untuk membuat kue unk djual.. dng modal itu anda bisa memproduksi kue sebanyak 100 biji buat djual.. nah skarang yg sya ingin tanyakan dijual brp kah 1 biji kue agar modal anda kembali..pasti nya hrga kue perbiji nya dijual lebih dri 1000rupiah..bahkan yg sya lihat n pernah beli kue rata2 nya hrga kue itu bsa mencpai 1500-2000rupiah perbijinya.. coba kalo dihitung hasil dri kue terjual 100 biji brp persen keuntungan si pedagang kue…sya rasa jika dipersenkan untung si pedagang 50%-100% dri modal.. apakah si pembeli merasa merasa dirugikan oleh pedagang kue itu.. tentu saja tidak pemirsa krna si pembeli senang dng kue itu..pedagang dpt untung pembeli dpt kue.. begitu jga dng MMM org yg PH adlah si pedagang di ibaratkan pedagang itu membeli mavro seharga 100rb rupiah sperti contoh diatas 100rb itu adlah modal si pedagang untuk membuat kue dagangannya dan GH adalah keuntungan pedagang dri pembeli yg sukarela membeli mavro dagangannya..beda nya si penjual kue mndapat untung 50%-100% setiap hri.. sedangkn si pedagang mavro hanya memperoleh persen keuntungan nya 30% selama1bln ..ayo siapakah yg mndpat untung bsar pedagang kue or pedagang mavro??coba di pikir lgi kalo menilai sesuatu itu ..hanya memberi contoh…

      • maaf mas hanya ingin meluruskan pendapat sampean

        berdagang dengan berbisnis mmm jangan disamakan, kenapa??

        karena media yang diperjualbelikan itu berbeda, dalam hukum islam

        ada unsur2 penting yang harus ada, misalnya
        – ada alat tukar
        – ada barang yang diperjualbelikan
        – baik pembeli maupun penjual, keduanya mendapatkan kepuasan

        nah dalam MMM itu justru yang diperjualbelikan adalah uang itu sendiri yang hakikatnya adalah alat tukar

        dalam bisnis anda mungkin disebut mavro, namun tetap saja bisnis MMM itu tidak bisa disamakan begitu saja dengan berdagang

        ada hal-hal yang hanya ditemui oleh aktivitas berdagang yang tidak ada di MMM

        yaitu proses negosiasi dan yang paling penting interaksi secara langsung sesama manusia, satu hal lagi rasanya saat mendapatkan uang itu pun akan sangat jauh berbeda

        dalam berdagang, keuntungan 100rupiah pun akan sangat begitu berharga dan membuat si pedagang merasa sangat bersyukur kepada Tuhannya

        sedangkan bisnis MMM hanya akan menimbulkan sifat buruk manusia, yaitu serakah, kenapa??

        pasti yang sudah lama bergabung dengan bisnis ini, saya yakin tidak hanya mempunyai 1 akun, coba tanya teman anda yang sudah lama bergabung

        lalu apa artinya??
        “sifat serakah” yup sifat serakah manusia menjadi muncul, jika sudah begitu saya hanya bisa memberi peringatan saja

        jika anda membaca baik-baik uraian saya ini, semoga anda bisa berpikir ulang kembali

        NB: jika anda marah, itu artinya uraian saya ini memang benar 🙂

      • Udah bngkrut tuh MMM dan di thun 2015 udah ada yg baru…. Heran nya bnyk ulama ustadz tau agma ikutan pula bisnis semacam ginian…..ini ponzi ayo hukum negara OJK MUI bersinergi plajari klo blum ada payung hukum tentang praktek ini segera di bikin ini klo di Amerika ini udah pelanggran hukum…ini pembodohan aqidah. MUI tugas anda menyikapi ini. Ini bahaya bgi yg org awam praktek ini udah gak bner krna ujung ujung nya sceame..tegakan kbenaran ayo negara ku indonesia raya allohuakbar
        Gini aja uang adalah alat pembayaran jadi bukan alat komoditas…. Masa uang jual uang….udah lah bergatar lah jiwa mu tanyakan hati nurani mu

  12. Ehmm.. emangnya salah kalo tujuan nya saling mmbantu..kalo org itu dulu nya ekonomi nya susah..sering kali tak punya uang..mau mnjam ksana kemari dk ad yg mnjami krna mrka takut uangnya gk kembali..n jln singkatnya yg ekonomi rendah itu mnjamnya sma rentenir yg bunga nya besar.. tiba nya dia bergabung d mmm ekonominya yg dulu nya rendah bsa meningkat n stabil perlahan lahan…n org itu pun bsa mmbayar hutang nya k rentenir..salahnya dmn?? Bukan kah jika qt meminjam uang dng rentenir pun trmasuk makan uang riba ?? Emang nya bpk or ibu yg tidak bergabung d mmm.. bsa mmbantu melunasi hutang org laen yg gk kalian kenal.. tpi hanya d mmm yg sistem nya tidak saling kenal pun saling membantu..bkn umat muslim sja tetapi berbagai suku pun jg…smua org pasti ingin untung.. ayoo cba sya tanya ad mau rugi gk nih.. misalnya anda seorang pedagang kue modal anda 100rb untuk membuat kue unk djual.. dng modal itu anda bisa memproduksi kue sebanyak 100 biji buat djual.. nah skarang yg sya ingin tanyakan dijual brp kah 1 biji kue agar modal anda kembali..pasti nya hrga kue perbiji nya dijual lebih dri 1000rupiah..bahkan yg sya lihat n pernah beli kue rata2 nya hrga kue itu bsa mencpai 1500-2000rupiah perbijinya.. coba kalo dihitung hasil dri kue terjual 100 biji brp persen keuntungan si pedagang kue…sya rasa jika dipersenkan untung si pedagang 50%-100% dri modal.. apakah si pembeli merasa merasa dirugikan oleh pedagang kue itu.. tentu saja tidak pemirsa krna si pembeli senang dng kue itu..pedagang dpt untung pembeli dpt kue.. begitu jga dng MMM org yg PH adlah si pedagang di ibaratkan pedagang itu membeli mavro seharga 100rb rupiah sperti contoh diatas 100rb itu adlah modal si pedagang untuk membuat kue dagangannya dan GH adalah keuntungan pedagang dri pembeli yg sukarela membeli mavro dagangannya..beda nya si penjual kue mndapat untung 50%-100% setiap hri.. sedangkn si pedagang mavro hanya memperoleh persen keuntungan nya 30% selama1bln ..coba di pikir lgi kalo menilai sesuatu itu hanya memberi contoh…

