Langgar Batas Kecepatan Dalam Kota. 3 Honda, 1 Yamaha, 3 Pengendara Luka Berat

korban patah kaki

rambu-ugm-iqmal

Sejak kredit motor baru semakin murah dan mudah atau entah sejak usia pemotor pemula semakin bayi atau karena pabrikan sepeda motor semakin berebut imej ngebut. Sekarang ini sebagian besar pengendara sepeda motor buta tentang batas kecepatan, terutama batas kecepatan dalam kota.

Aturan batas kecepatan maksimum yang diatur oleh PP No 79 tahun 2013 yang diteken Presiden SBYadalah sebagai berikut:
Untuk jalan antarkota batas kecepatan paling tingginya adalah 80 kpj. Lalu, untuk di kawasan perkotaan kecepatan maksimal 50 kpj. Sedangkan di kawasan permukiman kecepatan paling tinggi adalah 30 kpj.

Efek dari pelanggaran batas kecepatan ini adalah kecelakaan. Di daerah perkotaan ada sering dan pasti, pengendara yang berubah arah secara tiba-tiba, jika kecepatanya diatas 50KpJ dengan jarak kendaraan yang dekat, pasti terjadi kecelakaan. Dengan kecepatan segitu, kemungkinan kerusakaan fatal pada sepeda motor sangat minim. Tapi kerusakan pada tubuh pengendara motor bisa fatal.

jarak kecepatan dan pengeremanGambar: orongorong.com,
Edyan masbro, untuk kecepatan 50km ternyata masih butuh jarak 12 meter untuk berhenti tapi jika ditambah waktu reaksi manusia jaraknya bisa 20 meteran, jadi bila jarak sepeda motor kita dengan kendaraan di depanya cuma 6 meter, lalu yg didepan tiba-tiba berhenti, ya bisa mampus

braking and reaction distance

Pelanggaran paling banyak pada batas kecepatan dan sering menimbulkan laka lantas adalah ruas jalan satu arah dengan pembatas jalan ditengah, terutama pada daerah putar balik atau U turn. Mobil yang tiba-tiba akan putar balik, biasanya akan ditabrak oleh pemotor dari belakang dengan alasan jarak terlalu dekat gak cukup untuk mengerem.

Baca Juga:   Korban Kecelakaan Dibuang Setelah Dirawat Di Rumah Sakit Nganjuk

Di Ponorogo daerah paling rawan adalah Jalan raya antara pabrik es sampai terminal. Jalan yang lebar dan masing-masing satu arah menuju Madiun ini menjadi rawan terutama pada daerah u-turn atau persimpangan jalan. Nafsu untuk ngebut melihat jalan lebar berujung benjut kadang maut.

Salah satu titik yang paling rawan adalah persimpangan di depan sekolah MAN 1 Ponorogo. Dalam dua pekan ini sudah memakan 3 korban dengan dua kasus. Pertama Honda Supra X 125 menghantam mobil yang sedang putar balik, kedua Yamaha Vixion menyeruduk Honda Beat yang menyebabkan kedua pengendara luka parah.

Disamping melakukan penilangan pada kasus lampu motor, sebaiknya polisi juga lebih aktif melakukan penindakan pada pelanggar batas kecepatan di dalam kota, terutama sepeda motor.

Baca Juga:   SELALU SAJA MASINIS KERETA API YANG SALAH

Berikut gambar-gambar korban kecelakaan di depan MAN 1 Ponorogo,

Artikel lainya:

roda2blog di sosial media

2 Komentar

7 Trackbacks / Pingbacks

  1. Langgar Marka Garis Lurus, 2 Pemotor Siswa SMP tanpa helm hantam truk, tewas di tempat. | roda dua blog
  2. Terobos Lampu Merah, Siswa SMK pengendara Yamaha Byson hantam Ibu dan Anak | roda dua blog
  3. Fungsi dan Alasan Tilang Tutup Pentil | roda dua blog
  4. Mengantuk Saat Berkendara, Bisa menyebabkan kecelakaan Aneh tapi Nyata | roda dua blog
  5. Waspada Investasi PT.DBS Blitar, 7 hari untung 30%, MMM model baru. | roda dua blog
  6. Masihkah anda percaya Koran Jawa Pos? | roda dua blog
  7. Anak kelas 5 SD Tewas Terlindas Truk Ketika Balapan, Bapaknya bisa dituntut hukuman Seumur Hidup berdasar KUHP | roda dua blog

Tinggalkan Balasan