Biker di Jakarta Masih Beruntung, Di Yangoon Myanmar Sepeda Motor Dilarang Total

Yangon ban motorcycle1Jalanan kota Yangon, bersih dari Sepeda Motor

Yangon  adalah kota terbesar di Myanmar dan bekas ibukota sebelum dipindah ke Naypiitaw. Lazimnya kota-kota di negara berkembang, Yangon dulu juga penuh sesak dengan sepeda motor. Tapi sejak tahun 2003 jalanan kota Yangoon bersih dari lalu lalang sepeda motor,  tahun 2008 pemerintah kota bahkan menghapus pengecualian untuk kantor pemerintahan dan kelistrikan serta polisi. Jadi sekarang di Kota Yangon bersih total dari sepeda motor.

Ada banyak rumor tentang latar belakang kebijakan ini. Rumor pertama karena ada rombongan biker yang menyinggung seorang jenderal militer ketika konvoi. Kedua karena sepeda motor adalah alat transportasi yang digunakan untuk menyebar pamflet saat demonstrasi melawan junta militer. Ketiga karena ada anak seorang jenderal mati dalam kecelakaan sepeda motor.

Baca Juga:   Mantab, Test Kekuatan Layar Infinix Hot Note

Rumor mana yang benar tidak ada yang tahu. Yang pasti ketika kebijakan itu diketok tak ada perlawanan dari rakyat atau biker di sana. Karena saat itu Junta Militer masih berkuasa penuh, klo ngeyel langsung ditembak mati. :mrgreen:

Walau sekarang angin perubahan kebebasan telah berhembus di Myanmar, tapi masyarakat Yangoon tetap senang dan nyaman kotanya bersih dari sepeda motor.

Sektor pariwisata menggeliat kencang karena turis asing sering memperpanjang masa tinggal dengan menghapus rencana tujuan ke kota lain di ASEAN yang sesak sepeda motor. Jalanan kota Yangon bagaikan oase, walau sebenarnya kebersihan kotanya masih di bawah Jakarta, tapi kebersihan jalan raya dari sepeda motor telah menjadi daya tarik tersendiri dan berhasil menekan angka kecelakaan.

Baca Juga:   Jelang Balapan Perdana MotoGP Qatar, Vinales Ngeluhin Motor Yamaha-nya

Nasib biker di Jakarta masih beruntung kan daripada di Yangon ini, coba bila Pemprov DKI berani nerapin kebijakan seperti di Kota Yangon ini … mehek-mehek deh. :mrgreen:

Menurut salah satu petinggi kepolisian, efek positif lain dari pelarangan sepeda motor adalah menurunya angka kriminalitas.

 

Berikut galery foto jalanan kota Yangon yang lengang dari sepeda motor.

 

 

Sumber:
http://www.activebackpacker.com/5246/yangon-dirty-wonderful-myanmar/
http://www.mmtimes.com/index.php/special-features/162-wheels-2013/5788-ban-on-motorbikes-lingers.html
http://en.people.cn/90001/90777/90851/6828769.html

roda2blog di sosial media

6 Komentar

  1. Nah kalau pemda mau bebasin Jakarta dari motor ganti dulu sistem pemerintahannya ke diktator dan otoriter….itu data angka kriminalitas berkurang dsb ngitungnya pake lidi atau pake kira-kira….emang berapa banyak angka kriminalitas di thamrin – medan merdeka barat?

Tinggalkan Balasan