Orang yang Melaporkan Bambang KPK ke Polisi, Ternyata Preman Berdasi PDIP yang Pernah Memotong Tangan Aktivis

image

Sugianto, nama pelapor Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto tercatat pernah menjadi anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2009-2014. Anggota Komisi Hukum DPR itu menyelesaikan pendidikan hingga SMEA di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringinbarat, Kalimantan Tengah.

Pada pemilihan umum 2009, Sugianto terpilih dari Dapil Kalimantan Tengah dengan perolehan suara mencapai 41.337 suara (35,8%). Pengusaha kelahiran Sampit 5 Juli 1973 tercatat pernah menikah dengan artis Ussy Sulistiawaty pada 12 Agustus 2005 sampai bercerai setahun kemudian.

Nama Sugianto sempat populer saat terjadi kasus penyiksaan investigator lingkungan hidup Faith Doherty dari Environmental Investigation Agency, London dan Ruwidrijanto, anggota lembaga swadaya masyarakat Telapak Indonesia. Sugianto juga dituding menyiksa Abi Kusno Nachran, wartawan tabloid Lintas Khatulistiwa.

Penyiksaan yang diterima Faith Doherty waktu itu cukup kejam. Empat jari tangan kirinya terpotong, menyisakan hanya jempol. Sedangkan Abi Kusno Nachran, jari di tangan kanannya utuh, tapi sekujur lengannya menyimpan bekas luka. Abi menyebut dua nama yang bertanggung jawab atas kekerasan itu: Sugianto dan Abdul Rasyid.

Baca Juga:   Gerry Salim Bawa Honda CBR250RR Juara 1 di ARRC Seri Perdana Malaysia 

Selain itu Sugianto juga pernah dikaitkan dengan kasus pembalakan liar di Taman Nasional Tanjung Puting. Waktu itu tahun 2002 Sugianto dipercaya pamannya Rasyid mengelola perusahaan Tanjung Lingga yang mendapat hak pengusahaan hutan seluas 40 ribu hektare lebih di Kalimantan Tengah.

Terbongkarnya pembalakan liar diakui sendiri oleh Sugianto. Ia terekam video pabrik-pabrik ramin milik Rasyid yang dibuat oleh tim investigasi Environmental Investigation Agency bersama Ruwidrijanto, anggota Telapak Indonesia, pada tahun 1999. Ketika itu, mereka menyamar sebagai pengusaha kayu yang melihat-lihat pabrik milik Rasyid. Sugianto, sendiri yang mengantar tim ini berkeliling saat itu.

Dalam rekaman itu Sugianto juga memaparkan bagaimana seluk beluk mengekspor kayu-kayu secara ilegal dari Taman Nasional Tanjung Puting. Tindakan itu menghindari pajak ekspor yang mencapai 25 persen.

roda2blog di sosial media

13 Komentar

  1. ini orang nih satu komplotan sama Hasto,oknum dari partai yg suka nyari celah buat korupsi…takut di usut,makanya bikin skenario kriminalisasi anggota KPK. pas pilkada pasti juga curang kq.

  2. Bung karnolah yang memasukkan paham komunis diindonesia,(tarik benang merahnya dengan partai merah)…anda tahu paspampres cuma bisa diperintah oleh presiden, walaupun mereka tadinya tentara yang berkualitas dan terpilih menurut ranking, setelah mereka menjadi paspampres maka secara otomatis mereka tidak bisa lagi tunduk atas perintah panglima abri, pangdam maupun kapolri, jadi ketika ahmad yani tahu yang menculik 7 jendral dalam peristiwa gestapu adalah cakra birawa maka ahmad yani dan pak harto tahu siapa dalang peristiwa gestapu….tentunya kaki kanannya sekarang lah yang mengadu domba islam kristen di ambon, di tahun 2005, pdi-p dipilih seratus persen oleh ambon, sulawesi dan medan, tentunya orang tidak akan menyangka jika yang merekayasa perang saudara di ambon dan poso itu adalah pdi-p….ingat mereka partai merah makanya jika mereka ingin memiliki kekuasaan di indonesia menjadi negara komunis seperti yang terjadi th.65 dan 66 (disaat bung karno berkuasa) tentunya mereka harus menghancurkan agama agama terbesar di indonesia dulu…itulah kelakuan orang2 tidak punya agama dan tuhan kelakuannya

Tinggalkan Balasan