Kenapa Militer Indonesia ditakuti: Karena punya pasukan Para Komando Terbesar ke-4 di Dunia

image

Indonesia adalah sedikit dari negara di Dunia yang memiliki banyak unit pasukan berkualifikasi para-komando yang siap tempur darat-laut-udara. Bandingkan dengan Malaysia (contoh) yang dalam 1 angkatan hanya punya 1 special force. Lha emang di Indonesia punya berapa? banyak mas bro.

Ambil contoh Angkatan Laut, yang punya komando khusus, detasemen khusus dan Batalyon Hantu Laut yang semuanya setara Navy Seal US. Hebatnya lagi semua dalam kondisi fisik siap siaga perang, berat badan melar langsung dilorot ke kesatuan.

Berikut adalah 4 Komando pasukan special force TNI yang siaga tempur. Yang dibahas cuma Unit Komando, tidak termasuk unit Detasemen dan Batalyon yang bersifat siaga tempur dan sangat rahasia.

1. KostrAD Komando Strategis Angkatan Darat.
Komando ini punya dua markas, di Jakarta dan Malang. Kostrad bisa disebut ranger-nya TNI.

image

2. Kopassus
Moto:  Tribuana Chandraca Satya
Dharma (Berani Benar Berhasil)

Ini adalah pasukan para komando yang paling banyak terlibat pertempuran di Asia. Mulai dari menghadapi bangsa Asing sampai pemberontakan di dalam negeri.

Kopassus juga menjadi role model bagi banyak tentara khusus di Asean. Berapa total jumlah personelnya? sangat dirahasiakan.

3. Kopaska
Moto: Tan Hana Wighna Tan Sirna (Tidak ada rintangan yang tak dapat diatasi)

image

Pasukan yang kualifikasinya setara dengan Navy Seal US. Bahkan di beberapa kali latihan bersama, Navy Seal US kewalahan mengimbangi ketahanan fisik pasukan katak TNI.

Perekrutan:
1. Anggota TNI AL (kecuali Korps Marinir)
2. Berdinas minimum 2 thn di KRI/Kapal Perang
RI/lanal/lantamal/mabesal/kolinlamil/armada RI.
3. Lulus Kesamaptaan/kemampuan jasmani
4. Lulus Tes Ketahanan Air
5. Lulus Psikotest khusus
6. Lulus Kesehatan khusus bawah air
7. Secara sadar mengikuti tes dan pendidikan tanpa paksaan siapapun

Baca Juga:   Honda New CBR150R, Catatkan Rekor

Kualifikasi paling ekstrim dari pasukan ini, setiap personil harus siap bersedia melakukan bom bunuh diri jika diperlukan. Termasuk aksi man torpedo di bawah air.

4. Kopaskhas
Moto ” Karmaye Vadikarate Mafalesu Kadatjana “, yang artinya bekerja tanpa menghitung untung dan rugi.

Ini adalah komando pasukan khusus yang paling rahasia milik TNI. Sangat diharamkan untuk ikut latihan bersama militer asing.

Karena berbasis TNI AU, Paskhas didesain untuk bergerak lebih cepat dan lebih senyap dari semua komando. Awalnya pasukan ini bernama Kopasgat, Komando Pasukan Gerak Cepat.
image

Kemampuan penting dari prajurit paskhas adalah lari. Secara rutin setiap prajurit paskas harus bisa mempertahankan kecepatan lari  100m dibawah 13 detik.

CIA dalam worldfactbook nya pernah memprediksi bahwa total pasukan TNI yang berkualifiasi “para komando” atau “special army”  berjumlah 150.000 pasukan dari total 500.000 prajurit aktif. Jika benar jumlah itu, berarti Indonesia adalah negara nomer 4 di dunia dalam jumlah pasukan komando, setelah Amerika, Rusia dan China.

image

Note Yang dibahas diatas belum termasuk sel pasukan elite yang lebih kecil seperti: Yontaibi Marinir, Denjaka Marinir, RaiderAD, Tontaipur AD, Den Bravo 90 AU, PPRC (Pasukan Pemukul Reaksi Cepat) yang lintas matra serta Resimen Pelopor Brimob.

Artikel lainya:

roda2blog di sosial media

47 Komentar

  1. Wow lari 100m kurang dr 13 detik…. Ane aja yg dulunya atlit lari cuma bisa 12,8dtik….. Itupun cuma sekali, selebihnya bermain d angka 13-14dtk.
    Sama siap buat bom bunuh diri… Mantaaab…… Bela negara dari hati….

