Bacan, Si Batu Monkey Bisnis

image

Selain Barjad Api Wonogiri, yang populer dengan Fire Opal (walau sebenarnya bukan kelas Opal). Batu Bacan juga jenis batu akik yang menggila harganya. Padahal sejatinya, batu jenis ini lebih rapuh dari Fire Opal, yang bila kita lihat kekerasannya hanya 2,5 – 5 MOHS.

Lalu apa kemungkinan yang menyebabkan kenapa batu permata yang nama asingnya, Chrysocola ini banyak diburu kolektor:

1. Ulah Spekulan atau Monkey Bisnis.
Salah satu modusnya adalah dengan mengadakan kelas khusus bagi batu bacan di arena kontes. Dengan demikian, para pelaku batu bacan tetap bisa membandrol tinggi batunya seakan-akan si bacan punya prestis tersendiri.
Padahal bila diadu dengan kalsedon saja, kecantikan kristal si bacan kalah telak.

Baca Juga:   Angka 65 Akan Pensiun Dari MotoGP di Seri GP Valencia

2. Batu bacan dihubung-hubungkan dengan magis, Ada yang merasa tingkat kepercayaan dirinya meninggi ketika mengoleksi atau memakai batu bacan. Ada pula yang menganggap batu ini bisa membawa keberuntungan. Klo kata saya mah, ini cuma suggesti dari penjual saja. :mrgreen:

3. Batu Bacan dapat berubah warna. Menurut penghobi bacan, batu ini memang bisa berubah warna jika direndam dengan minyak zaitun. Dari hijau tua ke hijau muda. :mrgreen: pernah saya bilang ke teman. Kenapa gak direndam pake pewarna aja, pasti lebih cepet kelarnya. :mrgreen: Si Bacan ini teksturnya sangat rapuh persis seperti kapur, bisa diremes-remes.

Jadi? hobi batu akik jangan mengikuti hawa nafsu menggebu untuk memiliki, jangan mudah tergiur suggesti dari bakul, harus didasarkan pada hal yang wajar karena batu tetaplah batu.

roda2blog di sosial media

6 Komentar

  1. apa kabar semuanya tampah terkecuali’salam bisnis,kami mau tawarkan bongkahan batu bacan asli ternate harga dibawah ini bisa saat akan berubah:
    1.2ons 1juta 300ribu.
    2.5ons 3juta.
    3.1kg 5juta 500ribu.
    Alamat:jln.tras no.34 des/kec tabam kota ternate.maluku utara.
    untuk info:085271712959 atau pin bbm:57186B32. Terima kasih

  2. Buset neh penulis ny ngak salah nulis? Bacan lbh rapuh dr opal? Bacan palsu kali, Bacan asli di lab hasil ny kekerasan 7 – 8 MOHS

  3. Sedikit saran aja sih buat penulisnya, supaya belajar lagi untuk bedain antara “Chrysocolla” saja dengan “Chrysocolla in Chalcedony” / Gem Silica / Bacan.
    Kalo sudah bisa bedain, coba cari di Online shop luar negeri berapa harga “Chrysocolla in Chalcedony” atau gem silica? Kalo ente dapet tu batu murah di situs jual beli luar, (Ingat! bukan Chrysocolla doang, tapi ada Chalcedony nya) ane berani deh bayar mahal ke ente 🙂

Tinggalkan Balasan