Tuh kan bener, Proyek Jet Tempur Bersama Korea Selatan, IFX/KFX Bakalan Segera Bubar

kfx ifx

Dari awal, proyek ini sudah disorot oleh parlemen Korea Selatan. Ada dua hal yang menjadi poin sorotan. Pertama, soal kemampuan teknologi Indonesia dan Kedua, minimnya anggaran dana dari pemerintah Korea Selatan.

Imbas krisis Eropa memang cukup memukul struktur belanja dan pendapatan negara Koh Min Cuk itu. Nagh proyek KFX/IFX ini dicurigai hanya akal-akalan pemerintah Korea untuk memanfaatkan duit riset dari Indonesia. Lho memangnya Indonesia lebih kaya dari Korea Selatan?

Jadi begini, biaya riset KFX/IFX lebih banyak ditanggung dari pihak Indonesia. Selain dalam bentuk uang cash, transfer teknologi, lalu juga ada yang berbentuk hutang pada Korea. Licik banget kan? jadinya biaya emang lebih banyak di pihak Indonesia daripada Korea.

Baca Juga:   Orang Gila Legendaris Dibuang ke Hutan, Satpol PP Dihujat Netizen

Nilai keuntunganya bagi Indonesia? IFX akan dirakit di Indonesia sehingga biayanya lebih murah. Cuma masalahnya, itu korea sudah menikmati duluan transfer teknologi dari Indonesia dan hutang bond duluan ketika pesawat masih dirancang. Sedang kita? cuma baru dapet angan-angan saja. ❓

Lho tapi kan Korsel baik hati pernah ngasih hibah 25 biji Tank Ampibi LVT-7A1. Hibahkan memang disengaja untuk memancing terjadinya transaksi pembelian. 25 tank itu emang bener gratis, tapi dalam kontraknya harus disertai pembelian ini-itu yang nilainya hampir sama dengan beli baru.

roda2blog di sosial media

9 Komentar

  1. lhah, gak perlu jauh2 sampe urusan militer, itu para bintang2 K-Pop juga sudah “mengkadali” para fansnya dengan operasi plastik, operasi payudara mungkin, ngoahahaha… XD

    • indonesia kan cuman ikut biaya riset ga sampai 30%….sumber beritanya dari mana bro kok bisa mengatakan indonesia paling banyak mengeluarkan biaya riset KFX/IFX

  2. Aahh ini mahh opini pribadi ente aja.. Ngikutin brita tentang KFX/IFX ente jangan spenggal spenggal brayy..
    Ya begini sudah efek’x..

Tinggalkan Balasan