Kecelakaan Sepeda Motor Penyumbang Terbesar Kematian di Jalan Raya, 50 pemotor mati per hari

pemotor MAIN-HP-TEWASPolisi melakukan Olah TKP kecelakaan sepeda motor yang menabrak truk yang sedang parkir di jalur Pantura Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah. Diduga korban (meninggal dunia) sebelum menabrak truk bermain ponsel saat menyetir.

Tingkat kecelakaan di jalan raya makin mengkahwatirkan, data Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyebutkan, pada 2013 lalu kecelakaan lalu lintas menyebabkan korban jiwa mencapai 26.486 orang, dimana 70 persennya didominasi pengendara sepeda motor, berarti ada sekitar (70% x 26.486) 18.540 pemotor yang mati atau sama dengan 50 nyawa pengendara sepeda motor mati setiap harinya. Ngerii sobat.

Angka tersebut memang turun dibandingkan koran jiwa pada 2010 yang mencapai 31.234 jiwa. Meski mengalami penurunan, Korlantas Polri masih menargetkan penurunan angka korban jiwa akibak kecelakaan lalu lintas. Salah satu caranya tentu saja dengan menggandeng semua stake holder termasuk produsen sepeda motor di Indonesia agar makin sadar dengan artinya safety riding.

“2013 memang turun dibandingkan dengan 2010, tapi 26.000 korban jiwa itu masih angka yang besar. Kematian akibat kecelakaan lalu lintas ada di peringkat sembilan dunia diantara penyebab kematian lainnya, kita harus tekan angka ini agar makin sedikit korban jiwa,” tegas Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono, saat pembukaan Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014, di Jakarta, Rabu (29/10/2014) seperti dilansir kompas.com.

Condro melanjutkan, Polri mewakili Pemerintah Indonesia menargetkan pada 2015 nanti angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas bisa makin turun mencapai 24.000 jiwa saja. Ini bisa dicapai dengan menggandeng produsen buat makin aktif di program keselamatan berkendara.

Baca Juga:   Buktikah bahwa Yamaha Salah?

“Kami sangat konsen sekali untuk meningkatkan keselamatan. Saya di sini sebagai Kakorlantas berharap pelaku industri bisa mengarahkan pengendara agar berperilaku yang baik dengan memperbanyak aktivitas safety riding. Selain itu juga bisa dengan memberikan bonus-bonus kepada konsumen yang mengarah ke safety, seperti pemberian helm atau jaket dan sarung tangan,” tutup Condro.

Artikel lain soal safety riding sob:
– Bertengkar dengan pacarnya diatas sepeda motor, dua sejoli ini nabrak mobil
– Mesra dengan pacar sambil berkendara tapi tak mengenakan helm, keduanya mati bersama, pas difoto ada hantu
Ngisi malam dengan motoran tanpa helm, lima pemuda tabrakan sampai banjir darah
Habis nabrak truk, gadis ini menunggu ambulan sambil belajar di kolong truk
Langgar marka jalan, gadis ini tergencet bus

Baca Juga:   Video Kakak Beradik Digilas Truk Karena Ceroboh di Medan

Artikel Militer:
– Kenapa TNI disegani di dunia
– Kenapa TNI ditakuti di dunia
– Denjaka, jadi juara di arena latihan internasional Rimpac Amerika Serikat

roda2blog di sosial media

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Langgar Batas Kecepatan Dalam Kota. 3 Honda, 1 Yamaha, 3 Pengendara Luka Berat | roda dua blog
  2. Terobos Lampu Merah, Siswa SMK pengendara Yamaha Byson hantam Ibu dan Anak | roda dua blog
  3. Anak kelas 5 SD Tewas Terlindas Truk Ketika Balapan, Bapaknya bisa dituntut hukuman Seumur Hidup berdasar KUHP | roda dua blog

Tinggalkan Balasan