Timor Leste Ingin Kembali Ke Pangkuan NKRI bro?

image

Sebuah berita mengejutkan dilansir laman berita liputan6.com hasil wawancara dengan Xanana Gusmao, benar tidaknya perlu konfirmasi lagi. Tapi yang pasti, Timor Leste saat ini memang kekurangan kader pemimpin muda, bila Generasi Xanana mati, habis sudah tongkat estafetnya bisa pecah perang saudara seperti era Ramos Horta.

Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao mengakui kemungkinan negaranya akan bergabung kembali dengan pemerintah Indonesia, setelah berpisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selama 15 tahun.

“Timor Leste harus bergabung dengan Indonesia, kami butuh pemimpin baru,” tutur Xanana Gusmao di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (7/10/2014).

Hal tersebut diungkapkan Xanana pada saat menghadiri undangan pemerintah Indonesia dalam rangka HUT ke-69 TNI yang dipusatkan di Pelabuhan Ujung, Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur.

Dia juga mengaku sangat berterima kasih atas undangan yang diberikan pemerintah Indonesia, terutama TNI dalam rangka HUT ke-69 TNI.

Mantan pejuang pro-referendum ini juga sangat mengapresiasi kemajuan pesat Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) yang dimiliki TNI selama kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah Indonesia atas undangan dan kerja samanya selama ini. Saya juga perlu ucapkan Dirgahayu TNI,” terang Xanana Gusmao.

Timor Leste diduduki oleh Portugal selama lebih dari 450 tahun. Kemudian menjadi bagian dari Indonesia selama 24 tahun. Pada saat masih bergabung dengan NKRI, nama Timor Leste adalah Timor Timur yang merupakan provinsi ke-27 Indonesia.

Namun pada tahun 1999, Timor Timur memisahkan diri dari kedaulatan NKRI dalam referendum di bawah pengawasan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan sekarang menjadi negara dengan nama resmi Republik Demokratik Timor Leste atau Timor Lorosa’e.

roda2blog di sosial media

25 Komentar

  1. 15 tahun…berdiri sendiri…seharusnya lebih baik….,kalau memang mereka benar2 mau maju, tapi sekarang? malah asing yang menjajah mereka,ketergantungan dr negara asing.. jadi bahan mainan ‘politik’. sesusah2nya di bumi pertiwi tetap ada semangat kebersamaan..tetap ada perhatian dari pemerintah sendiri..walau ..lelet…

  2. Kudu hati2 menyikapinya,,,klo tidak salah,selepas referendum eurico guteres prnah berucap,,,klo dia pun setuju tim-tim merdeka,cuma bukan skr,krn klo terlalu cepat bisa2 nnt qt makan batu….mungkin yg di maksud eurico itu spt ini,,,generasi mereka belum siap menerima tongkat estafet mengisi kemerdekaan….nah klo mrk mmg ingin bergabung kmbali,mrk akan persiapk an generasi mrk untuk kembali merengek merdeka ketika mrk benar2 sudah siap

  3. semiskin2nya/ senakal2nya provinsi/ kabupaten di NKRI, tetep dapet dana perimbangan dari pusat

    Daerah2 yg rawan separatisme kayak papua dan aceh malah dana perimbangannya gede supaya cepet maju dan ga kepikiran misah dari NKRI… kayak Timor leste saat ini aslinya bisa aja dikasih 2 trilyun/ tahun asal mau setia di NKRI

