Perang Baru di Irak: Arab Saudi vs Iran

Irak sedang diambang perang baru, yang celakanya justru diotaki oleh dua negara tetangganya. Lebih ngeness lagi, dua tetangganya itu yang bertengkar, Irak yang dijadikan medan perangnya. Perang kali ini dimotivasi oleh perbedaan faham sektarian antara Sunni melawan Syiah.

Ada Faksi ISIS (Islami State Irak-Syuriah) yang dulunya bernama Islamic State Irak and Levant, yang disokong penuh oleh negara-negara Sunni Wahabi Timur-Tengah dengan persenjataan dari Amerika. Di pihak lain ada Pemerintah Irak dan gabungan milisi-milisi Syiah yang didukung penuh oleh Iran dengan persenjataan dari Russia.w-EthnoIRAQ

ISIS saat ini sedang menguasai total 35% daratan Irak serta menguasai kilang-kilang minyak potensial termasuk kilang minyak terbesar Baiji dan kota terbesar kedua, Mosul. Sedangkan Milisi Syiah dan Pemerintah Irak menguasai 50%, sisanya 15% dikuasai oleh para pejuang Kurdi. Daerah yang dikuasai Pejuang Kurdi berada dalam stabilitas dan keamanan yang solid, bila perang Sunni-Syiah terus berlanjut bukan tidak mungkin mereka mendeklarasikan kemerdekaan Kurdistan yang telah mereka impikan.

Baca Juga:   Burung Kepodang, si Cantik nan merdu yang semakin langka

Kunci kedua kubu dalam memenangkan pertarungan terletak pada Pashmerga atau Tentara Kurdi. Selama ini ISIS tidak mengganggu wilayah otonomi Kurdi, mungkin karena sama-sama berfaham Sunni. Tapi bila suatu saat ISIS mengganggu keamanan Kurdistan ya bisa saja Tentara Kurdi berpihak pada Pemerintah Irak.

Untuk melaksanakan misi menumpas ISIS, pemerintah Irak melakukan rekrutmen massal dan mempersenjatai milisi, berikut galerinya.

slide_354156_3864431_free slide_354156_3864697_free slide_354156_3864692_free

Perang memang lebih mudah dimulai daripada diakhiri.

roda2blog di sosial media

6 Komentar

  1. perang antar agama ( perang akhir zaman ) sdah sunatullah smpai hari akhir….
    hindari media sekuler untk djdikan referensi….
    klo g bsa utk adil dlm mmberitakan msalh perang agama ini mnding diam…dri pda mlah timbul fitnah…

  2. sunni dan syah itu sama-sama Islam krn menyembah Allah Tuhan Yang Esa.. bersatulah saudaraku.. hentikan perang & kita lawan/hrs kalahkan musuh yg mengadudomba dgn kecerdasan, perang urat syaraf, teknologi & strategi.

  3. Yg bilang Syiah islam itu anda salah. Maaf. Jelas syiah sudah berbeda syahadat, merendahkan syaidina umar, abu bakar, dan ustman. Belajar sejarah yang banyak.

Tinggalkan Balasan