  2. namanya juga pasukan rahasia wajar aja kalo nggak masuk media massa gimana pergerakannya.. kalo masuk media massa, mungkin bakal lebih geger karena udah diketahui penjahat..
    terkadang, suatu hal lebih baik dirahasiakan untuk kemaslahatan orang banyak.. 🙂

  3. Kenapa Indonesia bisa punya pasukan komando yg begitu banyak? Jawabannya, karena Indonesia adalah negara miskin yang cuma mampu mengalokasikan dana/budget yg sangat sedikit untuk membiayai kebutuhan alutsista nya. Makanya untuk negara miskin seperti Indonesia, pasukan komando adalah jenis pasukan yg paling pas untuk dikembangkan. Ibaratnya, cuma dikasih sebilah pisau dapur pun, seorang anggota pasukan komando masih mampu bergerak untuk menjalankan misinya. Ngga terlalu ketergantungan dengan persenjataan dan perlengkapan yg hi-tech dan serba mahal (jadi inget nenek kakek kita dulu yg cuma berbekal sebilah bambu runcing tapi masih bisa berjuang). Singkatnya, pasukan komando itu bisa dibilang: irit biaya tapi hasilnya sangat nyata *antara bangga dan miris sih sebenernya

    • bro ente ini sok tau ya, indonesia sekarang ini bukan indonesia dulu, negara indonesia ini bukan negara miskin, kalo ini negara miskin ga mungkin jalanan dimana mana macet, dan liat banyak orang pada pengen jadi pejabat,yg kalo korupsi nya gila gila an, dan asal lo tau kalo lo beropini seperti itu lo liat dong kendaraan tempur indonesia total nya ada berapa, ada banyak banget asal lo tau. pemikiran lo jangan kampungan lah!

      • Sedikit sekali antara luas laut, darat dan ruang udara vs arsenal singapura dengan luas laut, darat dan ruang udara yang cuman…, bahkan pengawasan fungsional udara Indonesia untuk sipil sebagian di awasi ama Singapura.

    • @Basho, pake pisau dapur lo kira mau jd chef… emang sih Pasus itu bs apa aja tp jgn ngeremehin jg gtu lah.. Nte tau Pindad ga. Tuh senapan bikinannya SS series (ada bnyk versinya baca sendiri goggling jgn males) itu sama kualitas/bahkan lbh bagus dr snjatanya Israel. Lo tau ga TNI AD kita juara lomba menembak se Asia Pasifik dr tahun 2006 scr berturut-turut. Pdhl Ada Amrik sm Aussie ikutan juga.
      Selain Pindad, industri militer dlm negeri kita tuh banyak ada PT. PAL dan PT DI. Pindad buat AD, PAL buat AL, DI buat AU. Udah banyak yg diekspor keluar negeri.
      Sbenarnya Indonesia itu “Kaya” cuman Anggaran belanja alutsistanya “cuma” 0.89% msh dibawah 1% (rencana mau dinaikkan Pak Jokowi ke 2.5% kalo Pertumbuhan ekonomi stabil di 5-6%/tahun). Sedangkan si upil SIngapura itu anggaran belanja alutsistanya berapa persen? Jauh diatas persentase belanja kita. (meskipun scr nominal sih ga jauh beda krn perbedaan antara APBN Indonesia yg “raksasa” lwn APBN “seupil” SIngapura. Cmn kan Anggaran Militer kita tuh kbnyakan abis buat belanja pegawai, pemeliharaan dll sisanya baru beli alutsista. Sedangkan kalo Singapura, Berapa sih jmlh tentara siupil? Jd sisa duitnya bs buat beli senjata banyak. Tapi meskipun % anggaran militer kita msh kecil, seiring berjalannya waktu APBN kita jg makin bertambah sdngkan siUpil ya segitu-segitu aja krn dah mentok. Jadi kalo APBN bertambah otomatis Jumlah Anggaran belanja Militer akan naik meski msh dgn prosentase yg sama, apalagi kalo jd dinaikkan smpe 2.5%/tahun.
      @Robert, ya krn terbatasnya anggaran jd dibeli sekiranya “urgent” makanya sekarang ada MEF (Minimum Essential Force) Kekuatan Pertahanan Minimal ada 3 tahap MEF I (2009-2014), MEF II (2014-2019), dan MEF III (2019-2024). Skrg aja kekuatan kita udah yg terkuat di Asean meskipun bkn yg terbaik dr segi alutsista. Alutsista “mahal” itu bagus tp yg terpenting adalah alutsista yg sesuai “kebutuhan”. Buat apa Kapal yg “terlalu besar”, canggih dan lengkap namun cuma “satu”lbh baik kecil/tdk besar tp jumlahnya ratusan bhkan ribuan. Tinggal dikasih jeroan/senjatanya yg bagus buat ngancurin kaprang musuh. Kalo MEF udh selesai baru kita mikirin ke optimum. Industri militer kita jauh lbh baik krn lbh berkembang dibanding negara laen di Asean. Yang terpenting bukan seberapa mampu/seberapa banyak kita bisa beli kapal perang, kapal selam atau pesawat tempur kelas wahid. Melainkan adalah kita bs membuat (bkn hny merakit ya) dr awal smpeakhir dan semua bahan jg ahli-ahlinya berasal dr dalamnegeri sndiri. Inget bro, Kapal Frigat Ringan PT.Pal udh bisa lagi ngembangin bikin ke Heavy Fregat/bhkan destroyer (nunggu ToT). Kapal Selam jg lg “belajar” sm DSME Korsel, Pesawat tempur IFX jg lg “belajar” sm Korsel. Kalo Indonesia udh bs bikin sndiri, mau bikin 100, 1000 jg bisa krn pasti biayanya jauh lbh murah dan yg pntng tdk rawan embargo.
      Dan jgn lupain, APBN itu bkn hanya utk militer tp jg utk yg lain. Jgn samain Indonesia dgn si Upil yg kecil, sedikit rakyat yg diurusin, kecil jg wilayahnya jd gampang kontrolnya. Indonesia itu luas dan besar bro.Terlalu kompleks urusannya, sama seperti China dan India.
      Bentar lg jg FIR (ijin traffic pesawat terbang komersil) mau diambil sm Indonesia kalo Infrastruktur di Batam udah jadi. Belum lg ada Tax Amnesty, klo berhasil siap2 Indonesia “nampung” uang para koruptor, penggelap pajak Indo yg nyimpen di Singapura. Uangnya bisa utk bngun infrastruktur di Indonesia.Ohiya China jg mau bangun Genting Kra biar ga ada lg yg lewat Selat Malaka(siap2 SIngapura bangkrut krn gada yg byar pajak “transit” lg)