    mampus dah lu timor leste, belagu sih

  4. sebuah kalimat “TL akan kembali bergabung dengan NKRI” adalah suatu kalimat pancingan biar beberapa WNI yang tidak bisa memandang realita berkomentar sesuka hati. Orang seperti Xanana tiiiiiidak akan mau jadi rakyat Indonesia, memang dari dulu masyarakat TL tidak pikir untuk menjadi rakyat Indonesia, buktinya perlawanan dilakukan oleh geriliawan selama 23 tahun tiada henti dan dibantu oleh masyarakat di kota melalui cara klansdentin. Dari dulu rakyat Timor menolak kehadiran Indonesia di negeri kami buktinya di setiap kabupaten (13) dibangun taman makam pahlawan untuk menguburkan anggota TNI yang terbunuh, ABRI /TNI dianggap sebagai alat pemaksa penggabungan TL ke RI. Taman makam pahlawan di setiap distrik di TL sangat unik karena di atas kuburan ditancap sebatang kayu lurus bukan salib sebagaimana tradisi katolik di sana. WNI yang menyikapi berita liputan6 ini kalo bisa simpan kata-kata anda yang sangat disayangkan ini.
    Saya berterimakasi kepada semua yang berkehendak baik untuk bisa menkontribusikan ide-ide yang baik bagi ke-2 negara RI – TL ke depan.

  5. Jangan pedulikan lagi keinginan Timor Leste itu…mereka bangsa yang tidak tahu terima kasih sudah dibebaskan dari penjajah Portugis e…malah bertahun tahun menjual nama baik Indonesia dimata Internasional sehingga Indonesia dipandang sebagai bangsa penjajah…

  6. Mereka itu sebenarnya masih ada ketergantungan dengan negara – negara lain, termasuk diantaranya negara tetangga.
    Lebih baiknya lagi kembali sama seperti dulu bergabung dengan NKRI dan agar kita menjadi persatuan dalam persaudaraan yang sejahtera makmur dan sentosa.

  7. Dulu timtim itu propinsi tandus tdk ada hasil buminya, yg ada uang dr pusat kesedot ke dili ibukota timtim, buat apa diterima kembali minta sono sm bpk moyang sampean portugis dan australia.

  8. Klo mau balik lagi, minta ijin dulu sama para pejuang seroja di NKRI dan buat perjanjian tertulis hitam putih, kaga segampang itu balik kepangkuan ibu pertiwi NKRI. Negara timur lorosa’e adalah negara tandus seperti etopia biarkan mereka kelaparan… ingat insiden 1999 kau menyakitkan hati rakyat indonesia & perjuang pro integrasi. NKRI lbh baik menerima kesultanan sulu yg memiliki tanah sabah dr pada timur lorosa’e…

  9. Seharusnya minta dooit sono ama aboot kan dia kaya raya
    ngapain minta balikan indonesia dari dulu tau kan gak punye ape ape cuma punya semangat doang..

