Menanti Negara Kurdi Merdeka

Bila ada suku bangsa Islam yang sangat dinanti untuk segera merdeka dan berdaulat memiliki negara sendiri mereka adalah Suku Kurdi. Entah apa motif dalam Perjanjian Sikes Pycot antara Prancis dan Rusia, tersirat bahwa dua negara itu tidak rela Orang Kurdi memiliki negara sendiri. Kurdistan dibagi bagi untuk Turki, Irak, Iran dan Syiria.

image

Orang Kurdi mayoritas pemeluk Islam Sunni. Dalam sejarah mereka tercatat sebagai pejuang tangguh. Salah satu tokoh yang terkenal adalah Sholahuddin AlAyyubi atau Saladin.

Pejuang Kurdi selalu tampil saat situasi kritis dalam sejarah umat Islam. Salah satu tokoh Kakha dalam perang Qadisiyyah. Saat keadaan genting dan terdesak, Kakha sukses menemukan cara menghancurkan pasukan Gajah Persia.

Baca Juga:   Pergantian Mesin Baru Tank AMX-13 Milik TNI, Walau Tua Tapi Mesin dan Senjata Baru

Situasi konflik timur tengah terbaru entah sengaja atau tidak telah mewujudkan negara Kurdi Merdeka dengan Ibukota di Arbil Iraq. Setelah sekian lama menderita tertindas oleh Iraq, Iran, Syiria dan Turki, walau belum mendeklarasikan, Tanah Kurdistan sudah merdeka tanpa perlu perang.

Di Wilayah Kurdi IIraq yang beribukota Arbil sudah tidak ada pasukan militer Irak atau asing yang bercokol. Semuanya dalam kontrol pasukan kurdi, Pashmerga.  Pasukan Kurdi Turki, PKK, juga telah menyebrang ke wilayah Irak.

Konflik Kurdi vs ISIS
Bagaimana dengan konflik Kurdi Isis, yang tentara kurdi dijadikan pasukan boneka?

sepertinya kali ini Amerika dan sekutunya akan dikadali oleh Kaum Kurdi.

Setelah gelontoran dollar dan aneka senjata, ketika pasukan Kurdi cukup kuat dan luas tanah yg dikuasai cukup luas, mereka akan memilih untuk mendeklarasikan kemerdekaan Kurdistan daripada terus berperang dengan ISIS.

Baca Juga:   Pajak semakin Gila dan ngGilani!

Indikasinya?

Isis sendiri seperti enggan bertempur dengan Pasmergha Kurdi yang sama-the Sunni. ISIS memilih mundur tanpa kontak senjata dari kota-kota di sekitar Arbil, bahkan kota Kirkuk yg terdapat  kilang minyak terbesar di Irak.

Pasukan Kurdi sendiri juga ogah untuk mengejar masuk untuk menggempur ke wilayah yang dikuasai iSIs. Padahal gelontoran dollar dan senjata kelas berat telah mereka terima.

Benar tidaknya akan terjadi? hanya waktu yg bisa menjawab.

image

roda2blog di sosial media

2 Komentar

Tinggalkan Balasan