Review: Laptop HP vs Lenovo.

image
Laptop HP vs Lenovo

Memilih laptop saat ini itu gampang, asal yang penting CPU nya produk Intel, pasti bagus. Klo AMD? Jangan dehh!!.  Sudah dua kali saya pake AMD (c50 dan a4) dua kali pula trobel untung toko tempat saya beli mau ngasih garansi replace.

Soal harga? Untuk spek yang sama dam brand global (acer-lenovo-hp-dell-asus) perbedaan harga maksimal hanya 50ribu saja. Kecuali merek Toshiba. 🙂 untuk spek yg sama bisa beda 500-1juta.

Yang ingin saya bandingkan adalah Lenovo g40 (prosesor intel 3540) vs HP G102 (prosesor intel 2840). Untuk spek keduanya hampir sama, hanya beda di procie doang (intel 3540 Quadcore vs intel 2860 dual core)

Maka yang dibandingin hanya bagian hardware saja 😉

Kualitas pembuatan dan material (quality build)
HP lebih berkelas, presisi antar sambungan mantap. Tanpa celah ataupun ada sambungan oblak seperti pada body honda eh sepeda motor. Semua mantap tersambung.

Pada Lenovo. Masih ada terasa goyang pada bagian antar sambungan. Yang paling parah, ada celah antara keyboard dan casing.

Baca Juga:   Perbandingan Kecepatan Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150 Di Jalan Raya

Kualitas material plastik keduanya juga udah mangtatap. Hanya beda motif saja. Lenovo bermotif doff dan HP glossy.

Sekilas glossy terlihat lebih mewah, tapi lebih susah dibersihkan dari debu daripada doff. Sekali kena 741 spidermen laba-laba akan meninggalkan jejak. Tergantung selera sih. 😉

image
Ada celah menganga antara keyboard dan body

Design
Design HP ya gitu-gitu aja, buat yg hobi hp pasti tahu. Tapi terkesan mewah dengan tampilan glossy. Design papan keyboard dan touchpad unibody jadi lebih asyik dilihat.

Sedangkan tampilan tulisan emboss metalik merek lenovo, membuat tampilan g40 lebih berkelas. Ditambah paduan tekstur yang enak diraba dan dilihat.

image
HP lebih enak dilihatnya

Speaker
Suara yang dikeluarkan HP lebih nendang dengan komposisi bass, treble dan echo yang pass.

Sedang suara dari Lenovo emang lebih keras. Tapi cemprengg. 🙁 Padahal ada dukungan dari DTS Dolby, mungkin perlu disetting manual kali ya.

Konektifitas, wifi dan bluetooth.
Sinyal wifi lenovo lebih mantap. Saat bangun dari posisi sleep bisa langsung konek ke wifi. Hampir tanpa jeda.

Pada HP biasanya agak nunggu, karena ada proses putus sambung. Klo lagi ngambek, kadang harus matiin dulu wifinya baru konek lagi. 😈

Baca Juga:   Merokok Dan Dengerin Musik Saat Berkendara Bisa Kena Tilang Sekarang

Demikian juga soal bluetooth. Lenovo bisa langsung konek ke device yang sudah di-pair dengan cepat. HP? Kadang malah susah di pair ke device lainya.

Sistem Charging.
HP unggul telak, karena bisa AC/DC otomatis. Maksudnya? Colokan pada laptop HP ada tingkat. Saat mencolok separo, maka fungsinya adalah “plugged in, not charging” (nancep ke listrik tanpa ngecas).

Sedang saat nancep full, maka fungsinya jadi “plugged in, and Charging”. Nancep plus ngecess.

Sedangkan lenovo enggak bisa sob. Klo nancep ya berarti ngeces.

Padahal fitur ini bisa menambah umur baterei. Setahu saya, selain HP, Dell juga bisa.

HP lebih mantabb

Overall
HP kalah di sektor konektifitas wifi dan bluetooth yang linglung saat nyala dari posisi sleep.

Tapi lenovo, kalah dalam hal kualitas perakitan yang kurang rapi. Speaker yg kurang enak didengar. Dan sistem pengecesan yang hanya satu macam, pokoke ngeceshh.

22 Komentar

  1. lho sistem pengecesane hp kok apik.. nembe ngerti aku lek..
    hp cen kesane glossy kit mbiyen.. kesane juga mahal.. makane 5 taunan kepungkur luwih laku sik compaq.. luwih murah.. :mrgreem=n:

  2. waduh , aku kalo beli laptop yg diliat procecor sama speed trus graphic cardnya pake nvdia apa enggak, ramnya berapa ,hddnya berapa, :v larang kiee , masukan : variablenya kurang jelas

  3. Di Lenovo juga ada kang system battery protection mode, di atur secara software di lenovo energy management. Make mode ini battery hanya di cas sampai 60% dan arus charge battery langsung putus untuk memperpanjang umur battery. Alhamdulillah berkat mode ini, sudah mau jalan 2 tahun battery masih bisa tahan 3 jam, laptop sebelumnya cuma 6 bulan.

  4. hp kualitasnya jauh di atas lenovo, dan hp lbh bandel tp soal sperpart sama2 mahal, lenovo cm bgs seri thinkpad lama kl ideapad bosok

  5. Amd juga bagus.. Malah dibanding intep.. Proc amd itu murah berkualitas. Saya pernah pake sempron 7 taun masih nyala tuh dari acer. Yang koit itu malah lcd nya. 3 kali ganti laptop semua proc amd ga ada yg bermasalah, termasuk laptop adik semua amd. Ga ada keluhan di kinerja. Beda sama punya teman yg intel mania, laptopnya mahal, tp buka aplikasi ? beraatt boss… Padahal itu merek hp atau toshiba.. Saya cukup murah meriah macam asus,acer,compaq.

  6. ASUS…. ga panas di telapak tangan…
    Garansi 2 tahun….
    Tipis… jauh lebih enak dilihat dr kedua merk itu..

    Mau gaya dikit beli apple kroak…

  7. Sebenarnya AMD bagus,om.terutama buat yang gamers.saya pakai intel sih.tapi beberapa temen saya ada yg pakai amd.dan lumayan awet.ya…mungkin bejo bejan ya…

Tinggalkan Balasan