Balon Lebaran dari Ponorogo, Tradisi dan Kreatifitas

image
Balon Udara Ponorogo. Foto: FB Agus Disanto

Salah satu tradisi idul fitri di Ponorogo adalah menerbangkan balon udara. Balon sederhana yang dibuat dari kantong plastik ini sekarang berukuran jumbo, jauh lebih besar daripada masa kecil saya dulu.

Cara menerbangkanya pun cukup sederhana. Bermodal asap dari pembakaran blarak tebu dan damen. Lalu setelah terbang digantungkan tungku api agar uap asapnya tetap terjaga di dalam balon.

Biar seru, digantungkan mercon yang sudah dirakit demikian rupa agar mbledozzz di ketinggian. Sehingga akan menimbulkan sensasi hujan convetti ala italiano.

Di negara manapun, perayaan idul fitri, tak ada yang semeriah di Indonesia. Persis seperti anjuran Nabi agar merayakan dua hari raya ‘id melebihi hari raya apapun.

Baca Juga:   Jogja Nyaman: Polisi Tangkapi Pelaku Klitih Yang Meresahkan
image
Foto: FB Ponorogo Bergerak

Dengan ini roda2blog.com mengucapkan selamat hari raya idul fitri, Mohon maaf lahir dan batin. Semoga segala amalan ibadah di bulan Ramadhan diterima Allah dan menjadikan kita hamba yang kembali fitri.

roda2blog di sosial media

4 Komentar

  1. Assalamualaikum..
    maaf sebelumnya tapi balon udara persis seperti di foto atas malam ini tersangkut di rumah salah satu tetangga (di perumahan Malang) dan hampir menyebabkan kebakaran besar.
    mohon lain kali dikaji ulang manfaat menerbangkan balon semacam ini karena dampaknya sangat berbahaya.

    Selain itu, menurut direktur operasional air navigasi Indonesia ternyata balon udara seperti ini bisa terbang sangat tinggi dan menyebabkan kecelakaan pesawat.
    mohon bantuannya untuk menginfokan hal ini kepada warga Ponorogo lain.

    Terima kasih

    • Mbak AYU.
      kalau cuma balon plastik banyak yang mirip mbak. Tulungagung,trenggalek juga sama perayakannya. Tapi memang gak serame Ponorogo.
      Jadi jangan langsung tertuju ke PONOROGO .

Tinggalkan Balasan