Tiru Mobil Timor era Soeharto, Jokowi akan jadikan Proton Malayasia sebagai Mobil Nasional. Memalukan!

jokowi dan proton

Gembar-gembor mobil ESEMKA yang sempat mengorbitkan nama Jokowi di pentas TV infotaiment hingga akhirnya jadi presiden akhirnya musnah sudah.

Bapak Jokowi dalam lawatanya ke Malaysia, diam-diam memilih untuk mengembangkan mobil Proton milik Malaysia dalam bentuk proyek mobil nasional.

Mekanisme cara bakalan hampir sama dengan proyek mobil Timor dari KIA Korea zaman Presiden Soeharto?. Mobil akan masuk ke Indonesia dengan merek dari Indonesia, lalu tanpa dipungut bea cukai, pajak dkk sehingga harga menjadi murah.

Apakah akan berhasil? jelas enggak bisa, karena sebagai anggota WTO ini bisa dikategorikan pelanggaran karena memberi fasilitas khusus sedang produsen yang lain tidak.

Sedikit kilas balik ke zaman mobnas Timor dulu, prinsipal otomotif asal Jepang didukung Uni Eropa membawa masalah mobil nasional (Timor) ke WTO.

Baca Juga:   Tips Ngeblog Wordpress.com #5: Pilih Blog Aktif atau Pasif?, ada lho Blog Pasif dengan 40.000 views/hari

Indonesia dituduh melanggar beberapa poin pada ketentuan General Agreeements of Tarif and Trade (GATT). Cara ini bisa dilakukan sebab Indonesia terikat setelah menjadi anggota WTO sejak 1 Januari 1995.

Pada 22 April 1998, Badan Penyelesaian Sengketa (Dispute Settlement Body) WTO memutuskan program mobnas melanggar asas perdagangan bebas dunia, dampaknya harus segera ditutup. naghh jika nekad dengan mekanisme yang sama, ya berarti siap-siap aja bisa terulang seperti itu?

Sudah lahh pak, gak usah terlalu muluk-muluk buat mobil atau motor nasional. Jadikan saja Indonesia seperti Thailand menjadi pusat pabrik otomotif dunia. Dana riset untuk mobnas mending digunakan untuk riset lainya saja.

https://roda2blog.com/2010/10/09/sebaiknya-motormobil-nasional-nggak-usah-aja/

 

16 Komentar

  1. bukannya gak masalah ya? mobnas itu justru harus ada dan terus jalan. kita itu udah telat buanget soal mobnas… china aja buat mobnas awalnya niru dan build qualitynya ya gitu deh… sekarang qoros 5 uji tabrak NCAP di eropa malah diganjar 5 bintang, padahal mobil china.

    perihal indonesia jadi basis otomotif asia membalap thailand juga tidak lama lagi… yang ngurus kan sudirman mr 😆

    • Mobnas klo desainya seperti Perodua Malaysia gak masalah.
      yang jadi masalah bagi WTO adalah mobil asing yang diberi intensif bea masuk dan pajak.
      Sedangkan perodua adalah perusahaan patungan penyertaan modal

    • Program Perodua yang lebih sukses dari PRoton itu kurang lebih begini
      Paksa pabrikan mobil jepang untuk beli saham di mobnas Esemka.
      Itu dulu Perodua produk perdananya cuma Kancil, tapi sekarang sukses nyalip Petronas

  2. kayak gini sampai kiamat jg pada beli mobil jepang aja pada..cuciannnnnnnnn bgt.. kog bisa ind mental kyk gini..hasil didikan apa nih????

  3. meluruskan kie cerita ne:
    Bahwa kerjasama Proton dan Adiperkasa adalah kerjasama perusahaan dengan perusahaan bukan negara dengan negara dalam rangka membuat Mobnas.
    Bahwa kapasitas sebagai Presiden Jokowi yang hadir di acara itu atas undangan PM Najib dan Tun Mahathir sewajarnya sebagai tamu Jokowi menghormati undangan dari tuan rumah.
    Kesimpang siuran berita kerjasama proton membuat mobnas adalah tidak benar.
    (Sumber : tweet resmi akun Hendropriyono).

    nah jika masyarakat khusus nya berjiwa usaha pasti pintar ambil peluang ini, intip2… belajar dari proton…. ayo dong sarjana yang berkecimpung di dunia otomotif. pasti lah kalian bisa ambil peluang ini…

    harus diakui dengan sportif, kita kalah selangkah lebih maju dari malaysia

Tinggalkan Balasan