Mau Jual Motor Lama Untuk Beli Motor Baru? Denger dulu petuah Orang China

image
Ilustrasi: tembi.net

Sore ini r2b mendapat petuah asyik dari Bos toko ATK langganan saya. Demikian beberapa petuah

Jawa : Jual barang yang tidak
diperlukan, contohnya sepeda motor, hape atau tv.
China : Jangan pernah jual barang yang ente beli dari hasil jerih payah ente.

Kata orang Jawa: “Kan mubazir koh, misal motor cb ku yang lama kan udah enggak aku pake karena saya beli yang baru??”
Jawab Kokoh: “Itu tandanya, motor baru mu, kamu beli bukan atas dasar kebutuhan, tapi pengen.”

Si orang Jawa bilang: “Motor yang lama waktunya jajan koh, ganti ban, rantai, seker, aki, dll. Total bisa mencapai bisa 3-5 juta koh??!”.
Si Kokoh: “Klo elu jual tu motor, katakanlah laku 17juta, elu rugi 4juta (harga beli baru kan 21juta). Terus elu masih nambah lagi 9juta (harga baru cb 26juta). Jadi total elu rugi 13juta (4juta depresiasi + 9 juta buat nombokin).

Si Jawa manggut-manggut
Si kokoh: ” kita orang China, pamali kalau jual mobil/motor atau barang bekas pakai untuk beli barang baru lagi. Itu sama saja kita buang-buang hasil jerih payah kita berdagang.”

Baca Juga:   Honda Goldwing, Motor Seharga 1 Milyar Resmi Dijual di Indonesia

Saya pun manggut-manggut. Ini orang super kaya, tapi mobil angkutan barang masih Colt T warna biru. Mobil pribadi yang dipake sehari-hari Vantrend, ya walau punya Alphard juga sihb. Tapi ya Pantesan tu Vantrend saya tawar gak pernah dilepas. 🙁

roda2blog di sosial media

7 Komentar

  1. Orang cina banyak yg sukses karena bisa memegang prinsip hidup mereka. Dilingkungan kerja saya banyak orang chinese yg bawa bekal buat makan siang, padahal dia anak orang kaya yg bisa sewaktu waktu makan di restoran. Begitu pula waktu gajian, dia akan segera pindahkan berapa persen dr gajinya ke rekening tabungan yg tidak bisa di utak-atik lagi, beda sama orang kita yg suka bergaya hidup mewah atau suka beli barang yg sebenarnya belum tentu diperlukan.

Tinggalkan Balasan