Hukum Memberikan Zakat/Sedekah pada Orang Non Muslim

Berhubung sering ditanya tentang hal ini, dan berhubung saya juga bukan ahli fikih tapi cuma penikmat sejarah maka saya sering menjawab dengan fakta sejarah yang pernah dilakukan oleh Rasulullah maupun Khalifah Rasyidin dalam hal ini.

1. Nabi juga memberikan sedekah pada keluarga istrinya yang masih beragama Yahudi.
Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Sa’d bin Al-Musayyib bahwa Rasulullah memberikan sedekah pada keluarga istri beliau meskipun mereka belum memeluk Islam.

Shafiyah istri Nabi juga bershadaqah pada kerabatnya yang beragana Yahudi sampai tiga puluh ribu dirham.

2. Khalifah Umar bin Khattab membagikan zakat pada orang non muslim.
Diriwayatkan oleh Al-Baladziri dalam kitab futuhul buldan. Ketika Umar melewati Kota Jabiyah di Syam yang dihuni oleh orang-orang Nasrani yang miskin, dia memerintahkan untuk memberikan Shodaqoh pada mereka.

Baca Juga:   Pabrik Nissan Tutup Produksi Di Indonesia

Umar juga berfatwa bahwa Zakat dari orang-orang Islam juga dapat diberikan kepada mereka, orang miskin baik beragama Islam maupun tidak.

Berdasarkan dua kejadian dalam sejarah diatas, maka menurut saya boleh memberikan bagian Zakat dan Sedekah pada orang non-muslim.

Mohon dikoreksi bila ada salah.

roda2blog di sosial media

7 Komentar

  1. artinya ente guru sejarah ya bang?
    oh iya klo soal pelajaran sejarah kenapa gak pernah dibahas tentang dibalik diturunkannya sorkarno, tentang matinya JFK, tentang perjanjian emas oleh amrik sama indo dahulu yg konon katanya bernilai milyaran dollar, tentang isu adanya keterlibatan CIA dalam lengsernya soekarno, lalu hubungan antara soekarno & JFK, apa yg sebenarnya trjadi, dsb.

    • itu sejarah tertulis atau masih “sejarah” kalo masih “sejarah” perlu pembuktian dan enelitian lebih lanjut. kalo sudah sejarah tertulis tinggal review dari sumber2 yang sudah ada.

  2. Zakat ama sedekah beda om. Zakat itu bernilai ibadah, kewajiban umat muslim, dibagikan kepada umat muslim juga. Buktinya, gak ada kan dalilnya di zaman nabi zakat diberikan pada non muslim? Kalo umat non muslim yang tinggal dinegara muslim wajib bayar Jizyah, bukan zakat. Sedangkan sedekah bernilai pahala, atas dasar kemanusiaan, memang bisa buat siapa saja tidak pandang agama. Mohon dibedakan om, jangan samakan zakat dengan sedekah.

  3. Maaf nih, agak sedikit melebar komen sy. Emang sy jg yakin ada perbedaan antara zakat dgn sedekah, tp kl kita hendak sedekahan sebaiknya jgn mandang siapa orgnya dan apa agamanya. Seperti sy selama ini gak pandang bulu kl mau membantu org, walau yg beda agama dan keyakinan serta suku bangsa, krn sy yakin semuanya sama tujuannya, yaitu memuliakan ALLAH. Bukannya mau carmuk, tp sy ini donatur UNICEF, yg sy bantu pun tidak sy kenal sama sekali. Jd hendaknya kita kembali melihat ke inti dr tujuan kita, yaitu membantu sesama. Jgn melihat sisi lain yg dpt menimbulkan bias ke mana2, yg bisa membuat kita urung melakukan kebaikan bg org lain yg amat membutuhkan.

  4. Oya bro yg punya blog, maaf kl blh ksh masukan nih. Sy rasa sebaiknya bro gak usah buat artikel ttg agama. Bkn apa2, maklum aja, mslh agama itu hal sensitif. Contohnya artikel ini, banyak yg protes kan? Sy cuma turut prihatin aja saat sy membaca komen2 yg menyudutkan anda, dr artikel sblm2nya hingga yg ini. Tp satu hal yg bs sy tangkap dr artikel2 anda, bahwa anda adalah seorang muslim yg berpikiran terbuka, sama seperti bbrp teman dekat sy yg jg muslim yg sangat taat, rajin sholat, taat puasanya sampai2 saat sakit pun msh bandel tetep puasa, hehehe… Akhir kata, salam damai buat anda bro, may ALLAH bless you always, Amen…

  5. Maap bro ….biarin aja sih dia mau ksh2 tau ttg agama….bisa jd masukan atau refrensi bagi yg mau blajar dan nengetahui….tinggal kt yg baca berfikir cerdas brooo….

Tinggalkan Balasan