    • Begini, kalau pindah dari pinjam ke renternir lalu masuk MMM, artinya bisa sama dengan KELUAR KANDANG HARIMAU, MASUK LUBANG BUAYA, kenapa? Karena anda sama saja berpindah dari KORBAN RIBA, MENJADI PELAKU RIBA. Jangan samakan bisnis ponzi sperti ini dengan jual beli kue, karena jual beli kue itu MEMPERDAGANGKAN KOMODITAS berupa kue, sedangkan Bismis ponzi MMM Memperdagangakan ALAT TUKAR. Wajarlah kalau modal bikin kue 1000 dijual 1500, tergantung ijab kabul si pembeli, karena manfaat kue itu juga lebih baik untuk si pembeli yaitu bisa dimakan. Lalu apakah wajar bila ada (sperti MMM) uang 1000 diganti dengan uang 1300? Sama sekali tidak wajar, dan artinya apa? PASTI ADA YANG DIRUGIKAN! Uang bukanlah komoditas karena selain sebgai penukar, rak ada fungsi lainya. Apa jika anda lapar, uang anda akan anda bungkus daun pisang dan dijadikan pepes kertas gitu? Kan tidak bisa. Jika anda punya hati nurani, maka pikirkanlah hal tersebut, karena uang yang terambil oleh anda, bisa saja uang milik fakir atau orang cacat. Hati-hatilah

      • Bisa buat org malas kerja,, maen transfer kirim uang bantuin org tp dia juga di bantu org lain,, kasih uang ke org lain tp berharap dikasih uang jg ma org lain,, menggantungkan sumber pendapatan dari hasil pemberian orang lain.. Awalnya masih jd org susah dibantu ma org yg mampu ntar udah dibantu dan sudah mampu udah jd kaya tetap aja masih dapat dana bantuan dr org lain.. Memang niatnya bagus menolong saling bantu,, tpi menurut saya caranya tidak srek dihati..

  13. PROGRAM INI PERNAH ADA DAN SERING, MULAI DARI ARISAN BERANTAI, WESEL-WESELAN, TRANSFER-TRANSFERAN DARI SEJAK PAKE JASA POS GIRO… TAHUN 1980 -1 990 AN…
    TIDAK LAMA LAGI SISTEM INI AKAN KOLAPS… JUTAAN ORANG YANG TERAKHIR LAH YANG DIRUGIKAN..
    MUNGKIN MEREKA NANTI NAGIH NYA DI AKHIRAT…

  14. Yang mengatakan Riba bahkan Haram, coba anda inget anda menabung atau bahkan mendepositokan uang anda di Bank apa tidak,??? kalau anda menyimpan uang anda di Bank jelas itu RIBA yang anda tidak pernah sadari, kecuali anda menyimpan uangnya di bawah Bantal atau Kasur. Sebaiknya “Jangan menunjukan 1 jari ke orang lain karena anda tidak sadar barhwa 3 jari anda menunjuk kepada diri anda sendiri”. “Hanya Allah yang Maha Benar”

    • Karena itulah sebagai muslim harus selalu berhati2 dgn sistem seperti ini, sama juga dengan saat menabung untuk memilih bank, jgn sampai mmakan harta riba, krna dosanya besar. Sudah jelas di sistem MMM ini terlihat ke riba anya. Masa ketika memberi bantuan berharap minta kembali + dijanjikan 30%. Dan istilah GH dan PH hanyalah permainan kata2 saja, prakteknya adalah sama dengan anda mentransfer orang dan mendapat transfer kembali + bunga 30% yang sudah dijanjikan. Dan sistem ini sudah dijamin suatu saat akan kolaps, mengapa? Simple alasanya karena jumlah manusia di dunia ini terbatas, ditambah lagi banyak peserta yang withdraw setelah mendapat untung 11%, 20%, 100%, dan seterusnya. Jadi ketika sistem tak mendapat member baru, dan ada yang withdraw uang, keseimbangan sistem terganggu, karenaMMM hanya mengandalkan perputaran uang membernya tanpa ada dana baru yang diambil dari investasi diluar misalnya . MMM takan bisa memenuhi. GH÷ 30% semua orang. Dengan begitu sistem ini sama saja dengan mengambil uang orang lain kan? Naudzubillah

    • Sebagai tambahan dosa riba : Riba itu memiliki 73 pintu. Yang paling ringan (dosanya) adalah seperti seseorang yang mengawini ibunya. (HR al-Hakim dan al-Baihaqi). Satu dirham riba yang dimakan oleh seorang laki-laki, sementara ia tahu, lebih berat (dosanya) daripada berzina dengan 36 pelacur (HR Ahmad dan ath-Thabrani)

    • Pada suatu ketika Umar bin Khattab r.a. bertanya kepada Ubay bin Ka’ab tentang taqwa…

      Ubay bin Ka’ab menjawab, “Bukankah Anda pernah melewati jalan yang penuh duri…?

      “Ya…”, jawab Umar bin Khattab.

      “Apa yang Anda lakukan saat itu…?” kata Ubay bin Ka’ab.

      “Saya akan berjalan dengan sungguh-sungguh dan berhati-hati sekali agar tak terkena dengan duri itu”. kata Umar bin Khattab.

      “Itulah TAQWA…!” jawab Ubay bin Ka’ab.

    • logika sederhana bro… kalo anda melakukan 1 kesalahan… dari 10 kesalahan yang ada… bila anda orang baik… dan hidup di negara yang sistem perbankannya hanya ada system konvensional. maka 1 kesalahan itu sudah cukupp… jangan trus karena sudah salah di point no 1.. maka 9 kesalahan lainnya di hajar juga….

