Bikers, Hati-hati bila berkendara di dekat separator Busway

image

KRONOLOGI KEJADIAN:
Pada hari jumat malam tanggal 12 September 2014 sekitar jam 21:00 ane naik motor dari Bintaro, Tangerang Selatan dengan tujuan ke Pademangan, Jakarta Utara. Jalan yang ane lewati seperti biasanya adalah jalur yang berdampingan dengan Rute Trans Jakarta Koridor VIII (Lebak bulus – Harmoni). Dari bintaro, ane menuju ke arah pondok indah mall, setelah melewati underpass Pondok Indah Mall jalanan agak sedikit merayap gan, tetapi selepas itu lancar jaya (catatan : kalo di jakarta, malem sabtu biasanya ampe malem2
image

Apes ane dimulai saat ane dan beberapa pengendara motor lainnya mengikuti sebuah truk molen (truk pengangkut adukan beton berbentuk kayak keong raksasa) dari selepas underpass pondok indah mall itu. dengan santainya para pemotor ngebuntutin truk itu dengan kecepatan sekitar 30 s.d. 40 km/jam, nah menjelang halte busway Kodam truk melindas batu separator busway yang lepas dari tempatnya (kayaknya separator udah lepas sebelum dilindes sama molen ini), batu separator busway tersebut melintang dan bergeser sekitar 30 cm dari posisi seharusnya. nah kalo truk molen kan bannya guedee banget, ngelindes separator busway lepas gak ngefek apa-apa, ane dan pemotor sebelah ane yang ngebuntutin truk molen kaget setengah mati gan, nah apesnya ane gak bisa menghindar karena posisi sejajar sama pemotor di sebelah ane, THINK FAST, kalo ane menghindar separator yang lepas itu, ane bakal nyerempet pemotor di sebelah ane, kalo nggak gitu ane, ya ane yang harus nabrakin motor ane ke separator yang lepas itu. masalahnya posisi separator yang menghadap ke ban motor ane bukan yang bagian landai/miringnya tetapi yang bagian belakang/tegaknya. Ilustrasi tabrakan digambarkan sebagai berikut:
image

Baca Juga:   Presiden Baru tapi Ekonomi Lesu, Penjualan Motor Baru Turun Drastis.

dengan cuman waktu berpikir 2 detik, dengan amat sangat terpaksa ane tabrak tuh separator busway yang lepas, Braakkkkkk…..!, motor ane oleng goyang-goyang stangnya, tapi Alhamdulillah ane masih bisa mengendalikan motor ane dan tidak jatuh. jantung udah deg..deg..an setengah mati, sawan bangke istilah orang betawinya gan..

skip..skip…

lanjutlah perjalanan ane ke utara jakarta, pas masuk underpass pasar tanah abang, ane ngerasa ada yang aneh sama motor ane, kok kayak goyang-goyang dikit padahal gak ada angin di underpass itu, dalam hati berpikir apa karena nabrak separator tadi ya, ahh positif thinking aja ane gan, tapi perasaan ane tambah gak enak, trus ane pinggirin gan motor ane, nah begini ni keadaan velg motor depan ane :
image

MasyaAlloh.. velg ane pecah gan, diantara 2 jari-jari velg dengan panjang sekitar 20 cm dan lebar 4 cm. ban dalemnya ampe ngejendol keluar, untung gak pecah juga ban dalemnya jadi masih bisa dikendarai sampe rumah. kalau misalnya bannya juga pecah, bagaimana ane bisa pulang ke rumah…

Alhamdulillah, nyampe rumah jam 11 malem gan, ane cerita sama keluarga ane kejadian tadi, ane dinasihatin sama orang tua ane kalau lain kali hati-hati kalau di jalan. iya …iya,,ane manggut2 aja. trus istirahat dan tidur. jujur gan, tidur ane gak nyenyak, masih sawan kejadian barusan. perasaan kepala ane muteeerrr terus gan…

Baca Juga:   VSI Yusuf Mansur akhirnya berlalu

esok pagi ane langsung ke bengkel gan, ganti sepasang velg (depan dan belakang) dan akhirnya ane musti ngeluarin uang Rp493.000 buat ke bengkelnya.

Demikian pengalaman ane gan, pliss bgt buat yang biasa jadi pemotor di jakarta kudu hati-hati di jalan. kecelakaan terjadi bukan hanya karena kita kurang hati-hati, tetapi juga banyak yang disebabkan karena tidak memadainya infrastruktur jalan raya.

Ini spek motornya
Motor agan apa?
Jawab : Suzuki Smash tahun 2004

Velg bannya dari asli pabrik bukan?
Jawab : udah bukan gan, yg lama kan model velg berjari2 banyak, udah diganti pake velg chrome CW- Casting Wheel (velg racing/palang)

ente pake ban cacing ya gan?
Jawab : bukan gan, standar velg smash, shogun dkk kok 17 inch x 275
kalo ban cacing itu di bawah 200 gan.

mungkin kualitas velgnya gak sebagus standar asli pabriknya kali gan?
Jawab : bisa jadi, tapi velg itu udah 5 tahun terpasang di motor ane kok gan, dan gpp sebelum kejadian itu..

ban nya merk apa gan? velg ampe pecah tp ban masih utuh?
Jawab : Ban luar merk DUNLOP, beli sepasang depan belakang sekitar 4 bulan yang lalu gan.

sumber: Kaskus.co.id

roda2blog di sosial media

3 Komentar

  1. bersyukur bro ga kenapa2 cuma velg yg rusak.. kalo sampe jatoh trus patah tulang kayak owe apa ga sengsara tuh.. mana udah sakit, belon lagi biayanya puluhan juta buat operasi pasang pen.. ga sebanding sama harga motor & biaya operasional 🙁

Tinggalkan Balasan