Pesantren Al Fatah Temboro Magetan, Ponpes dengan Sistem pengairan terbaik

image
MTs Alfatah

Salah satu yang paling sulit dalam pengelolaan pesantren adalah sistem pengairan. Terutama pada pondok pesantren dengan santri berjumlah banyak mencapai ribuan.

Salah satu pesantren yang sedang tumbuh pesat adalah Pesantren Al Fatah. Yang berlokasi di desa Temboro, Kecamatan Karas Magetan Jawa Timur.

Total ada 12.000 santri putra dan putri. Yang jika ditambah dengan keluarga para ustadz, jumlahnya mencapai hampir 18.000 jiwa.

Karena besarnya animo masyarakat untuk belajar di pesantren ini. Maka secara fisik bangunan akan dijumpai beberapa bangunan permanen yang cukup sederhana, terutama rumah-rumah para Ustadz.

Salah satu kelebihan pesantren ini adalah, kebersihan lingkungan dan paling utama kebersihan kamar mandi dan ketersediaan air bersih. Luar biasa. Walhasil tidak ada tradisi “jarban” / korengan /penyakit gatal yang biasanya menjadi syarat bagi santri. :mrgreen: dua adik saya menimba ilmu disini 3 dan 5tahun.

Baca Juga:   Gak Hanya MOTO-GP, WSBK pun juga Indonesia bangett

Saya tidak akan takjub bila lokasi Al Fatah Temboro adalah daerah yang kaya akan sumber mata air, seperti Magelang atau Pandaan atau Klaten atau Boyolali.

Tapi kawasan Temboro adalah perbukitan tandus khas Magetan di musim kemarau. Yang aliran sungai dan areal sawah, hanya mengandalkan air tadah hujan. Tak ada sumber mata air alami di dekat pesantren.

Kebutuhan air pesantren ditopang dari sumur bor yang disedot oleh mesin Diesel. Itupun lokasi mesin Diesel berada di pinggir sungai, jauh di bawah jurang bila dilihat dari tepi jembatan Trangkil.

Sampai sekarang, saya juga tidak melihat adanya menara air yang biasanya dijumpai sebagai tempat penampungan air lalu dialirkan ke kamar mandi.

Baca Juga:   Walau Kaki Diamputasi, Mempelai Ini Tetap Menikah Walau di Rumah Sakit

Tapi saya yakin pasti ada, karena Diesel tidak hidup setiap waktu. Entah diletakkan di sebelah mana. 🙄

Sistem pengairan yang menjamin air bersih dinsetiap kamar mandi.

1 komplek kamar mandi, terdiri 1 kolam yang diatasnya dibangun bilik-bilik untuk mandi.

Di setiap komplek ada sebuah kolam kecil yang berfungsi untuk mengukur ketinggian air di kolam besar. Jika kolam air besar berkurang, maka serta merta bandul yang berada di kolam kecil membuka kran pengisian kolam. Ini penampakanya.

image

Jadi semakin banyak air berkurang, semakin deras pura air yang masuk.

Salah satu komplek kamar mandi dan tamanya yang bersih.

image

image

image

Airnya sejernih kaca.

roda2blog di sosial media

15 Komentar

Tinggalkan Balasan