Tragedi Air Asia, Berkali-kali Pesawat Jatuh Kok yang Disalahkan Maskapai?

airasia

Melihat karikatur Clekit Jawapos di atas kok saya jadi teringat komentar bro Senna sebagai berikut:
Hayo ada yg hafal kecelakaan pesawat civil di indonesia dlm kurun 10 th terakhir…
Dan apa aja corrective action yh udah diambil oleh intansi2x terkait….??

Seperti kasus musibah yang dialami oleh Air Asia ini, pihak yang “dihukum” habis-habisan malah maskapai. Beberapa rute penerbangan dibekukan, enggak hanya air asia, Lion Air sampai Garuda juga kena hukuman imbas dari koreksi itu.

Menteri perhubungan Jonan sibuk gelar sidak ke kantor Maskapai dan tanpa sungkan memarahi langsung. Anehh tapi nyata. sehingga muncul opini bahwa pilot Air Asia tersebut salah karena tidak mengambil data penerbangan di BMKG.

Baca Juga:   Pebalap Astra Honda Nyaris Raih Podium di ATC Thailand

Di Korea saat ada kapal Fery tenggelam, Perdana Menterinya tampil di TV dengan menangis lalu mengundurkan diri karena merasa tidak mampu mengontrol bawahanya yang menjalankan regulasi perhubungan laut.

Di Indonesia menterinya malah tampil memarahi maskapai penerbangan? lha dalah … bukanya maskapai itu terbang atas izin dan regulasi dari kementerian perhubungan. Emang bisa pesawat terbang tanpa penumpangnya  boarding dulu di bandara atau pesawat terbang tanpa izin dari ATC? klo ada pasti sudah disergap F16.

Saat ada penerbangan ilegal yang disalahkan adalah maskapai, kenapa bukan sang pemberi izin? kenapa bukan pihak bandara?

Persis seperti kebanyakan kasus kecelakaan kereta api, yang disalahkan pasti Masinis. Padahal masinis tahunya cuma rem dan gas, soal kapan jalan, ngebut dan berhenti adalah tanggung jawab Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) yang ada di stasiun. Bahkan yang membelokkan kereta juga PPKA itu sendiri.

Baca Juga:   Cewek Cantik Kecebur Selokan, Warga Berebut Nolongin

Di dunia bisnis yang semakin ketat dengan nama baik sekarang ini, tak satu pun maskapai yang mau menggadaikan nama baiknya dengan mencuri izin terbang. Karena itu sama saja dengan kebangkrutan.

nylekit jawapos air asia

 

roda2blog di sosial media

Tinggalkan Balasan