Cara Membedakan Batu Kalsedon Asli dan Imitasi

Saat ini sangat banyak di pasaran batu kalsedon imitasi/palsu. Lebih parah lagi, yang jual pun juga tidak tahu bila batu yang dia jual palsu karena tahunya dapet untung saat mumpung batu akik masih booming.

Batu Kalsedon memiliki banyak ragam warna, dan namanya pun menyesuaikan warnanya. Seperti Red Baron, Red Tomato, Orange Sunkist, Lavender dll.

Ciri utama dari batu Kalsedon adalah : Harus tembus cahaya.

Batu Kalsedon Asli harus memiliki serat batu yang biasanya bermotif seperti kulit kura-kura atau bentuknya seperti buah belimbing. Pada batu kalsedon kualitas terbaik, serat batu ini bisa dilihat hanya dengan menerawang ke arah cahaya. Sedangkan umumnya, baru terlihat setelah disenteri / disorot cahaya dari arah bawah.

Baca Juga:   Warna Baru Honda Beat POP 2017

Contoh serat batu motif kura-kura, serat ini tak bisa ditiru batu imitasi/palsu/masakan.
serat batu kalsedon

Serat batu bukan serat warna!.Nagh batu kalsedon imitasi/palsu juga bisa memiliki serat warna bahkan sekarang ini banyak juga yang bermotif “junjung derajat”.

yang dimaksud serat warna adalah motif warna bergaris pada batu kalsedon yang biasanya membentuk pola junjung derajat atau kantong semar atau garis garis adidas . Serat warna pada batu kalsedon ini bisa dipalsukan.

Contoh batu red baron palsu

contoh red baron palsu 1

Batu kalsedon palsu terutama red baron, warnanya mudah kusam. Test paling ekstrim, oleskan keringat (paling bagus klo kulitnya berminyak) pada permukaan batu.
Jika Palsu, akan susah untuk kembali clingg walau sudah anda gosok-gosokan pada kain baju anda
Jika Asli, cukup diusap dengan tangan sudah clingg lagiii.

Baca Juga:   Sentul Dipastikan Gagal Gelar MotoGP tahun 2017

contoh red baron palsu 2

Yang kedua, harus disenter dari bawah untuk melihat serat batu. Dan lihat foto diatas, batu tersebut memiliki serat warna yang bergaris-garis tapi sama sekali tak memiliki serat batu.

roda2blog di sosial media

3 Komentar

Tinggalkan Balasan