Kenalan Meriam Cesar 155mm yang baru tiba

104caesar kaisar

Caesar 155 merupakan meriam 155 mm yang selalu digendong oleh truk bermesin Renault ke mana pun bergerak. Truk berbobot 19 ton ini memiliki laju maksimum 82 KM/jam, sehingga sangat ampuh untuk mobilitas tinggi. Caesar 155 bisa memuntahkan 6 amunisi dalam waktu 1 menit. Daya tembak Caesar 155 bisa sejauh 39 KM.

Konsepnya, dalam pertempuran nanti, setelah Caesar 155 digunakan melepaskan amunisi untuk menghancurkan target, maka alat persenjataan ini bisa langsung berpindah tempat, sehingga sulit dideteksi musuh.

Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin mengakui bahwa Caesar 155 ini menjawab doktrin yang dikembangkan artileri TNI AD, yaitu senjata berdaya tembak dahsyat dengan mobilitas tinggi. Persenjataan canggih ini menjadi kekuatan pokok yang dibutuhkan untuk menambah kemampuan organisasi TNI.
10420caesar kaisar
“Caesar 155 ini adalah alutsista strategis untuk menambah kemampuan dari satuan Artileri TNI AD yang mempunyai daya tembak yang dahsyat 39 KM, ditambah dengan mobilitas tinggi, karena sistem di kendaraan ini, pada saat dia menembakkan 6 proyektil, dia bisa segera bergeser, sehingga antara mobilitas dan deception itu mencakup,” kata Sjafrie yang tampak berseri-seri melihat Caesar 155 ini.
kaisar1Meriam ini nantinya dioperasikan oleh 5 prajurit. Pada saat truk bergerak menuju sasaran, lima prajurit duduk di dalam kabin, dengan salah satu bertindak sebagai sopir. Begitu tiba di lokasi penembakan, kelima personel ini akan turun dari truk, bahu membahu untuk mengoperasikan penembakan.
1caesar kaisar
Satu personel mengambil amunisi, satu personel menyiapkan fuse (sumbu)-nya, satu personel memantau screen komputer untuk menentukan koordinat target serangan, satu personel bertugas memasukkan amunisi, dan 1 personel sebagai komandan.

Baca Juga:   Mengenal Fire Opal, Berjad Api Wonogiri

Sistem penembakan di Caesar 155 ini juga telah dibuat otomatis, termasuk proses penyiapan dan pemasukan amunisi ke meriam. Truk ini membawa 18 amunisi yang ditempatkan dengan sangat aman di bagian kanan, sementara 18 fuse-nya ditempatkan di sebelah kiri.

Sumber : Detik

Meriam apakah yang dipunyai TNI sebelum si Caesar ini? Meriam Howitzer FH-2000 kaliber 155mm buatan Singapura. Walaupun berkaliber sama, tapi FH-2000 masih harus ditarik manual dengan truk, walau sebenarnya juga bisa bergerak sendiri tapi kecepatanya cuma maksimal 10KM/jam dengan mesin diesel 75pk.

fh-2000_towing_config

Reload amunisi 3 peluru per menit. Jangkauan efektif meriam ini cuma 17KM walau maksimal lontaran mencapai 40KM

 

 

roda2blog di sosial media

5 Komentar

Tinggalkan Balasan