      Sama hal… situ tau model gini Riba, maka hindari… wong usaha yang lain banyak…. sedangkan urusan perbankan …. berdoa agar 9 kebaikan dari 10 dapat menutup 1 dosa yang telah dilakukan…

  15. Analisa saya.
    Sebenarnya pernyataan poin 1 sudah terjawab sendiri oleh penulis.
    Penulis lupa bahwa asbabun nuzul ayat itu adalah karena orang2 jahiliyah melakukan itu agar mereka bebas dari bayar Zakat.

    Nah, apakah di MMM orang melakukan pemberian utk menghindari dari Zakat.
    Jawabnya tentu tidak. Karena sama sekali tidak ada niat utk itu.

    Itulah mengapa ayat ini turun, karena Nabi SAW membenci perilaku orang2 jahiliyah yg memberi agat mereka lepas dari hukum kewajiban zakat.

    Sebenarnya ayat ini kepada hal yg berbau SOGOK, SUAP, ATAI RISYWAH.

    poin kedua juga masih tidak tepat, uang disini hanya di pakai utk transfer bantuan bukan komoditas.

    Semoga tidak salah kaprah lagi.

    Wallahu a’lam

    • @kiki. Anda itu salah kaprah tentang bantuan, yang namanya bantuan itu memberi secara sukarela, sedangkan di MMM ada konsekuensi jika tak memberi “bantuan” tersebut, yakni dikeluarkan dari sistem, ini kan sama dengan membayar, artinya berkonsekuensi jika tak dilakukan. Bantuan itu hanyalah permainan kata2 saja oleh mr mavrodi supaya melegalkan skema arisan berantainya tersebut. Dan pada intinya semua tertarik bergabung kan karena reward 30% itu, coba kalo murni membantu tanpa ada reward, ato referal, murni bantu membantu. Emang masih ada yg mau gabung? Ckck, sesugguny kbatilan itu akan lenyap..

  16. Bismillah, kami mau komen sedikit tentang MMM, moga bisa mencerahkan sahabat muslim.

    MMM sudah pasti RIBA dan RIBA sudah pasti HARAM..HARAM.. SEKALI LAGI HARAAAM!!!!

    “Allah menghalalkan Jual Beli dan MengHARAMKAN RIBA”

    Dimana Riba nya ?

    Prinsip utama dalam riba adalah PENAMBAHAN.

    Menurut syari’ah riba berarti PENAMBAHAN atas harta pokok TANPA ADANYA TRANSAKSI BISNIS RIIL

    sumber : Badr Ad-Din Al-Ayni pengarang Umdatul Qari’ syarah Shahih Al-Bhukhari.
    dari http://konsep-riba.blogspot.com/

    ===========

    RIBA Sistem MMM ini berasal dari RATE atau TAMBAHAN sebesar 30% dari uang POKOK yang DIBANTUKAN (PH) tanpa adanya bisnis atau transaksi RIIL setelahnya seperti jual beli produk atau jasa.

    Lho di MMM kan ada jual beli MAVRO ?

    Jual beli MAVRO bukan TRANSAKSI BISNIS RIIL seperti kita waktu jual beli produk di pasar atau toko, Jual beli MAVRO hanya JUAL BELI UANG (MONEYGAME).

    So… Bagi anda yang beragama Islam dan YAKIN akan AKHIRAT itu ADA dan YAKIN anda PASTI MENINGGAL, maka kami mengajak untuk segera meninggalkan sesuatu yang sudah pasti RIBA dan HARAM.

    Kasihan anak istri dan keluarga kita makan harta HARAM. Darahnya adalah DARAH HARAM.

    • berarti uang bank haram dong dan orang yg kerja di bank semuanya di gaji dgn uang haram dong , dan juga semua oarng yang nabung di bank uangnya dgn segaja di buat haram dong dan artinya semua manusia sudah makan uang haram dong termasuk tokoh2 pembuka agama ngak masuk akal klo uang mereka ngak pernah di simpan di bank

  17. Yg bilang mmm itu “membantu manusia tanpa mengharap imbalan”, coba sekarang dengerin ane. Sini ane pinjem uang agan sekalian, terutama yg ikut mmm. Ane pinjem 100jt, bulan depan ane balikin. Tapi ane balikin nya tetep 100jt, bukan 100jt+30%, tolong bgt ane lg butuh bantuan untuk nafkah n kerjaan ane. Ane makasih bgt kl agan mw membantu ane.
    Berani gak gan bantu ane?

    Pasti gak berani. Karena kalian di mmm itu membantu dg mengharapkan balasan. Berbeda dg bekerja yg mendapat gaji. Kerja itu kewajiban, gaji itu hak. Nah kalo minjemin ane, hak agan dapet 100jt+30% ya? Itulah riba namanya.

    • itu karena ente ukurnya 1 orang,,
      ini kita di dalam bersama – sama,
      hitungan kasarnya 100 orang membantu 1 orang,,

      kalau ane itu itung 1 : 1

      ini linknya silahkan ente baca semuanya,
      siang malam bacanya supaya agan ngerti , sisitu ada semua dari hukum sampai analisis matmatis, psikolog dan embel-emebl lainNYA<

      http://www.centermmm.com/

      • Ada yang bilang MMM bukan bisnis, hmm, ditinjau dari segimana ya? Sekarang saya tanya sama member ada ga yang niat gabung ikhlas karena pengen bantu orang? Kenapa kalo niat bantu orang mesti pake MMM? Di sekitar kita banyak orang yang butuh duit buat modal usaha. Kenapa jumlah org yang menawarkan bantuan tak sebesar jumlah member MMM? Hmm, simple aja jawabnya, hal ini terjadi karena mereka mengharapkan yang disebut reward 30% itu, (woow, sangat menggiurkan). Sekarang kalo misalnya saya minta bantuan 10 juta buat bisnis saya, saya kembaliin 100% ga pake bunga? Ada yang bersedia ga nih para member? Yah, itulah pinternya si mavrodi, dia hanya bermain kata2 disini, pakai istilah bantu membantulah, atau bukan bisnis lah, tapi saya jamin niatnya semua pada nyari profit (sekali lagi, 30% woow menggiurkan)

