Inside T-84 Oplot, Main Battle Tank milik Thailand

Sebelum Indonesia membeli MBT Leopard, Thailand sudah terlebih dulu memiliki Tank kelas berat T84 produksi Ukraina.  Tank pertama dikirim pada tahun 2011 dan total 48 tank sudah parkir di garasi Thai Royal Army pada akhir tahun 2014.

T-84 adalah warisan teknologi Tank T-80 dari Uni Sovyet, Ukraina kemudian mengembangkanya menjadi T-84 Oplot. Apakah T84 ini lebih baik dari Leopard milik TNI? tidak, kalau lebih jelek iya. :mrgreen: sombong dikit gak apa-apa.

Ukraine_unrest_AP_660A pro-Russian fighter stands guard next to bodies near a destroyed Ukrainian tank in the northern outskirts of the city of Donetsk, eastern Ukraine Tuesday, July 22, 2014.AP

Bukti paling shahih adalah perang antara ukraina dan pemberontak pro Rusia. Si Oplot T84 menjadi sasaran empuk dan mudah dilumpuhkan. Lapisan baja pada T84 cukup minim bila dibandingkan dengan MBT lainya, karenanya berat badanya paling ringan di kelas berat. Berat T84 Oplot hanya 50 Ton berbanding dengan Leopard yg minimal 62Ton, Merkava 65Ton dan M1 Abrams 60Ton.

Baca Juga:   New Megapro....Cepet dan Uiiirrriiitttt poLLLLL

Kelemahan lain adalah kabin yang sempit, hanya mampu dimuati 3 personel dan berimbas pada sistem persenjataan yang terdiri dari 1 meriam utama kaliber 122mm, 1 senapan 12mm dan 1 senapan 7mm. Bila perang jelas yang terpakai cuma dua sedang yg 1 bertugas mengendalikan tank.

Berikut Galery MBT T-84 Oplot milik Thailand.

sumber: kienthuc.net.vn

 

roda2blog di sosial media

9 Komentar

  1. Artikel yang menarik..untuk ulasan mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan militer rusia, monggo mampir di russiaarms.blogspot.com ..trims om admint

Tinggalkan Balasan