Saat Teknologi Memangkas Momentum Jarak dan Waktu

Lebaran sebentar lagi tiba, dan kalimat yang biasa terucap saat bertemu sanak saudara adalah
“Ya ampun jenggg, enggak kerasa ya sudah lebaran lagi”

Tanpa disadari, semakin cepat manusia bisa bergerak dari kota ke kota, menempuh jarak ratusan kilometer dalam beberapa jam saja yang seharusnya beberapa hari. Manusia kehilangan momentum, yaitu kesempatan untuk merasakan suasana.

Perjalanan Jakarta-Jogja menjadi tidak terasa apa-apanya karena hanya ditempuh 30menit saja. Walhasil kesempatan langka berkumpul dengan keluarga besar pun tidak terlalu berkesan, karena merasa jarak Jakarta-Jogja sangat dekat.

Lebih parah lagi, saat berkumpul yang seharusnya waktu dihabiskan untuk saling sapa, malah dihabiskan dengan bermain game yang lagi-lagi mempercepat momentum habisnya waktu tanpa rasa apa-apapun.

Baca Juga:   Kaos Dagadu Telah Tiada, Pemiliknya hapus merek Dagadu

Walhasil, mudik bertranformasi dari ritual istimewa selalu dinanti, menjadi ritual harian yang membosankan. Mudik lagi, mudik lagi.

Kualitas silaturrahmi pun menurun, karena lebih sibuk main hape daripada melepas kangen dengan ngobrol.

Inilah alasan Chistopher Nolan (sutradara Batman) tidak mau memakai Hape sampai saat ini, kata dia,
“Saat saya berada di New York saya hanya mau 100% pikiran dan jiwa disana, saya tidak mau bila tiba-tiba Los Angeles mendekati saya hanya melalui sebuah panggilan atau sms”

Betul juga kata bang Nolan, sudah jauh-jauh dari Jakarta ke Jogja, terus ngapain coba menanyakan kabar orang yang di Jakarta via hape? :mrgreen:

Atau lebih konyol lagi, malah lebih sibuk di grup BBM/WA ngerumpi bareng teman-temanya yang sedang mudik juga di luar Jakarta daripada ngerumpi dengan keluarga yg dimudiki, dengan alasan, gak punya bahan ngobrol. 😈
“Ehh jengg, mudik saya di Padang asyikk lhoo”
“Ahh asyikan saya jeng, mudik di Papua”
“Mainstream banget, nie jenggg saya lagi mudik di Nusakambangan”

roda2blog di sosial media

4 Komentar

  1. Bisa aja om ini, tp mmg benar sih, cob liat aja klo lg di bis ato kreta pasti bnyak orang yg lg maen hp drpd ngobrol sm sebelahnya.

  2. seiring mobilisasi manusia yang semakin cepat rasanya waktu berjalan begitu cepat juga. rasa2nya waktu setahun itu cepet banget, gak kerasa dah mau lebaran lagi. gk kayak waktu masih kecil dl, dimana kemana2 masih jalan kaki rasanya waktu kok jalannya lambat banget. padahal nak dipikir2 jame muter yo podo wae.

Tinggalkan Balasan