Honda Spacy, Cara Cerdik Honda Menekan Jatuh Harga Bekas Yamaha

image
Honda Spacy 2011

Tipikal orang Indonesia itu unik. Saat beli sepeda motor maka yang dipikir pertama kali adalah nilai jualnya lagi. Padahal ya sebenarnya tak satupun produk motor yang jika dijual lagi bisa untung, ya pasti rugi to?.

Yap, walau merugi, bagi orang kita kebanyakan. Sepeda motor adalah  likuiditas, yang dapat diandalkan saat butuh dana cepat.

Plus juga untuk cantolan gaji. Maklum, tipikal ras melayu, butuh paksaan untuk menabung. :mrgreen: dan cicilan motor adalah cambuk untuk bisa menyisihkan gaji.

Naghh salah satu cara membungkam kompetitor adalah membungkan harga bekasnya juga. Dengan begitu konsumen sudah enggan melirik yang baru.

“Ahh males beli merek Y, harga bekasnya ancurr banget”.

Dan AHM dengan cerdik memanfaatkan Spacy sebagai senjata untuk menembak sasaran ini.

Baca Juga:   Honda Sonic Merajai Arena MotoPrix, Kok Sepi Beritanya?

Dalam portofolia produk Honda. Spacy adalah motor yang paling tidak laku, hanya terjual 1.300unit/bulan. Bandingkan dengan Beat (170.000/bulan), Vario (120.000/bulan) dan Scoopy (20.000/bulan).

Naghhh nylililit banget angka penjualan Spacy? Angka segitu mah mending dilikuidasi saja. Tapi sasaran AHM adalah membunuh harga bekas Yamaha.

Sebagai motor kurang populer. Harga jual bekas Spacy jelas anjlokk. Produksi tahun 2012 aja dibandrol harga 8juta masih bisa nego. Padahal direntang harga yang sama ada MIO J tahun 2014.

Walhasil, dengan naiknya popularitas matik Honda. Jelas pilihan ke Spacy lebih rasional bagi peminat motor rondo. Apalagi yang produksi tahun 2011 yang bisa dibeli kurang dari 8juta.

Dan AHM senyum-senyum aja. Walau jumlah penjualanya kecil. Tapi efeknya lebih besar, menjatuhkan harga pasaran rondo kompetitor. Yaghh setidaknya sudah gak penasaran lagi to … kenapa kok Honda tetap gak mau meladeni Yamaha X Ride dengan Honda Zoom. Padahal si Xride itu bisa laku 7.000an unit sebulanya.

roda2blog di sosial media

6 Komentar

  1. Sama dengan nasib Cbr250,karena ‘nggak laku’aka harga jual bekasnya jelas hancur..

    Tapi dengan begitu,saya bisa beli barang seken kualitas masih oke dg harga murah.. 😉

Tinggalkan Balasan