      • @ sadly, anda salah kaprah, pertama, apa bisa sistem tersebut disebut membantu? Kalo niatnya membantu, mengapa ada konsekuensinya jika tidak memberi bantuan tersebut, yakni dikeluarkan dari sistem, ini kan lebih mirip transaksi jual beli, dimana ada konsekuensinya jika tidak dilakukan. Kata2 membantu itu kan hanya permainan kata2 mr. Mavrodi saja, supaya skemanya dilegalkan. Anda belum menjawab, apakah anda mau bergabung dengan sistem, jika sistem tak menjanjikan reward 30% atau bonus referal? Sudahlaah, sudah bukan rahasia umum lagi jika orang yang bergabung ke MMM itu hanya masuk karena reward 30% perbulanya itu, bukan karena ingin saling membantu. Dosanya berat brow, kalo anda muslim ya

  18. Buat sri farrel, mmm bukan bisnis bagaimana? Lalu disamakan dengan mencari kerja mengharap hasil juga bukan bisnis? Jelas kerja itu juga sebuah bisnis, pertukaran jasa/tenaga dengan uang. Sekarang MMM bukan bisnis bagaimana? Apakah ada yang gabung MMM tak mengharapkan Reward 30%? Jika sistemnya MMM diganti menjadi murni membantu orang, dana yang anda pinjamkan akan diganti bulan depan, dengan jumlah yang sama 100%, apakah masih ada yang mau join MMM? Kkk, kayanya boro2 kecuali yang bener2 hatinya baik, lagian dana kita tersebut melayang selama sebulan, lo bukanya niatnya ikhlas bantu membantu? Itulah dia, yang join MMM lebih berniat mendapat profit daripada membantu orang lain. Cocok sekali dengan ayat tersebut diatas. Lalu anda bilang, janganlah pajang2 ayat segala.. Lo lantas buat apa ayat tersebut dipajang jikalau bukan untuk memperingatkan. Memang kita berbicara, kita pun harus siap terima konsekuensi, termasuk menjauhi sistem2 riba ini, dan juga memakan harta riba dari bank2. Karena buat yang muslim, riba itu dosanya gede brow, jangan tambah2 dosa berat lagi. MMM itu dibuat oleh seorang yang tinggal di negara komunis, yang mayoritas Atheis, kalo non muslium semisal kristen misalnya, mungkin mereka masih antipati pada hal yg bersifat penipuan, kalo riba mereka ga masalah, karena ga diatur di kitab mereka. Tapi kalau atheis, jangankan riba, penipuan pun tidak masalah mereka lakukan karena satu2nya hukum yang mereka pegang adalah hukum duniawi. Jadi asal lolos hukum duniawi, jalan teruss, sampe mampus (50 orang bunuh diri di rusia gara2 MMM)

    • kalau sy join di kokajang, dgn niatan “kalo dpt untung ya alhamdulillah, tapi klo hangus anggap ja sedekah” halal tidak? secara sy kan setor uang sm orang yg blm pernah kontak fisik sebelumnya.

      • ente bilang disini niatnya bisa gitu… tapi Allah maha mengetahui bro niat ente sebenernya… karena apa? Allah kalau ngasi rejeki… ga model ginian…. 30% dibayangin didepan mata…. Allah kalo ngasih rejeki… caranya tau2 ente naik jabatan, atau tau2 ada orang bayar utang yang bertahun2 ga dibayar, atau ente dikenalkan sama pebisnis yang bikin ente kaya raya…. intinya sebenernya ente dibuat ga sadar kalo ente dapet rejeki banyak karena biasanya rejeki seiring dengan pengeluaran… kalo ente bersyukur… ente bakal mikir… 2 tahun yang lalu ente jadi apa… sekarang jadi apa…. kalo ente ga bersyukur… ya 30% juga disikat deh…

  19. Dan yang udah ahli MMM, udah expert soal sistemnya katanya. Ane mau nanya nih, kan kalo ditanya kenaikan 30% itu dari mana “ada yang jawab” dari kenaikan mata uang mavro 30% setiap bulanya. Tapi anehnya, harga satu mavro tiap bulan ko sama2 aja ya? Ga naek2, kwkw, yang bikin sistem bisa keblinger juga ternyata. Ataukah kenaikan mata uang 30% tersebut hanya akal2an untuk menyamakan “usaha” ini seperti usaha forex, biar dilegalisasi gitu? Kwkwkw. Ane nanya silahkan jawab,

  20. saya masih bingung mmm itu riba ato gag, kalo riba disini gag da yg dibuat susah ato terilit bunga riba.. kalo gag riba dari 100rb dpt 130 rb, drmna sumbrx???bingung dahh

    • Dan bukan hanya riba masalahnya, 30% itu juga didapat dari transfer member baru masuk selain yang lama, sehingga hampir dipastikan, jika suatu saat tak ada member baru masuk, maka member yang di akhir2 masuk akan dirugikan, dan juga top membernya akan pada withdraw, dan karena niatnya nyari untung, pasti ada orang yang dirugikan, dan kehilangan uang. Jadi SAMA SAJA DENGAN MENGAMBIL UANG ORANG LAIN

    • Nah ketidakjelasan sumber uang itulah yg menjadikannya haram. Kalo jual beli barang, jelas sekali ada keuntungan dan Halal mengambil keuntungan dr barang yg dijual. 30% itu jelas memutar uang dr anggota2 nya.. artinya memakan uang orang lain. Mavro itu jelas hanya ilusi yg dibuat si empunya MMM… kalo memang belum join MMM, mending cari bisnis lain yg lebih jelas pembagian keuntungannya

    • sebenernya menurut saya sih ada 2 mudaratnya… 1. karena pasti Riba dan 2. bisa jadi Judi… kok begitu? kalo ente PH 100rb terus dapet 130rb berarti ente Riba, kalo engga dapet 130 Rb atau zonk… berarti ente rugi 100rb, berarti Judi karena sifatnya kan untung2an… bisa dapet bisa engga…. tergantung ada orang lain yang PH apa engga toh?… kalo ane baca iklan MMM sih… dari modal 100rb ada yang dapet 130,150, 200… ga mesti 30% disini aja uda ada untung2an nya kok… Judi bingitsss

