Tabrak Honda Vario, Avanzanya Ringsek, Varionya utuh. Ini penjelasan Ilmiahnya

safety pedestrian
Vario ke tabrak Avanza foto: FB Motuba

Bagi sebagian orang yang masih awam, foto seperti diatas pasti mengundang tanda tanya?, kok bisa mobil penyok menabrak sepeda motor doang?

Inilah yang dinamakan dengan regulasi “Pedestrian Safety Through Vehicle Design”. Yaitu regulasi yang mengharuskan bagian depan mobil terbuat dari bahan lunak. Gunanya? bila menabrak orang dimungkinkan untuk selamat.

Makanya bagian moncong mobil-mobil terbaru, dibuat dari bahan plastik ABS bukan besi ataupun fiberglass. Jadi, jangan ngarep anda bisa menemukan moncong mobil terbaru seperti moncong Isuzu Panther seperti dibawah ini.

moncong panther
Moncong Panther, terbuat dari bahan fiberglass lalu dibawahnya masih ditambah plat baja tebal. Klo nabrak Vario ya wassalamm

Naghh pada regulasi terbaru di Eropa sono. Malah mengharuskan kap mobil untuk dilengkapi dengan airbag. Yang jika menabrak orang, airbagnya langsung sigap mengembang dari bawah kap lalu menjadi kasur empuk untuk korban. Nih seperti ini ilustrasinya

Soft Landing Pedestrian. Foto: dailymail.co.uk
Soft Landing Pedestrian. Foto: dailymail.co.uk

Regulasi ini juga sangat menguntungkan bikers, karena jika terjadi kecelakaan malah biasanya aman, karena sepeda motornya nancep di bagian plastik ABS. Sedangkan bagi sopir, ya bikin total-an.

roda2blog di sosial media

7 Komentar

Tinggalkan Balasan