Proton Jokowi Akan Mirip Youngman China, Apa Benar Gak Pake Uang Negara?. Krismon 1998 bisa terulang

jokowi dan proton

Jokowi telah menekan proyek Mobnas dengan Proton Malayasia. Dengan menunjuk sebuah perusahaan milik AM Hendropriyono, PT Adiperkasa Citra Lestari.

Jika ditelusuri, Proton ingin mengembangkan bentuk kemitraan seperti dengan perusahaan mobil Youngman asal China. Mobil proton masuk ke China dengan direbranding ulang oleh Youngman, tak hanya merek dipermak tapi juga bentuk.

EuropeStar youngman protonYoungman Europestar L3 atau Proton Pesona yang dipermak

Contoh adalah Proton Pesona yang masuk begitu masuk ke China dan dipermak oleh Youngmans menyandang nama baru Europestar L3 walau yang berubah cuma logo, lampu dan bemper depan.

Yang menjadi masalah? Youngman adalah perusahaan swasta kredibel dan punya nama mentereng sebelum digandeng Proton. Kerjasama dengan Proton hanya untuk mobil tipe sedan, dan diluar produk Proton Youngman juga memiliki produk sedan sendiri yang mesinya kerjasama dengan Lotus.

Bahkan kekuatan finansial Youngman mampu membeli saham perushaan mobil SAAB Swedia dan pabrikan sportscar “Spyker NV”. Youngman juga berkolaborasi dengan pabrikan truk ternama dari Jerman, MAN.

Nahh jika reputasi PT. Adiperkasa Citra Lestari milik Hendropiyono sementereng Youngman its oke laghh. Tapi faktanya, perusahaan ini kantor saja belum punya (masih numpang di kantor notaris yang membuat akta PT-nya) apalagi pabrik perakitan mobil.

Kalau sudah begini jelas rakyat jadi curiga, darimanakah modal PT yang tiba-tiba ditunjuk presiden untuk menekan MoU dengan Proton?

Lha emang apa bahayanya? jelas ini adalah proyek mobil Timor jilid 2. Tentu kita tidak mau terkena sanksi WTO jilid 2 seperti tahun 1998, Saat itu pabrikan otomotif Jepang-Eropa dan Amerika menuntut kebijakan mobnas Presiden Soeharto yang hampir mirip kasusnya dengan yang ini.

Intermezzo saja
KIA nama mobnasnya Timor
Hyundai = BimantaraProton = Protol
:mrgreen:

 

roda2blog di sosial media

18 Komentar

  1. Kenapa proton bukan esemka? Karena esemka bukan manufactur, esemka cuma perakitan. NOTED

    Jika nanti deal, bisa saja proton masuk dengan nama esemka, dan di rakit di esemka.

    Masalah WTO lu dukun? Bisa ngomong tanpa pajek dasarnya apa? Pengalaman masa lalu? Basi!

    Gila aja kalo astra yang bikin mobnas, monopolistik.

  2. ciri bangsa pecundang yg gini… rakyatnya curiga mulu. krn selama ini merwka udh keenakan disuapin mulu. jd begitu dsuruh mandiri… memble. payah dah loser nih.

  3. liat nanti perubahannya lima tahun kedepan ini gimana jadinya indonesia hancur karena kebrobrokan pemerintah sebelomnya dan inilah hasil pemerintahan sby selama 10thn,
    yg namanya perubahan harus ada pengorbanan, konflik pro kontra ,dll
    hasil jokowi liat nanti 5thn lagi . bisa lebih baik atau lebih buruk.

Tinggalkan Balasan