  21. menurut ane si ya lakuin aja yg menurut anda benar…toh kami gak pernah mengganggu org2 yg gak mau gabung MMM…mau gabung atau gak kn gak da mslh…sesuatu yg baik pasti bnyak yg gak suka,jdi wajar bnyak yg negatif…DUNIAMU DUNIAMU,DUNIAKU DUNIAKU…jalanin aja masing2,,,

  22. Yg pastinya mmm adalah riba , karena membantu orang dgn mengharapkan keuntungan yang lebih besar . apalagi sampai 30 %. tidak takutkah kalian berenang dilautan darah , disaat akan naik kedaratan kasian tidak dapat mencapainya . yg akan terus menerus ditenggelamkan . sadarlah wahai saudaraku muslim dan muslimat smuanya , sesungguhnya uang riba itu tidak menjadi berkah buat kita . Sebaliknya menjadikan penyakit yg menyiksa diri kita . Sampai kita bertobat . Smoga Allah memberikan petunjuk untuk kita smua . AMIN

    • Ingin kerja halal ?dan paling halal adalah nelayan dan petaani. …! He..he..hee…gak kena dampak apapun dan di butuhkan orang banyak

  23. Menarik sekali.. saya insyaallah juga Muslim yg beriman dan bertaqwa seperti antum.. Dan saya juga sedang Galau bin sebab sudah setor ikut MMM tadi siang.. kekekekekek.. tapi sungguh bin nyleneh.. rasanya hati ini gundah dan menangis waktu sholat hari ini.. rasanya sesak didada tapi nggak tau kenapa.. yg pasti masih bingung ini HARAM atau HALAL..
    Ok coba kita kupas sampai tuntas..
    Karena Haram itu harus dipastikan 100% you know.. because nggak ada namanya Haram 50% atau 25% haram.. you know ..

    Kalau emang pasti haram.. moga-moga bulan depan belum kolap biar ane ambil uang ane dan hasilnya yg haram ane buat Nonton bioskop sebulan penuh .atau buat buat beli macem-macem mainan anak ane yg always pasti ancur dalam seminggu….pokoknya nggak masuk mulut kwekkekeekek

    Gini ustadz dan ustadzah sekalian yg dirahmati Allah SWT

    beberapa bulan kemaren ane didatengi temen ane yg jadi manager MMM ditempat ane.. karena ane nih juga lumayan alim.. ane malah kasih ceramah temen ane itu
    Yah isi ceramahnya pokoknya seputar Riba, Merugikan Orang lain dan Menipu.

    bentar.. laper.. nanti ane sambung gan.

  24. ustadz dan ustadzah sekalian yg dirahmati Allah SWT

    Diantara yg jadi pertimbangan pro dan kontra disini adalah..
    1. Riba atau Bukan Riba
    ane udah kasih ceramah ke temen yg coba prospek ane begini…
    Bahwa dari semua dalil dan ayat suci kita.. intinya riba itu adalah
    “Memberikan bantuan Uang kepada seseorang dengan maksud mendapat Pengembalian Uang yg Lebih besar dari orang itu, tanpa kita membantu dia untuk bekerjasama mendapatkannya”..(titik)
    dalilnya kita sudah tahu semua, koment diatas juga ada … itu intinya OK..

    kemudian dirumah saya mencoba menganalisa apa yg ane omongkan sendiri
    disini saya bukan anti MMM dan juga sangat menjunjung tinggi ajaran Islam you know..

    sistem MMM terkesan menolak apa yg saya tuduhkan itu, sbb

    1. Orang yg saya Bantu, tidak merasa Berat dengan keinginan saya untuk mendapatkan pengembalian yg besar (30% per bulan).. karena kenyataannya.. orang yg saya bantu itu, Menyetor lagi uang yg lebih besar untuk membantu orang lain yg ane dan dia juga nggak kenal.. wah pusing ane you know…
      begitu seterusnya dan seperti bola salju..
    2. ada dalil yg membuat ane jadi tergoda untuk membenarkan hal ini:

    Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlangsung atas dasar suka sama-suka di antara kamu”. (QS. An-Nisa` : 29)

    di MMM ini berlangsung atas dasar suka sama-suka, kalau ngga suka ngapain mau maunya PH dan GH.. OK. kita coba tidak Kolot dan Kaku untuk mengupas Durian.. nanti takut ketusuk ternyata dalamnya enak kwekekekkekek

  25. Jadi intinya itu.. di MMM ngga ada yg terpaksa harus kirim.. semuanya merasa semangat kirim ..kenapa.. karena suka banget.. bulan depan dapet uang dari kiriman hari ini.. dan yg dikirim.. juga suka buanget.. karena apa yg dia impikan bulan kemarin bener-bener dia dapet.. begitu seterusnya… Ok.. sampe sini.. ane juga sepakat .. ini arisan suka ama suka aja.. ngga ada yg dizholimi..

    TAPI TUNGGU !!!

    Nggak ada yg dizholimi ?? Jelas ada.. siapa?? yaitu mereka yg nanti kirim saat MMM ini waktunya Kolaps.. you Know.. sudah terlanjur kirim ..eeehhh tutup Kolaps.. asem kwakakakkakakka

    Nah.. disini salah satunya yg bikin ane ngikut aja… ini ngga bisa ane bantah you know..

    1. Menurut Ane.. ini menurut ane yah.. bisa salah bisa bener..
      Haram dan Halal tergantung Akad nya..
      Misal gini yah.. ane kan juga pengusaha muslim nih.. ane kalau butuh bantuan modal mesti harus minta pinjaman ke Bank.. bukan cuman ane sih.. semua Muslim dari sabang ampe merauke juga sama kayaknya..ya kan.. jujur aja OK..

    menurut ane itu bukan Riba.. loh kok bisa.. ya.. gimana lagi.. kalau ane nggak dikasih ama Bank bisa ancur usaha ane ya kan.. order numpuk.. modal cupet.. pinjem tetangga nggak mungkin.. pinjem mertua.. malu kan..
    disini ada Akad saling suka ama suka.. ane ngga merasa berat dengan bunganya.. dan bank juga setuju pinjemin ane duit .. sesuai dalil diatas.. HALAL .. OK. Kalau di Bank Syariah istilah Bunga diganti jadi Bagi hasil.. bagi ane sama aja OK.