  4. Bismillahir Rahmanir Rahiim
    Dengan Memohon Perlindungan dan Izin
    Kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala,
    Rabb Pemelihara dan Penguasa Manusia,
    Raja Manusia yang Berhak Disembah Manusia.
    Rabb Pemilik Tentara Langit dan Tentara Bumi

    Pada Hari Ini : Yaumul Jum’ah 6 Jumadil Akhir 1436H
    Markas Besar Angkatan Perang
    Khilafah Islam
    Ad Daulatul Islamiyah Melayu

    Mengeluarkan Pengumuman kepada
    Seluruh Ummat Islam (Bangsa Islam) diseluruh Dunia

    PENGUMUMAN DEKLARASI PERANG SEMESTA
    Terhadap Seluruh Negara yang Tidak
    Menggunakan Hukum Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah Rasulullah SAW.
    Perang Penegakkan Dinuel Islam ini Berlaku disemua Pelosok Dunia.

    MULAI HARI INI
    YAUMUL JUM’AH 6 JUMADIL AKHIR 1436H
    BERLAKULAH PERANG AGAMA
    BERLAKULAH PERANG DINUL ISLAM DAN DINUL BATHIL

    “Apabila sudah habis bulan-bulan haram itu, maka BUNUHLAH orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka, tangkaplah mereka, tawanlah mereka, dan intailah di tempat pengintaian. Jika mereka bertaubat dan mendirikan shalat dan menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
    (QS. Al-Taubah [9]: 5

    “Dan BUNUHLAH mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan USIRLAH mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah)..
    (Q.S: al-Baqarah: 191-193).

    “Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkan (pendirian) orang-orang yang telah beriman”. Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir,maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka.
    Qs. Al-Anfaal :12

    Apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir di medan perang maka pancunglah batang leher mereka.
    Qs. Muhammad : 4

    Maka berperanglah kamu pada jalan Allah, tidaklah kamu dibebani melainkan dengan kewajiban kamu sendiri .
    Al-Baqarah : 190

    Telah diizinkan berperang bagi orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka telah dianiaya.
    Dan sesungguhnya Allah, benar-benar Maha Kuasa menolong mereka itu,
    Al-Hajj (22) : 40

    BUNUH SEMUA TENTARA , POLISI, INTELIJEN , MILISI SIPIL ,HAKIM DAN
    BUNUH SEMUA PEJABAT SIPIL Pemerintah Negara Yang Memerintah dengan Hukum Buatan Manusia (Negara Kufar).

