Tips Cara Menganalisa Keaslian Sebuah Foto Lewat Google

Di dunia jempol facebook sekarang ini, ada segelintir orang yang bener-bener gila jempol. Yang sukanya menguplod foto untuk menarik simpati jempoller. Parahnya, kadang foto yang diupload adalah foto lama dan kadang tidak singkron dengan keterangan fotonya.

Foto tersebut biasanya diakhiri dengan kalimat, “beri like dan amin ya”. Dan yang paling parah, adalah ada yang menambahkan kalimat “sumbangan atau donasi kirim ke rek. ini ya”

Untuk menganalisa dan biar enggak tertipu yang model begituan, berikut ini tip trik untuk menganalisa keaslian sebuah foto biar enggak tertipu. Termasuk juga untuk menganalisa asli tidaknya si pemilik akun facebook juga bisa.

1. “save image as” gambar yg ingin di analisa
2. buka google search, lalu perhatikan tulisan di pojok atas, klik “image”.
3. pada kolom pencarian akan terlihat “gambar kamera”, silahkan klik
4. akan terbuka jendela dengan dua pilihan, yang pertama mengupload dari link gambar, dan yang kedua dari gambar yg sudah ada di komputer kita. Dalam tutorial ini saya asumsikan gambar sudah ada di komputer kita, maka klik “upload an image”. maka akan terbuka browser k komputer kita.
5. masukkan gambar yg ingin di analisis, maka google akan otomatis mencari gambar serupa yg beredar di internet, nagh perhatikan tanggal yang keluar, semakin tua usia fotonya berarti itu yang lebih dahulu muncul di internet.
6.untuk memperoleh gambar yg relatif original klik “search tool” lalu pilihlah rentang waktu gambar (saya sarankan untuk mencari gambar dari tahun yang lebih tua (contoh tahun 2010 kebawah), karena gambar pada awal2 pengunggahan relatif belum di modifikasi.

Baca Juga:   Usir Penjual Bakso, Satpam Tabrak Gerobak Pakai KLX Jadi Viral

tips analisa foto pakai google

CC: Indra diputra

6 Komentar

  1. Wah baru tahu kalo bisa kaya gini, makasih ya informasinya.. jadinya kalo ada foto yang kira-kira mau menipu ataupun kurang bisa dipastikan kebenarannya bisa di cek, bukan begitu?

1 Trackback / Pingback

  1. Berita Foto 2 Begal Motor Dibakardi Jambi Adalah Hoax, Palsu, Bohong, Ngapusi. | roda dua blog

Tinggalkan Balasan