    Nah kembali masalah “yang dizholimi” tadi, gimana mereka ? apakah mereka benar-benar dizholimi ?? jawabnya kembali lagi: TERGANTUNG AKAD nye..
    maksudnya gimana..
    tergantung yg Ngajak tuh.. akadnya harus jelas.. ini bisnis Full Risk.. ente mau ikutan arisan disini.. berarti ente harus siap dana bantuan ente nggak balik..
    Akadnya, Ente harus paham betul.. bahwa MMM tidak menjanjikan pengembalian Pasti 30% bulan depan.. ente harus siap dan ikhlas nangis duit gak balik .. eeehh ikhlas kok nangis kwakakakkak

    intinya yah… arisan disini harus SUKA SAMA SUKA.. dengan segala Resikonya.
    tentu ada resiko dong.. bertani aja ada resiko, berdagang juga resiko.. semua mengandung resiko.., Jadi harus paham diawal.. Kalau Takut duit Nggak balik.. Ya Jangan Ikut ya kan..OK.. hidup emang penuh resiko ya bro.. kwkakakakk

  26. Jadi ni terakhir buat temen-temen yg sudah ikutan .. Kalau mau ngajak orang.. Jelaskan dulu yg bener.. saya Baca di MMM itu nggak ada Kepastian dapet 30%.. nah itu MMM ideologinya udah bener.. Jangan pakai iming-iming dan memastikan dapet hasil.. itu Dosa tauk.. Menipu Orang Tauk.. Kalau nanti waktunya Kolaps.. jangan sampai yg diajak merasa diTipu OK..

    Dan yg daftar sendiri mesti Paham betul.. Jangan cuman tergiur hasil gede.. Mesti Sadar.. Sadar sesadar sadarnya.. Bahwa Duit Ente tuh bisa Ilang buat Bantu orang.. Jangan harap bisa balik.,. Ente mesti Ngerti OK.. Jangan nangis kalau besok pagi MMM kolaps , Trus menyalahkan temen ente atau MMM..you Know.., MMM nggak menjanjikan kepastian Hasil .. pelajari lebih telilti OK…

    OK Clear ???

    Nah sekarang masalah Judi.. ini nih yg masih bikin Galau..
    MMM ini Judi atau bukan yah.. Dosa apa Nggak yah..
    Mari kita bahas lebih dalam OK
    Kebenaran hanya milik Allah
    Kita harus mencarinya OK
    Kalau Dosa Tinggalkan meskipun enak OK

  27. pada dasarnya bermuamalah itu mubah sampai ada dalil yang mengharamkannya (kaidah fikih). dari berbagai argomentasi di atas, saya berkesimpulan bahwa transaksi MMM ini sudah bertentangan dengan syariat (muamalah islam). kalau ini bukan bisnis harusnya tidak ada keuntungan yang didapatkan. bila ini membantu harusnya tidak mengharapkan imbalan yang lebih. para memeber hanya berdiam diri terus mendapatkan uang dari keuntungan membantu (pasif income).
    tidak perlu mencoba dulu kalau kita ragu…

  28. Assakamualaikum WrWb…

    Maaf ane juga member MMM tapi juga Muslim yg beryaqwa insyaallah..
    dan perkataan ane ini hanya untuk ustadz dan ustadzah yg mencari kebenaran hidup seperti ane juga…

    setelah semalaman ngga bisa tidur gara-gara ikutan setor PH ke MMM…
    Ane berkesimpulan bahwa.. apa yg ane lakukan itu salah..
    dan ane bisa menguraikan 3 tingkat kemaksiatan yg dilakukan dalam MMM

    1. kemaksiatan Mengundi Nasib (Perjudian)
    2. kemaksiatan Menzholimi harta orang Lain (Penipuan)
    3. kemaksiatan Riba

    3 kemaksiatan ini, dilakukan member MMM menurut tingkatannya..

    akan ane coba jelaskan lebih lanjut…

  29. ane ngga ngerti kenapa setelah setor PH hati ane gelisah dan gundah.. bahkan ane merasa susah buat khusyuk sholat.. ini pasti ada yg salah .. gitu menurut hati ane.. sampai ane menangis dan merasa berdosa..
    karena yg sangat sulit adalah Jujur kepada Allah dan diri sendiri, berusaha mendapat pembenaran dari keinginan duniawi nafsu kita meski dalam hati kita tahu ada yg salah..

    ketahuilah dalam tibuh Muslim yg bertaqwa, ada Roh yg disinari Cahaya suci..
    dan saat kemaksiatan mendekati kita, Cahaya pembimbing ini akan bertindak seperti radar.. membuat hatimu resah dan mencoba menolak kemaksiatan itu..
    karena itu bagi ane sebagai muslim yg tidak berilmu tinggi, Cahaya iman ini sudah cukup untuk menyelamatkan kita kembali menuju jalan yg Lurus.. insyaallah..

    Tapi bila antum mengabaikan keresahan dan rasa bersalah itu lalu terus menjalankan kemaksiatan MMM ini, maka antum akan terbiasa dan tidak tahu lagi mana yg halal dan haram terasa sama saja.. bahkan antum masih bisa sholat, puasa dan lainnya meskipun antum terus melakukan kemaksiatan MMM ini..

    analoginya sama dengan dulu saat ane sekolah,. semua temen pada merokok,, keren banget kayaknya.., padahal ortu dan pak guru udah ngelarang.. coba sebatang masa ga boleh sih.. gitu pikir ane.. saat mau nyalakan rokok.. ane jadi galau, resah, gelisah.. ..ane timang-timang rokok ama korek.. ea ngga ya..sedot ngga ya… akhirnya ane bakar juga satu rokok itu.. selama ane sedot sebatang rokok itu perasaan ane bergejolak antara boleh dan tidak… tetapi.. setelah rokok habis.. selanjutnya bisa ditebak.. ane jadi pecandu rokok tanpa rasa gelisah lagi..

