Izin Dinkes Avail Green Fit Palsu?

Avail adalah sebuah perusahaan MLM yang terkenal dengan pembalut herbalnya “FC / Feminine Comfort”. Tapi sejak dua bulan terakhir, status izin edar si pembalut ditarik oleh BPOM. Walhasil di beberapa daerah terbit edaran dinas kesehatan setempat untuk melarang peredaran si pembalut FC.

Apa penyebabnya? yang saya curigai penyebabnya adalah, karena informasi komposisi bahan yang tidak jelas. Karena pada produk pembalut lain saat ini ditulis dengan jelas kandungannya. lihat foto bawah ini:
image

Karena roda MLM (Member Lekrut Member) harus tetap berjalan agar uang juga tetap mengalir. dimunculkanlah produk baru yang dengan embel-embel gombal juga memiliki khasiat superman khas MLM, yaitu green-fit.

Celakanya, Green fit ini adalah produk yang tidak jelas.
1. Tidak Jelas pabriknya
2. Tidak jelas komposisi nutrisinya
3. Logo halal MUI Palsu
4. Nomer izin depkes P-IRT dapat dari dukun togel kayaknya. :mrgreen:

Yang lebih parah, tidak ada izin BPOM-nya hanya ada izin Depkes P-IRT yang setelah saya selidiki saya pastikan palsu.
image

Berikut jabaran dari nomer izin Depkes di kemasan Green-Fit
P-IRT 513317417418-17 , ada 14 digit padahal seharusnya cuma 12 digit doang :mrgreen:

Dijabarkan jadi 5-13-31.74-17-418 arti setiap angkanya: (5=kemasan) – (13=jenis produk) – (31.74=Kode dinkes provinsi-kota) – (17nomer urut produk pada produsen) – (418 no.urut pada dinkes).

Arti angka-nya:
5 = Kemasan produk berupa kaleng harus ada izin MD (Minuman Domestik) dari Badan POM. Padahal Green Fit cuma kemasan sachet plastik, kok bisa angka pertama nomer 5, harusnya nomer 2. Ngarang banget :mrgreen:

13 = Minuman ringan, jus, dalam bentuk cair. Padahal Green Fit minuman serbuk instan kok bisa dapat nomer klasifikasi 13. ngarang lagi 😈

31.74 = 31 adalah kode DKI Jakarta sedang 74 Jakarta Barat. Lokasi kantor distribusi di Jakarta Utara, pabrik gak jelas dimana. Tapi ada logo GMP Kementrian Kesihatan Malaysia dan logo halal MUI setelah dicek ternyata juga tak terdaftar di LPpom MUI.

Baca Juga:   Mogok Masal Angkot Di Kota Malang, Warga Melawan Jadi Relawan Beri Angkutan Gratis

17 = Green fit adalah produk ke-17 Avail, perasaan si avail cuma ada 6 produk deh.

418 = no.urut pendaftaran di Dinkes setempat

17 = dua angka ini menunjukkan bahwa nomer P-IRT green fit palsu, karena seharusnya cuma 12 digit, bukan 14 digit.

Ini peraturanya dalam kodifikasi P-IRT, silahkan dicocokan

8. Kode Jenis Pangan Produk IRT

01 Daging dan hasil olahnya

Abon daging, Baso daging, Dendeng babi, Dendeng sapi, Rambak kulit.

02 Ikan dan hasil olahnya

Abon ikan, Baso ikan, Cumi kering, Ikan asap, Ikan asin, Kerupuk ikan, Pasta, Ikan, Petis, Terasi, Udang kering.

03 Unggas dan hasil olahnya

Abon ayam, Telur asin, Keripik cakar, Ayam bakar.

04 Sayur dan hasil olahnya

Acar Asinan sayur, Jamur asin/kering, Sayur asin / kering, sayur kering

05 Kelapa dan hasil olahnya

Kelapa parut kering, Olahan air kelapa / nata decoco, Pasta kelapa, Santan

06 Tepung dan hasil olahnya

Bihun, Biskuit, Dodol, Jenang, Kerupuk, Kue basah, Kue brem, Kue kering, Makaroni Mie kering, Mie basah, Tapioka, Tepung aren, Tepung beras / ketan, Tepung gandum, Tepung hunkwee, Tepung Kedele, Tepung kelapa, Tepung kentang, Tepung pisang, tepung sagu roti, Sohun, Tahu, Wingko, Geplak.

07 Minyak goreng, Minyak jagung, Minyak kacang, Minyak kedele, Minyak kelapa, Minyak bunga matahari, Minyak Zaitun

08 J em dan jenisnya

Jem / Selai, Jeli buah, Marmalad, Serikaya

09 Gula, Madu, Kembang gula

Gula aren, Gula kelapa, Gula pasir, Gula semur, Kembang guIa, Kembang gula kare , Madu, Sirop.