    BUNUH SEMUA MEREKA-MEREKA MENDUKUNG NEGARA-NEGARA KUFAR DAN MELAKUKAN PERMUSUHAN TERHADAP ISLAM.
    JANGAN PERNAH RAGU MEMBUNUH MEREKA sebagaimana mereka tidak pernah ragu untuk MEMBUNUH, MENGANIAYA DAN MEMENJARAKAN UMMAT ISLAM YANG HANIF.

    INTAI, BUNUH DAN HANCURKAN Mereka ketika mereka sedang ada dirumah mereka jangan diberi kesempatan lagi.
    GUNAKAN SEMUA MACAM SENJATA YANG ADA DARI BOM SAMPAI RACUN YANG MEMATIKAN.

    JANGAN PERNAH TAKUT KEPADA MEREKA, KARENA MEREKA SUDAH SANGAT KETERLALUAN MENENTANG ALLAH AZZIZUJ JABBAR , MENGHINA RASULULLAH SAW, MENGHINA DAN MEMPERBUDAK UMMAT ISLAM.
    BIARKAN MEREKA MATI SEPERTI KELEDAI KARENA MEREKA ADALAH THOGUT DAN PENYEMBAH THOGUT

    HANCURKAN LULUHKAN SEMUA PENDUKUNG PEREKONOMIAN NEGARA-NEGARA KUFAR
    DARI HULU HINGGA HILIR

    MEREKA YANG MEMATUHI DAN MELAKSANAKAN PENGUMUMAN INI
    ADALAH TENTARA KHILAFAH ISLAM AD DAULATUL ISLAMIYAH
    SEDANGKAN YANG RAGU DAN MENOLAKNYA MAKA
    MEREKA SECARA OTOMATIS MENJADI MUSUH ISLAM YANG HARUS DIHANCURKAN.

    WAHAI PARA IKHWAN JANGAN PERNAH TAKUT PADA MEREKA,
    UBUN-UBUN MEREKA SEMUA BERADA DALAM KEKUASAN DAN KEHENDAK ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA.

    HANYA SATU UNTUK KATA UNTUK BERHENTI PERANG,
    MEREKA MENYERAH DAN MENJADI KAFIR DZIMNI.
    DAN BERDIRINYA KHILAFAH ISLAM AD DAULATUL ISLAMIYAH.
    KHALIFAH IMAM MAHDI.

    Kemudian jika mereka berhenti dari memusuhi kamu, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi
    Maha Penyayang.
    Al-Baqarah : 192-193

    SAMPAIKAN PESAN INI KESELURUH DUNIA,
    KEPADA SEMUA ORANG YANG BELUM TAHU ATAU BELUM MENDENGAR

    MARKAS BESAR ANGKATAN PERANG
    KHILAFAH ISLAM AD DAULATUL ISLAMIYAH MELAYU
    PANGLIMA ANGKATAN PERANG PANJI HITAM
    Kolonel Militer Syuaib Bin Sholeh

  5. Ingat kah pada KONFRONTASI INDONESIA & MALAYSIA di era SOEKARNO, Indonesia hanya mengirim USMAN & HARUN saja negara MALAYSIA & SINGAPURA masih dalam bagian malaysia merasakan dari efek pasukan elit NKRI kalah itu. 2 prajurit saja sdh membuat panik bgmn klo 1 batalyon yg dikirim bisa di BUMI HANGUS kaya TIMUR-TIMOR.

6 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kenapa Militer Indonesia Ditakuti? Karena selalu siaga tempur! | roda2blog.com
  2. Ibu Menteri yang Bertato dan Hanya Tamatan SMP itu, meladeni wawancara sambil merokok di Istana. | roda dua blog
  3. Kecelakaan Sepeda Motor Penyumbang Terbesar Kematian di Jalan Raya, 50 pemotor mati per hari | roda dua blog
  4. Sepeda Motor Yg Modifikasi Lampu Utama, Akan ditilang Polisi | roda dua blog
  5. Banjir Surabaya 23 Mei 2013 - CARA CEPAT LANGSING
  6. Banjir Surabaya 13 Maret 2014 - CARA CEPAT LANGSING

Tinggalkan Balasan