  10. Assalamualaikum.Wr.Wb.Perkenalkan nama FENSSISKA dri kota Padang,sumatra barat. Salam buat
    teman saudara di Grup ini. Smoga apa yg saya
    sampaikan ini bsa bermamfaat buat saudara
    semuanya dan tujuan
    saya hanya ingin berbagi buat saudara semuanya….SAYA Sdh 5-6 Tahun bkerja sbgai (TKW) di
    ARAB SAUDI. Gaji Rp5-6Juta/bulan. Itupun jka lembur
    smaleman,gaji di naikkan. Tiap kli Sya tringat sma
    KELUARGA di Kampung. Mngkin KANGEN,krn sdh lma
    tdk ketemu. Sbgai Ank ke-1,Sya wajib mmbantu
    KELUARGA. Mka dr itu tiap bulan Mngirim : 1/2 Uang dr Gaji Bulanan yg Sya Trima. Smua ini ku lkukan sbgai
    Rasa Hormat,Tnggung Jwab,& sbgai Tlan Punggung
    KELUARGA. Bsa Memenuhi Kebutuhan Prekonomian
    KELUARGA tiap Bulannya. Agr bsa MENGURANGI BEBAN
    PIKIRAN,MASALAHG srta DERITA yg slma ini KELUARGA
    Sya alami hingga kni. Alhamdulillah. #DOA .SAYA.SEKELUARGA.TERKABULKAN# Kmrin,sat Lembur
    tngah malm,ada satu Krabat/Tman TKW dtang &
    berbcra pnjng Lbar dgn Sya. Mngenai (SOLUSI) dr smua
    mslah yg Sya Sekeluarga almi. Dberiknlah Sya
    No.Ponsel : +6282333304861 MBAH DAMAR, Pd
    saat itu Sya lansung HUB/TELPON MBAH DAMAR. Sya Berbcara dgn MBAH DAMAR sngat Lama dan
    Membrithukn tntang smua PERMASALAHAN yg slma
    ini Sya SEKELUARGA Rasakan dan Mengalaminya.
    SYUKUR MBAH DAMAR Mengerti tntang apa yg
    Sya Rasakan SEKELUARGA. Dbrikanlah #SOLUSI/ JALAN# agar smuanya HILANG dr Kehidupan Sya
    SEKELUARGA & tdk akn trulan kmbli. Dlm Hati Sya
    brkta.#AMIN#.agar ini mnjdi KENYATAAN.”SUMPAH DEMI TUHAN” Ini
    Bener2 TERBUKTI & MENJDI KENYATAAN di dlm Khdpan
    Sya. Awalx Sya tdk prcaya smua ini,tp KEYAKINAN
    Sya sngt meyakinkan ini psti,dan Sya Melaksanakn
    prosedurnya yg di
    Perintahkn MBAH DAMAR Dan akhirnya Sya sngat kaget dan tak bisa berkata-kata lgi,Melihat&Men
    dengar ini Benar2 TERJADI.. Apbila Krabat/Tman2 TKW
    Ingin Sperti Sya. Kmarin Menang
    Dpt : Rp450jt.
    Slhkn HUB/TELPON Lansung MBAH DAMAR di :
    +6282333304861 Dimna MBAH DAMAR Siap & Sanggup Membntu Kerabat/Tman2 TKW”JP” hari ini.
    Sya SEKELUARGA sngat brsyukur skali,krn skarng
    HIDUP Sya sdh tdk MISKIN lgi. hingga saat ini Sya sdh
    Membuka USAHA bru & punya Tabungan Sndri di
    BANK,srta bsa membantu KELUARGA di Kampung. Ini
    smua yg Sya Proleh & Miliki Sndri,Berkat MBAH DAMAR Kerabat/Teman2 TKI/TKW..,yang ingin merubah
    nasib seperti saya silahkan tlpon, MBAH DAMAR di
    nomor. +6282333304861 beliu tidak menerima sms
    dan BUAT TKI/TKW YANG MAU PULANG
    KAMPUN untuk BERTEMU sama keluwarga ya, MBAH DAMAR MEMBUKA KESEMPATAN UNTUK JACPOT THAILOTRY-LOTTO -TOTO-MAGNUM MENYEDIAKAN
    MULAI DARI 3 ANGKA SAMPAI 6 ANGKA TERGANTUNG
    TANGGAL HARI LAHIR,MBAH DAMAR CUMA MELAYANI
    YANG SERIUS DAN BETUL2 BUTUH BANTUAN..TERIMA
    KASIH WSLM
    WEBSET MBAH’DAMAR Klik http://angkaritualmbahdamar.blogspot.com

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kenapa Militer Indonesia ditakuti: Karena punya pasukan Para Komando Terbesar ke-4 di Dunia | roda dua blog
  2. Kemampuan Denjaka TNI AL Lebih Unggul di Arena Latihan Internasional | roda dua blog
  3. Sadis Banget Bro, PRT Memasukkan Belatung ke Hidung Anak Balita Majikan Setiap Hari, Otaknya Jadi penuh Belatung lalu mati | roda dua blog
  4. Off Air: Kisah Kehebatan Denjaka Dibalik Temuan Puing Air Asia setelah Mengapung di Lautan Selama 18jam | roda dua blog

Tinggalkan Balasan