Mediatek vs Qualcom: Pilih yang mana?

qualcomm-vs-mtk
Diakui, prosesor yang paling banyak digunakan pada mobile phone saat ini yakni Mediatek dan Qualcomm. Mediatek yang biasa disingkat MTK merupakan perusahaan chip semi konduktor asal Asia yang bermarkas di Taiwan. Sedangkan rivalnya Qualcomm adalah produsen chipset ternama dari Amerika Serikat.

Kelebihan Mediatek
Mediatek sendiri dikenal sebagai prosesor dengan harga yang terjangkau dan lebih banyak digunakan pada smartphone versi kelas menengah Lenovo, Asus, Acer, Himax dan yang lainnya. Namun, meskipun murah bukan berarti kualitasnya di bawah.

Prosesor Mediatek mampunyai kinerja yang handal, terutama dari sisi kualitas tampilan visual. Ditambah pengolah grafisnya menggunakan GPU PowerVR yang membuat gambar terlihat smooth dan jernih.

Alasan lain kenapa chipset Mediatek banyak dipilih vendor smartphone antara lain karena konektivitasnya. Dimana prosesor ini tidak membutuhkan spesifikasi khusus pada perangkat pendukungnya yang justru akan memakan biaya tinggi.

Belum lama ini Mediatek juga merilis chipset terbarunya dengan kode MT6795.

Prosesor dengan arsitektur 64 bit real octa-core yang memiliki speed clock mencapai 2.2Ghz. Menggunakan teknologi CorePilot yang mampu mengatur suhu agar tetap stabil, sehingga akan meningkatkan performanya. Selain itu, telah mendukung jaringan 4G LTE untuk akses internet cepat.

Baca Juga:   PT ACEH Siap Meluncurkan Mobil Esemka Pada Agustus 2017

Kekurangan
Hanya yang disayangkan konsumsi daya prosesor Mediatek terbilang boros. Sebab, energi baterai dialihkan untuk memaksimalkan tampilan visual. Oleh karena itu, jika Anda akan membeli ponsel yang menggunakan prosesor Mediatek, sebaiknya pilihlah ponsel dengan kapasitas baterai yang besar.
Kekurangan lainya, beberapa ponsel mediatek agak susah untuk me-lock lokasi GPS.

Pada akhir tahun 2015, pada produk Infinix Hot2 yang sudah memakai prosesorย  MTK Arm v7ย  Quadcore, sudah tak ditemukan gejala boros bateri dan GPS lelet.

Klik disini untuk reviewnya:
https://roda2blog.com/2015/10/31/infinix-hot-2-performa-gps-dan-servis-centrenya-gann/

Kelebihan Qualcomm
Sedangkan Qualcomm lebih banyak digunakan pada ponsel Android kelas menengah hingga kelas premium seperti Samsung, Sony, HTC dan yang lainnya. Dikenal memiliki kualitas yang baik dan didukung pengolah grafis GPU Adreno. Bahkan Qualcomm mengklaim bahwa prosesor single-core-nya memiliki kecepatan clock 1.4 Ghz yang lebih besar dari prosesor dual-core merek lain.

Sejauh ini Qualcomm telah meluncurkan 4 generasi yakni Snapdragon S1, Snapdragon S2, Snapdragon S3 dan Snapdragon S4. Setiap generasinya mengalami peningkatan kinerja yang lebih baik dengan konsumsi daya yang makin hemat. Memiliki performa handal untuk multitasking, baik digunakan memutar video, browsing, membuka aplikasi, bermain game dan aktivitas lainnya.

Baca Juga:   BMW HP4 Race Tidak Dijual, Anggap Orang Indonesia Gak Mampu Beli

Khususnya Snapdragon S3 dan S4, lebih banyak digunakan untuk bermain game yang notabene membutuhkan sumber daya besar.

Prosesor andalan Qualcomm terdiri dari Snapdragon 200, 400, 600, dan 800 yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Snapdragon 200 dirancang untuk smartphone pemula dan Snapdragon 400 dikhususkan untuk smartphone kelas menengah. Sedangkan Snapdragon 600 untuk smartphone premium. Dan, yang terbaru prosesor dengan komputasi 64 bit, Snapdargon 800.