    Begitulah kemaksiatan MMM.., semakin antum terlanjur masuk.. maka jadi terbiasa dan tidak ada rasa berdosa..

    1. MMM adalah Kemaksiatan mengundi nasib (BERJUDI)

    MMM sudah berjalan 2 tahun dan info dari manager ane sudah mencapai 2 juta account.. jadi karena ane ikut sekarang.. ane berada dalam era kehancuran sistem MMM ini ya kan.. ente jangan bilang MMM pasti terus long life jaya seumur hidup ente.. Nah disini lah ane masuk dalam unsur BERJUDI..
    Kalau ane ikutan sejak dulu .. 2 tahun yg lalu.. sama saja.. waktu itu masih dikit banget yg ikut.. jadi semua masih pada Takut.. iya kalau jalan.. kalau nggak ada yg mau PH gimana..nah itupun tetap masuk dalam unsur mengundi nasib / berjudi
    kita mesti jujur OK..

    “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan keji, perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”

    jadi MMM itu adalah perbuatan keji.. perbuatan setan.. apa ente ngga kasihan sama setan.. harusnya MMM itu mainan buat setan tapi ente dan ane lebih dulu menjalankan.. kekekekek..

    Bulan depan isyaallah ane GH dan tutup account ane.. dan bonusnya ane buat apa ya.. buat nonton bioskop, trus beli mainan buat anak-anak, trus buat apa lagi yah.. ane ngga mau masuk mulut kekekekeke…, tapi kalau bulan depan MMM kolaps.. ya udah deh.. ane ikhlasin .. itu kesalahan ane sendiri

    cari selamat lebih penting OK..

    • lebih selamat… uangnya ke anak yatim pak…. isya Allah diterima Allah… saya dulu pernah bikin salah tapi bukan soal MLM, tapi soal korupsi yang mendarah daging di perusahaan jadi ikut kena imbasnya… Masya Allah bener kata ente pak… Cahaya Allah yang bikin kita gundah gulana…. mudah2an doa anak yatim bisa ikut memuliakan kita dimata Allah

    1. MMM adalah kemaksiatan Menzholimi harta orang Lain (Penipuan)

    Ane pernah bilang bahwa MMM haram atau Halal tergantung akad nya… perniagaan suka ama suka maka halal.. OK
    Pagi ini ane coba perkenalkan MMM ke temen ane.. meskipun ngga ada kewajiban merekrut downline.. tetapi ane sebagai member secara otomatis punya naluri mendukung LongLife jaya selalu MMM.. agar terus berlanjut dan bisa terus GH maka ane mesti ikutan promosi ke temen atau saudara OK.. biar kalau Macet banyak temennya kekekekkekek

    Ane berusaha menjelaskan bahwa MMM tidak memaksa, harus pakai duit yg nggak kepakai dapur atau duit nganggur.. trus harus paham ini bisnis arisan berantai penuh resiko..jangan terlalu berharap bulan depan masih Lanjut.. bisa Kolaps setiap saat.. jadi mesti paham.. itulah ideologinya MMM..ane berusaha biar MMM ane ini berdasarkan Akad suka sama suka biar Halal..

    Ehh.. Nggak ada yg mau ngikut you know.. semua pada ngecam ane.. kekekekek..
    trus ane coba pakai jurus lama.. ane dulu Jago Presentasi MLM.. ane dulu sebelum jadi muslim hampir tiap hari diundang ke kantor2 bank. kantor balai desa, dll.. bahkan ane dulu pernah presentasi MLM di dalam gereja.. diundang Pak Pendeta.. walhasil seluruh gereja ngikut MLM ane saat itu..pendeta bilang nih kita mesti beli benih iman melalui aktifasi MLM, hasilnya buat renovasi gereja .. kwekekekekek

    .Jurus lama ana pakai.. ane bilang bahwa :
    Kita ini harus positif thinking.. Optimis …jangan ada keraguan pada MMM
    MMM nggak mungkin kolaps dalam waktu dekat ini.. kita mesti Cerdas manfaatkan
    Kita nih harus kerja cerdas.. bukan kerja keras..ini sangat Luar Biasa.. Nggak ada yg Rugi kecuali yang nggak mau ikut..
    apapun kata orang.. MMM must Go On..Bla.. Bla.. Blaa..
    walhasil ane berhasil menjerat keserakahan temen-temen ane kwekekekekekke

    Tapi sore ini temen-temen ane yg minta didaftarin sama ane langsung ane Stop..
    ane jelasin bahwa ane tadi Berdusta.. kalau nggak Berdusta.. kalian semua ngga bakal mau ikut kwekekekekk..

    “Kamu tidak boleh menzalimi orang lain dan tidak boleh dizalimi orang lain.” QS. Al-Maidah [5]

    maka bagi ane MMM adalah penipuan..

  30. kalau dianggap judi saya lebih sepakat, tapi kalau participant benar2 ikhlas membantu gimana ? kan niat dihati tak ada yg tahu, truss, bunganya kan hanya sampai 3 bulan, hbis tu mentok tdk nambah2 lagi kayak deposito, diambil atau enggak ya cuma seperti itu, mau diapain tuh uang ?
    COBA AKAL BULUS gimana kalau uangnya terus dimainkan(dengan mengajak orang sebanyak2nya) sampai numpuk 100jt hbs tu didepositokan,,,kita makan bunga deposito, HALAL ato HARAM ? KALAU suatu saat MMM kolaps, uang 100jt itu qita PH kan semua dengan niat mengembalikan….