10 Coklat,Kopi,Teh

Coklat biji / bubuk, Kopi campur, Kopi biji / bubuk, Teh

11 Bumbu

Aneka bumbu masak, bawang goreng, Cuka, Kecap asin / manis, Petis, Saos cabe, Saos ikan, Saos kacang, Saos tomat, Tauco, Terasi

12 Rempah rempah

Bawang merah kering/pasta/bubuk, Cabe kering / pasta / bubuk, Cengkeh kering / pasta / bubuk, Jahe kering / pasta / bubuk, Jintan, Kayu manis, Kapulaga, Ketumbar, Kunyit kering / pasta / bubuk, Lada putih / hitam, Pala / bunga pala, Wijen

13 Minuman ringan, Jus

Jus buah, Minuman beraroma, Minuman buah, Minuman gula asam, Minuman kacang kedelai/Sari kedele, Minuman kopi / campur, Minuman kunyit asam, Minuman lidah buaya, Minuman rumput laut, Minuman sari madu, Minuman teh

14 Buah dan hasil olahannya

Asinan buah, Buah kering, Manisan buah, Kurma, Sari buah, Emping pisang.

15 Biji-bijian dan umbi-umbian

Beras, Jagung, Ketan, Keripik kentang, Keripik ketela, Keripik singkong, Keripik Sukun, Tape ketan, Kacang, Emping mlinjo, Getuk.

16 Es

Es batu, Es jus, Es stik

9. Kode Jenis Kemasan

• 1 Kaca P-IRT/MD
• 2 Plastik P-IRT/MD
• 3 Karton / kertas P-IRT/MD
• 4 Tetrapak Harus MD
5 Kaleng Harus MD
• 6 Alumunium Foil P-IRT/MD
• 7 Komposid Harus MD
• 8 Ganda P-IRT/MD
• 9 Lain-lain P-IRT/MD

Nagh yang lebih lucu lagi, ada logo GMP Malaysia di kemasan Green Fit, jadi besar kemungkinan made-in Malaysia, tapi kenapa tidak ada izin BPOM-nya? bukankah setiap produk makanan-minuman dari Luar Negeri harus dilengkapi izin.

Baca Juga:   Panduan Tata Cara Tax Amnesty Untuk UMKM, Mudah dan Murah

Yang lebih parah lagi, tidak jelas Pabrik Produsenya.

Jadi?, masih percaya pada khasiat Green Fit?
Izin Depkesnya Abal-abalnya
Pabriknya enggak ketahuan dimana

Monggo jika pihak avail ingin klarifikasi atau membantah artikel ini :
ini BBM saya: 7d1993ee
email: amamaziyadi@gmail.com

Peraturan P-IRT: baca dinkes kulonprogo

 

 

roda2blog di sosial media

16 Komentar

  1. Wah terima kasih infonya, semoga makin banyak perusahaan MLM dari luar yang tertib dan tidak membohongi konsumen di Indonesia.

    Saya Ijin Share blog anda.

  2. Terima kasih infonya, hanya jk Anda sampaikan ke perusahaan mk ini adalah langkah yg bijaksana, bukan dgn cara tdk elegan. Terlepas info ini betul atau tdk jk anda seorang muslim seharusnya Anda tahu bgm cara nabi Muhammad berdagang. Jk mmg Anda sdg melakukan penelitian dalm membuat skripsi atau tesis seharusnya melakukan penelitian dgn menggunakan sampel yg cukup. Tergantung metode yg aanda gunakan, sofware apakah SPSS atau Lisrel. Agar hasil Anda valid sampel di atas 100 sampel. Mmg yg anda tulis ada benarnya dan banyak salahnya. Selamat melakukan penelitian…..

  3. saya setuju dgn dwi s,dalam islam jika niat nya mengingatkan kesalahan maka ada tata cara yg baik dan benar.Tidak dngn emosi atau merasa sudah paling benar..karena ini sdh menyangkut perusahaan. jika penulis punya kapasitas ilmu tersebut maka bisa langsung ke intansi yang berwenang .ini sikap penyampaian nya pun dgn sikap abal abal juga.

  4. pembalut #avail memang di rekomendasikan untuk wanita, terlebih pasca melahirkan. Karena pembalut avail adalah pembalut wanita yang diproduksi dengan memakai teknologi tinggi, yaitu “Bio Teknologi” bahan baku kapas, berkualitas tinggi, dan tidak mudah tembus, mengandung 17 jenis herbal alami di dalamnya yang mempunyai khasiat tinggi. #www.sebutik.com

  5. bukan wewenang BPOM mengawasi pembalut. Itu tugas dan wewenang Kementrian Kesehatan. BPOM tu ya ngawasi makanan dan minuman kemasan. mang pembalut makanan? dan pakai nomor PIRT??PIRT kan nomor registrasi makanan industri rumah tangga. dikeluarkan oleh Departemen Perindustrian Pemda

Tinggalkan Balasan