MiG-21: Jet Tempur Hebat yang membuat Indonesia disegani, protol setelah diembargo Uni Sovyet

01livery Mig21 AURI / TNI AU

Teknologi avionik yang dimiliki Uni Sovyet memang selangkah lebih maju daripada Amerika dan sekutunya, mulai dalam hal rudal balistik sampai urusan jet tempur. Walau diklaim boros bahan bakar, tapi jet-jet tempur selalu memiliki kemampuan manuver dan radar yang lebih baik.

Yang lebih mencengangkan lagi durabilitas made in USSR , walau sudah masuk tua bangka, setelah diupgrade ternyata mampu mengimbangi pesawat tempur yang lebih muda buatan Amerika.

Mig-21 pertama kali dibuat tahun 1960 untuk meneruskan Mig-15 yang legendaris. Total ada 62 negara yang pernah membeli dan sampai saat ini hanya tinggal 14 negara yang aktiv menggunakanya. Total ada 11.600 yang pernah dibuat, yang 700 dibuat oleh India dan 100 oleh Yugoslavia. Terakhir diproduksi di Sovyet tahun 1985, tapi China dan India masih bisa membuatnya dengan lisensi dari Rusia.

Indonesia adalah salah satu negara yang pernah menggunakan jasa Mig-21 (jumlah 22) di ASEAN dan membuat kekuatan TNI-AU sangat mentereng di era Presiden Soekarno.

Kecepatan (mach 2.1) dan kelincahan manuver Mig-21 sangat mencengangkan. Medan perang Vietnam, perang Iran-Iraq dan perang India-Pakistan adalah saksinya.

F-4B_VMFA-314_1968
F4B Phantom, sasaran empuk Mig21. Total ada 105 ekor yang dirontokkan Mig21 selama perang Vietnam.

Di Perang Vietnam, pilot Nguyen Van Coc mengukir rekor dengan mampu mengalahkan 9 jet milik Amerika Serikat. Sedangkan 12 pilot Vietnam lain mampu melumpuhkan 5 sampai 7 biji. Selain F4B, total ada 63 F105D Thunderchief miliki USA yang dirontokan Vietnam. Sedang Vietnam sendiri hanya kehilangan 53 Mig-21.

Baca Juga:   Suzuki GSX150 Bandit, Taklukan Jalur Selatan Jawa

Di perang Iran-Iraq, pilot S.A Razaq malah mampu melumpuhkan 1 biji F-14 Tomcat dan 3 ekor F-5 Tiger milik Iran saat perang memperebutkan daerah Basrah.

Dalam perang Yom Kipur antara Mesir dan Syiria melawan Israel, pertahanan udara Mesir yang lemah dimanfaatkan Israel untuk segera menghancurkan airbase utama Mesir dan membakar 210 jet Mig-21 yang membuat Mesir menjadi ompong di udara.

Di pihak Syiria, 3 jet Mig21 yang menyergap 15 pesawat Israel yang terdiri dari F4 Phantom, F5 Tiger dan bomber Dassault Mystere  yang hendak menyerbu Damaskus. Dengan kecepatan Mach 2.1 jet ini adalah yang tercepat di eranya.

Mig21bisweb

MiG 21 Bison Upgrade bisa dipakai sampai 2025
Upgrade Versi Bison (India) membuat Mig21 masih mampu meladeni pesawat-pesawat usia muda seperti F16 blok 52 sekalipun.Angkatan udara India dan Vietnam telah mengkonfirmasi akan menggunakan Mig21 sampai tahun 2025.

Upgrade Bison adalah rancangan India bekerjasama dengan Israel. Penambahan radar Phazotron membuatnya mampu mengunci 8 target sekaligus dengan rudal udara Vympel R-27 dan untuk pertahanan juga ditambahkan anti rudal. AU India juga menambahkan tactical data link dan Helmet Mouncet Sight (HMS). Dalam ujicoba di internal AU India, versi Bison ini mampu mengimpangi F15 dalam dogfight.

Mig 21 TNI AU, Rontok setelah diembargo Uni Sovyet
Setelah Orde Baru berkuasa, dengan jargon anti komunis. Jet-jet tempur hebat milik TNI AU seperti Mig15 dan Mig21, rontok karena Sovyet menjatuhkan embargo senjata. TNI kemudian “hanya” mendapat pesawat pengganti dari hibah jet bekas F86 Sabretjet dari Australia. Lalu baru tahun 1980-an bisa mendatangkan F-16.

mig 21 croatia
Jajaran Mig21 milik Kroasia sedang menuju tempat parkir

roda2blog di sosial media

6 Komentar

  1. salahnya sendiri kok pnya paham anti komunis, itukan skenario politik.

    meski komunis, Pak Karno ttp membebaskan rakyatnya utk ttp berAGAMA,
    nah skrg indnsia bak macan ompong krn g pny shabat karib, di injak2 trs sm barat dan ttngg.
    yg psti enakan di injak selimut ttngga..haha.,

Tinggalkan Balasan