  31. Hukum MMM

    Posted by Farid Ma’ruf pada 19 September 2014

    Pertanyaan :

    Saat ini sedang ramai adanya arisan berantai MMM. Ustadz, apa hukumnya MMM? (Ruslan GD, Jakarta)

    Jawaban :

    MMM singkatan Mavrodi Mondial Moneybook atau Manusia Membantu Manusia. Mavrodi berasal dari nama penggagasnya, Sergei Mavrodi, seorang residivis dari Rusia yang pernah dipenjara lantaran membuat sistem MMM di Rusia. MMM diklaim bukan aktivitas bisnis/investasi tapi komunitas sosial (social networking) semacam arisan yang para anggotanya saling memberikan bantuan secara sukarela kepada anggota yang lain. Anggota MMM diharuskan melakukan dua hal pokok, yaitu membantu (provide help) dan meminta bantuan (get help) (www.mmmindonesialegal.com).

    Mekanismenya, setiap orang yang akan menjadi anggota MMM diminta mendaftar dengan cara membuat akun di website MMM dengan memilih paket dana sesuai keinginan, yakni minimal Rp 1 juta dan maksimal Rp 10 juta. Setelah mendaftar dalam waktu tiga-lima hari, anggota diminta membantu (provide help) anggota yang lain, yakni mentransfer uang sesuai pilihan paket. Transfer uang diklaim tidak melalui rekening admin (pengelola) tapi langsung antar rekening anggota. Anggota diwajibkan membantu (provide help) selama satu bulan, dan setelahnya dijanjikan mendapatkan reward (dengan melakukan get help) dari anggota lainnya sebesar 30 persen dari nilai total bantuannya. Misal, seorang anggota yang memilih paket bantuan Rp 10 juta, akan mendapat reward sebesar Rp 3 juta per bulan tanpa perlu usaha apapun. (www.tempo.co, http://www.tribunnews.com).

    Hukum MMM adalah haram secara syar’I, berdasarkan dua alasan utama;

    Pertama, penggunaan istilah “bantuan” atau “komunitas sosial” adalah suatu penipuan atau kebohongan, karena tidak sesuai dengan faktanya. Yang disebut “bantuan” adalah memberi harta (uang, dll) kepada pihak lain tanpa meminta kompensasi/reward. Misalnya, memberi bantuan uang kepada korban bencana alam, atau membantu saudara-saudara kita yang menjadi korban kekejaman Yahudi di Gaza, dan sebagainya. Dalam pemberian bantuan ini, jelas pihak pemberi tidak mendapat reward atau kompensasi finansial apapun. Itulah makna “bantuan” yang sesungguhnya, yang dalam terminologi hukum Islam diistilahkan dengan “shadaqah” atau ”hibah”. Maka dari itu, klaim MMM sebagai komunitas sosial atau berprinsip saling “membantu” adalah kebohongan yang nyata. Sebab MMM jelas kegiatan bisnis atau investasi yang berorientasi keuntungan, bukan kegiatan sosial, karena anggotanya dijanjikan mendapat kompensasi berupa reward sebesar 30 persen.

    Islam dengan tegas telah mengharamkan segala bentuk penipuan atau kebohongan. Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW suatu saat melewati seonggok makanan yang dijual di pasar. Lalu Rasulullah SAW memasukkan tangannya ke dalam onggokan makanan itu hingga jari beliau menyentuk makanan yang basah. Rasulullah SAW bertanya, “Apa ini wahai penjual makanan?” Penjual makanan menjawab, “Itu kena hujan wahai Rasulullah SAW.” Rasulullah SAW berkata, “Mengapa tak kamu letakkan yang basah itu di atas supaya dapat dilihat orang-orang? Barangsiapa yang menipu maka ia bukan golongan kami.” (HR Muslim).

    Kedua, apa yang disebut reward sebesar 30 persen sesungguhnya adalah riba yang sudah jelas keharamannya dalam Islam dan merupakan dosa besar (al kabaa’ir). Na’uzhu billahi min dzalik. Karena uang yang ditransfer oleh anggota MMM kepada anggota lainnya hakikatnya bukanlah “bantuan”, melainkan dihukumi sebagai “pinjaman” (qardh) kepada anggota lainnya, yang suatu saat akan dikembalikan ditambah dengan ribanya sebesar 30 persen.

    Islam telah mengharamkan pemberian pinjaman yang menghasilkan adanya tambahan atau manfaat. Dalilnya hadis dari Anas ra, dia berkata, “Seorang lelaki dari kami bertanya dia pernah memberi pinjaman (qardh) kepada saudaranya, lalu saudaranya memberi hadiah kepadanya. Maka Nabi SAW bersabda, Jika salah seorang kamu memberikan pinjaman lalu dia diberi hadiah, atau dinaikkan di atas kendaraan, jangablah dia menaiki kendaraan itu dan jangan pula menerima hadiah itu, kecuali itu sudah pernah terjadi sebelumnya antara dia (pemberi pinjaman) dan dia (peminjam)”. (HR Ibnu Majah). Wallahu a’lam. (www.konsultasi.wordpress.com)

    Sumber : Tabloid Media Umat edisi 135/19 September 2014

  32. kokajang tu halal apa haram?
    seandainya sy punya hutang di bank syariah 100jt, yg musti sy bayar 130jt
    apabila sy sudah byr 100jt, trs sisanya yg 30jt sy bayar dgn hasil invest di kokajang, halal apa tidak?

  33. Ajaran agama makin banyak di toleransi. yang Haram menjadi dibolehkan dengan banyak alasan dan pertimbangan atau mungkin disesuaikan dengan perkembangan zaman.
    namun DOSA tidak bisa di toleransi, alasan apapun itu.
    Bukannya sok alim, tapi takut balasannya. kalau bukan sekarang, nani di yaumil Arafah
    wassalam

  34. Saya sedang melakukan penelitian akademik tentang MMM. Saya membutuhkan partisipan untuk mengisi angket atau melakukan wawancara. Wawancara dapat dilakukan via telepon, fb, wa, atau email. Terimakasih atas kesediannya.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Waspada! Banyak Mantan Member MMM yang bikin Arisan/Investasi Bodong Untuk Menutupi Kerugianya | roda dua blog
  2. 6 Kasus Penipuan Investasi Besar dalam 5 Tahun Terakhir. | roda dua blog

Tinggalkan Balasan