Ukuran Kalori Yang Dibakar saat Olahraga

Sangat penting di zaman sekarang untuk sekedar tahu hitungan pembakaran kalori. Selain karena gaya hidup dan pekerjaan yg cenderung lebih sering duduk juga karena asupan.

Asupan makanan zaman sekarang lebih banyak mengandung gula daripada zaman dulu. Zaman dulu secangkir air putih panas saja nikmaynya sudah polll banget. Zaman sekarang selain serba instan juga serba manis.

image

Or#0 per 100gr mengandung 480kalori. Padahal 1pak ukuranya 137gr, jadi 1kemasan = 624kkl padahal manusia dewasa dalam 1hari cuma butuh 2000-2500kkl. Jadi? Jika anda mengkonsumsi 1bks Oreo dalam 24jam dan makan nasi 3X sehari, besar kemungkinan jumlah kalori yg masuk ke tubuh 3000kkl.
Bila yang dibutuhkan tubuh 2000kkl berarti ada sisa 1000kkl yang bakal menjadi daging berlemak.

Salah satu cara mengurangi timbunan gula dalam tubuh adalah dengan membakarnya lewat aktifitas yg berkeringat.

Berikut jumlah kalori yang bisa dibakar dari olahraga ini seperti dilansir dari huffingtonpost.com :

1. Badminton
Menurut Self.com, 30 menit bermain badminton dapat membakar 160 kalori.

2. Bola Basket
Mungkin Anda takkan bisa melakukan slam dunk layaknya LeBron namun pemain amatir sekalipun bisa berkeringat gara-gara permainan ini.

Main bola basket selama 30 menit saja sudah membakar 272 kalori. Hal ini diungkap American Council on Exercise.

3. Voli Pantai
Jika di akhir pekan cuacanya bagus, tak ada salahnya jika Anda mengajak teman-teman untuk bermain voli pantai. Menurut Self.com, permainan ini bisa membakar 286 kalori hanya dalam 30 menit saja.

Pantai terlalu jauh bagi Anda? Masih ada alternatif voli air dan voli biasa. Voli air bisa membakar 198 kalori sedangkan voli membakar 108 kalori jika dimainkan secara kasual.

4. Bersepeda
Bersepeda merupakan olahraga yang luar biasa, meskipun Anda hanya melakukannya di sekitar kompleks rumah Anda.

image

American Council on Exercise pun menyerahkan kepada Anda untuk menentukan kecepatannya: 5,5 mil/jam membakar sekitar 136 kalori, 12-13 mil/jam membakar 272 kalori sedangkan dengan kecepatan 16-19 mil/jam Anda bisa membakar 408 kalori hanya dalam 30 menit. Jangan lupa kenakan helm khusus untuk melindungi kepala Anda.

Baca Juga:   Welcome Ryo Miyaichi to ARSENAL

5. Mendayung
Caritahu apakah di daerah Anda ada danau atau sungai dan sewalah perahu dayung untuk beberapa jam. Self.com mengungkapkan bahwa 30 menit mendayung dengan kecepatan sedang akan membakar 250 kalori Anda.

Dengan kecepatan yang lebih santai kalori yang dibakar mencapai 125, sebaliknya jika Anda mencapai kecepatan tinggi maka kalori yang terbakar adalah 303.

6. Sepakbola
Olahraga lari-lari sambil menggiring bola ini benar-benar bisa membakar sejumlah kalori, bahkan jika Anda hanya bermain di taman, bukannya di lapangan.

Untuk orang-orang dengan berat sekitar 70 kg, sepakbola selama 30 menit bisa membakar 250 kalori dalam tubuhnya. Hal ini dikemukakan Harvard Health Publications, Harvard Medical School.

7. Berenang
Anda tak perlu meniru perenang Michael Phelps untuk mendapatkan manfaat dari salah satu olahraga air ini. Namun 30 menit berenang dengan kecepatan tinggi dapat membakar 372 kalori untuk orang dengan berat sekitar 70 kg.

Meski begitu Harvard Health Publications, Harvard Medical School juga mengungkapkan bahwa berenang biasa saja dapat membakar 223 kalori.

8. Tenis Meja
Tentu saja para atlit tenis meja tampak bermain begitu ketat dan intens dibandingkan orang kebanyakan sehingga mereka mendapatkan manfaat optimal dari olahraga ini. Namun menurut American Council on Exercise, permainan tenis meja kasual selama 30 menit saja sudah bisa membakar 136 kalori.

9. Lari
Lari dengan kecepatan 6 mil perjam (atau sama dengan 10 menit permil) akan membakar 340 kalori setelah dilakukan selama 30 menit.

Namun menurut American Council on Exercise, jika kecepatannya ditambah menjadi 8 mil/jam maka Anda akan membakar kalori hingga 459 (dengan kecepatan 5 mil/jam saja Anda masih bisa membakar 272 kalori lebih).

10. Kayak
Mungkin permainan ini tak semudah yang Anda lihat lewat siaran pertandingan olimpiade namun kayak bisa jadi olahraga yang menyenangkan.

Tapi Harvard Health Publications, Harvard Medical School menyatakan bahwa orang dengan berat sekitar 70 kg bisa membakar 186 kalori hanya dengan bermain kayak selama 30 menit.

Baca Juga:   Jadwal Piala Dunia Malam Ini, 24 Juni 2014

11. Tinju
Anda bisa menggunakan fasilitas tinju di gym terdekat di kota Anda. Orang dengan berat sekitar 70 kg dapat membakar hingga 355 kalori hanya dengan bermain selama 30 menit. Hal ini dikemukakan oleh Harvard Health Publications, Harvard Medical School.

12. Bola Tangan
Menurut Harvard Health Publications, Harvard Medical School, seseorang yang memainkan olahraga ini bisa membakar 446 kalori hanya dalam waktu 30 menit.

13. Tenis
Mungkin Anda tak bisa sebagus permainan Serena Williams namun American Council on Exercise mengungkapkan bahwa bermain tenis di lapangan dekat rumah Anda sendiri bisa membakar 272 kalori dalam 30 menit saja.

14. Berkuda
Naik kuda saja ternyata bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Menurut situs Harvard Health Publications, Harvard Medical School, berkuda selama 30 menit dapat membakar 149 kalori untuk orang-orang dengan berat 70 kg.

15. Polo Air
Main air di kolam tentu hanyalah untuk para amatir, daripada begitu lebih baik bermainlah polo air. Yang akan mendorong semangat Anda adalah American Council of Exercise mengungkap fakta bahwa 30 menit bermain polo air dapat membakar 340 kalori tubuh secara menyeluruh.

roda2blog di sosial media

3 Komentar

Tinggalkan Balasan