Bisakah Yamaha Mio 125 Lebih Irit dari Honda Beat 108CC ? Impossible

Sebentar lagi Yamaha segera meluncurkan produk copy cat Honda Beat. Walau secara garis desain mirip dengan Honda Beat tapi Yamaha memberi nilai lebih dengan kapasitas mesin yang lebih besar, yaitu 125cc.

Jika mengacu di pasaran harga motor rondo, dimana harga Suzuki Spin 125 yang saat ini menyalip harga Yamaha Mio untuk tahun yang sama. Contoh Mio tahun 2009 saat ini cuma dibandrol 5jutaan, sedang Spin 2009 bisa tembus 7juta. 😉  Jelas ada kecenderungan konsumen membutuhkan mesin yang lebih powerfull.

Yang jadi masalah, bisakan mesin 125cc lebih irit daripada mesin 108cc?. Secara teori jelas enggak mungkin, ruang bakar besar jelas membutuhkan asupan BBM yang lebih besar, beda 17cc cukup signifikan. Bagaimana dengan settingan ECu atau lubang semprott fuel pump yg lebih kecil?  tetap akan lebih boros.

Baca Juga:   Honda Forza 250 Harga 70 Juta Dengan 3 Pilihan Warna

Di tengah melambungnya harga BBM apakah sesuatu yang lebih boros walau sedikit, akan dimaafkan? toh konsumen mendapat ekstra power tenaga yang lebih ngacirr dan bunyi suara mesin yang lebih senyap.

roda2blog di sosial media

15 Komentar

  1. bener om, supra 100 cc aja yg udah terkenal irit sejak lama malah lebih irit supra X 125 kok. faktor irit atau ngga itu ngga cuma soal kapasitas.

    • Tenaga max dicapai di rpm lebih rendah jadi ga perlu gas poll.
      Tapi cc besar minumnya jg banyak masih jadi acuan kebanyakan orang awam.
      Maksud yg punya warung mgkn dari sudut pandang kebanyakan orang awam. Ujung2nya pengaruh ke penjualan. Gitu ya pak?

6 Trackbacks / Pingbacks

  1. Bocah SMP Pengendara Satria FU Ini Nyaris Dilindas Mobil | roda dua blog
  2. Ditabrak Konvoi Klub Kawasaki Ninja, Xenia Ancur sampai terbalik | roda dua blog
  3. Tentara ini Memilih Ngojek daripada jadi beking Para Cukong | roda dua blog
  4. Subsidi Tiket Kereta Api Ekonomi Akan Dicabut, Per 1 Januari Naik 100% | roda dua blog
  5. Naik Mobil Fortuner Baru, Perempuan Cantik Tewas Kecelakaan Di Depan Suami | roda dua blog
  6. Pakai Motor Sambil Bercanda, Dua Siswa SMP Tewas Tabrakan dengan Polisi, Lha kok Bapak si Anak nuntut Polisinya?? | roda dua blog

Tinggalkan Balasan