Kekurangan

Harga masih lebih mahal dibandingkan Mediatek.
Intel Atom sebagai Merek Alternatif
Atom chipset besutan Intel ini juga sudah mencuri perhatian dengan harga yang juga cukup murah. Dengan teknology Hyper Threading chipset dual core intel bisa setara kemampuanya dengan empat core.

Hanya saja kelemahan dari chipset ini adalah panas yang berlebihan sehingga cukup untuk dijadikan setrika. :mrgreen:

[display-posts tag=android]

roda2blog di sosial media

20 Komentar

  1. Mantap lek…klo aku pilih qualcomm quadcore snapdragon 801 64 bit dibanding octacore tertinggi dari MTK msh lebih bagus,diantutu benchmark 42-44 ribu…kuencenge puoll..tambah 4G LTE telkomsel…juoss tenaan…

  2. Hehehe mediatek (performa dgan murah) vs qualcomm (highest performance+highest suport)
    Dlu pernah seh nulis ini dibawah

    myaplusinfo.com/2014/12/27/opini-snapdragon-ato-mediatek/

  3. 1 lagi yaitu processor Broadcomm keluaran inggris , dipakai di samsung galaxy grand duos, advan s5j

    harga lebih murah daripada Qualcomm, bisa dibilang versi murahnya Qualcomm dengan GPU Videocore

    masih lebih bagus daripada MediaTek karena mediatek SAMA SEKALI GA BISA LOCK GPS ! ya lebih tepatnya begitu hp temen saya Lenovo S660 chipnya MTK 6582 ga bisa locking GPS meski udah di atap luar gedung sekalipun lho ๐Ÿ˜† padahal semua fitur udah dinyalain pake EPO, A-GPS, dll., klo ga percaya silakan coba sendiri

  4. tambahan chip MediaTek setau saya sampai saat ini memang paling murah daripada Qualcomm tapi masih lebih mahal dari Broadcomm

    HARGA : Exynos > Qualcomm > MediaTek > Broadcomm
    GPU : Qualcomm > MediaTek > Broadcomm
    GPS : QUalcomm = Broadcomm > MediaTek
    SPEED CPU : Exynos > MediaTek (Octa) > Qualcomm > Broadcomm

    kalii ๐Ÿ˜†

  5. Di postingan ada tertulis Mediatek sendiri dikenal sebagai prosesor dengan harga yang terjangkau dan lebih banyak digunakan pada smartphone versi kelas menengah Lenovo, Asus, Acer, Himax dan yang lainnya.

    Pertanyaannya, smartphone ASUS emangnya ada yg pake mediatek yah bro ?
    Lineup ASUS menggunakan chipset Intel Atom di seri zenfone awal (4,5,6,zenfone c) dan di seri zenfone terbarunya malah pake chipset Snapdragon bro .

    mungkin bisa di koreksi dulu bro dan bisa di cek spesifikasi resmi nya sebelum merilis postingan, hhe
    ane asus user agak kaget makanya kok asus make mediatek, wong asus kaga ada kok yg make mtk ,hha
    thanx

  6. coba kasih masukan dong, ane mau beli hp samsung galaxy prime nah jadi bahan perbandingannya itu infinix hotenot. dari prosessor samsung snapdargon 401 Ram 1 GB Quad Core 1,2 GHz dan infinix mediatek MT6592 Ram 2 GB Octa Core 1,4 GHz.

  7. Mediatek, qualcom, exynos, nvidia, intel, dll sebenernya gak terlalu ngaruh bagi kalian yg hny menggunakan smartphone untuk ikut”an saja/hnya (meramaikan pasar smartphone). Semua jenis chipset memiliki kelebihan dan kekurangan masing”. Utk pos yg diatas mengenai processor intel ya emg kendala dari chipset ini mudahnya panas, namun dlm situs resmi intel inside menjelaskan bahwa itu terjadi dikarenakan chipset sdg menjalankan operasinya dgn maksimal & kamu yg miliki smartphone berchipset intel gk ush khwtir dengan panas yg dihasilkan smartphone kamu gk akn error kok, ane dulu soalnya make zenfone 5 yg skrg beralih ke chipset mediatek. ?

Tinggalkan Balasan