Persepsi Salah Soal Masjidil Aqsha dan Al-Aqsha yang Suci

Banyak foto beredar di dunia maya dan Fesbuk sebagai berikut, dengan caption inilah masjidil Al-aqsha yang asli dan bahwa selama ini orang Yahudi berusaha menipu kita dengan si kubah emas.

image

Bahwa benar Masjidil Aqsha bukanlah yang berkubah emas tapi yang berkubah abu-abu dan kuno. Tapi point terpenting dan tersuci dalam kompleks al-Aqsa adalah yang berkubah emas yang disebut “Dome of rock”, tempat Nabi Muhammad shalat dan di-isra’kan. Juga terdapat jejak malaikat Jibril ketika menghantar Nabi, lihat gambar detail daleman “dome of rock”. Jadi masjidil Aqsha bukan tempat Nabi sholat dan di israk-mi’rajkan.

image

Masjidil Aqsha yang ditunjukkan oleh gambar diatas tersebut sesungguhnya adalah sebuah masjid di kompleks al-Aqsha yang baru berdiri pada tahun 705M pada masa Al-Walid dari Dinasti Umayyah. Awalnya hanya sebuah masjid kecil yang didirikan oleh Umar bin Khattab. Padahal Isra’ Mi’raj Nabi tahun 620M

Pada masa Nabi Muhammad Israk dan Mikraj pada tahun 620M (85th sebelumnya), Masjid tersebut berwujud Gereja Suci Bunda Maria, tapi kemudian dihancurkan Persia yang sempat menguasai sebentar Jerussalem. Ketika Romawi merebut kembali Jerussalem mereka tidak membangun lagi Gereja tersebut tapi memindahkanya. Kejadian perang ini diabadikan dalam surat Ar-Ruum.

Baca Juga:   Revenge!: Gunung Gajah Ponorogo, rrruarrr biasa

Catatan: Nabi Muhammad dalam Israk tidak sholat di dalam masjid tersebut yang pada masa itu berbentuk reruntuhan Geraja Bunda Suci Maria, tapi di bukit suci yang sekarang di dalam “dome of rock”

image

Inilah Al-Aqsha atau Baitul Maqdis atau Haram As-syarif,
sedang yang disampingnya ( gambar dibawah ini) adalah Masjid di Al-Aqsha.

israel-jerusalem-haram-al-sharif-al-aqsa-mosque

Titik terpenting dan tersuci dari kompleks al-Aqsha adalah Dome of rock atau قبة الصخراء atau Kubah Bukit Suci. Yaitu sebuah bukit dengan ronggo gua di dalamnya. Di dalam goa itulah Nabi Muhammad sholat lalu diangkat ke Surga oleh Allah. Dan bukit ini jugalah yang menjadi kiblat pertama umat Islam, bukan Masjidil dikompleks Aqsha yang menghadap Mekkah.

bukit suci alAqsa
Inilah Bukit Suci Al-Aqsa, di dalam Dome of Rock. Tempat Nabi Muhammad Solat sebelum Mikraj dan juga kiblat pertama umat Islam. Sekaligus juga tempat paling Suci bagi umat Yahudi.

Dalam dimensi keimanan Islam dan Yahudi, di bukit inilah nanti manusia dikumpulkan di akhir zaman.

image
Gambar: PlanetWare.com

Kesucian bukit ini sudah diyakini bangsa Arab sejajar dengan Kakbah di Mekkah dan menjadikanya tujuan Ziarah sejak berabad-abad lampau dengan sebutan Baitul Maqdis. Singkat katanya, jika di Mekkah ada kakbah dengan Masjidil Haram disekililingnya. Di Al-Aqsa ada Bukit Suci dengan Masjid di sampingya, jangan sampai tertukar.

Baca Juga:   Demonstrasi Menentang Serangan Israel ke Gaza di New York dan Stockholm

image

Yang diincar oleh Yahudi adalah “Dome of rock” ini, bukan Masjidnya. Tapi para Rabi Yahudi melarang umat Yahudi mengunjungi Dome karena bangunan yang dibangun pada tahun 680M masa Dinasti Umayyah, menyalahi garis batas suci menurut ajaran Yahudi.

sumber foto: planetware.com

roda2blog di sosial media

3 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Hoax, Foto Batu Melayang Mukjizat Nabi Muhammad Adalah Palsu | roda dua blog

Tinggalkan Balasan